Beranda Tips Tips Mencegah Gambar di WordPress Dicuri

Tips Mencegah Gambar di WordPress Dicuri

0
Tips Mencegah Gambar di WordPress Dicuri

Hukum yang mengatur mengenai hak cipta dan seisinya adalah universal dan berlaku di seluruh dunia. Termasuk di dalam suatu website juga terdapat hak cipta pada tiap kontennya (entah itu teks, video, gambar dan apapun yang ada pada suatu website). Meskipun tidak tertulis, hak cipta ini tetap berlaku dan melindungi tiap konten yang ada.

Masalahnya saat ini adalah internet terbuka bagi siapa saja. Teks, gambar, musik ataupun video bisa sangat mudah untuk dicuri (dicopy, didownload). Banyak orang juga tidak segan-segan menggunakannya untuk dipasang lagi pada website pribadi. Mereka berpikir bahwa tidak ada yang akan menyalahkan mereka dengan melakukan hal tersebut.

Nah, jika kamu adalah pengguna WordPress, pencurian gambar adalah hal yang sangat menyebalkan. Apalagi jika gambar tersebut hotlinking di website pencuri, jadi double ngeselin ๐Ÿ˜€ bagaimana tidak, hal tersebut tentu akan menghabiskan resource bandwith pada server.

Nah, cara mengatasinya sebenarnya sangat mudah. Untuk pencurian (copas) artikel, bisa saja diatasi dengan cara menambahkan script anti copy paste. Namun bagaimana untuk melindungi gambar? Apakah ada script/tool anti copy paste yang dikhususkan untuk melindungi gambar? Jawabannya tentu saja ada. Penasaran kan? Langsung saja cekidot

Cara Mengatasi Gambar Dicuri

1. Menggunakan Watermark

Menambahkan watermark sebenarnya sudah cukup jitu untuk mengatasi pencurian gambar. Kamu bisa menambahkan logo atau tulisan transparan pada gambarmu, hal ini berfungsi sebagai penanda bahwa kamu adalah pemilik sah dari gambar tersebut. Dengan begitu pencuri gambar akan berpikir 2x sebelum mencomot gambar-gambarmu.

Beruntungnya bagi para pengguna WordPress. Saat ini sudah ada plugin yang otomatis memberikan watermark setelah gambarmu terupload. Cukup install dan aktifkan plugin Easy Watermark Plugin. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mengedit gambar manual deh.

2. Mematikan Fitur Hotlinking

Hotlinking adalah penggunaan link gambar langsung dari salah satu situs ke halaman situs lainnya tanpa izin kepada pemilik gambar / owner website. Salah satu kerugian akibat dari hotlinking ini adalah pemakain bandwidth server dari situs yang di ambil file gambarnya. Selain itu hotlinking juga akan menambah beban server yang digunakan. – Qwords

Untuk itu hotlinking ini sebisa mungkin perlu dimatikan (disable). Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Jika kamu menggunakan cPanel cukup aktifkan fitur Hotlink Protection yang biasanya sudah disediakan pada menu cPanel. Bagaimana jika di cPanel tidak ada? Saya tidak menggunakan cPanel, bagaimana untuk mendisable hotlinking?

Kamu bisa menggunakan script disable hotlink. Cukup paste script berikut kedalam file .htaccess dan secara otomatis gambarmu hanya akan muncul pada blogmu dan search engine saja.

#disable hotlinking of images with forbidden or custom image option
RewriteEngine on 
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$ 
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?muhammadroyyan.com [NC] 
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?google.com [NC] 
RewriteRule \.(jpg|jpeg|png|gif)$ โ€“ [NC,F,L] 

Note: Jangan lupa untuk mengganti muhammadroyyan.com dengan domainmu sendiri.

3. Mematikan atau Nonaktifkan Klik Kanan

Gambar yang kamu upload di media uploader WordPress biasanya akan secara default mempunyai link dan gambar tersebut akan dengan mudah disimpan/didownload dengan cara klik kanan ยป save as image. Untuk itu langkah yang paling tepat adalah dengan menonaktifkan fungsi klik kanan bagi para visitor. Dengan begitu gambar yang ada pada blog kamu tidak lagi bisa dicuri.

Untuk menonaktifkannya kamu bisa menggunakan plugin No Right Clicks Image Plugin. Tinggal install dan aktifkan, secara otomatis gambarmu akan kebal dari pencuri ๐Ÿ˜€

Demikian beberapa tips ampuh untuk mencegah gambar-gambar pada blogmu tercuri. Jika kamu mempunyai tips lainnya, silahkan berbagi dikolom komentar ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.