Beranda Tips Tips Melindungi WordPress dari Spam Komentar

Tips Melindungi WordPress dari Spam Komentar

0
Tips Melindungi Wordpress dari Spam Komentar

Oke temen-temen, kali ini saya akan memberikan tips mengenai cara melindungi WordPress dari serangan komentar. Karena WordPress ini menjadi sasaran utama bagi para spammer yang ingin mencari backlink. Kalau komentarnya nyambung sih gamasalah, dalam beberapa kasus, komentar yang masuk hampir seluruhnya menggunakan bahasa inggris. Dan sedikit sisanya menggunakan bahasa arab, spanyol dll. Dan yang pasti, pada tiap komentar pasti disisipi link aktif website mereka. Komentar seperti ini lama kelamaan akan memenuhi database blog dan akan memberatkan server. Jika dipublish pun juga tidak ada faedahnya untuk blog kita. Malah hal tersebut akan membuat blog seakan” tidak teruris karena banyaknya komentar spam yang tidak bermutu. Nah untuk mengatasinya, saya memiliki beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan langsung ke blogmu. Saya sudah mencobanya sendiri jadi ini bukan eksperimen šŸ˜€

Melindungi WordPress dari Spam Komentar

  1. Menggunakan plugin anti-spam. Yang saya rekomendasikan adalah Akismet. Komentar spam gaje ga bermutu secara otomatis akan difilter oleh Akismet sehingga masuk ke folder spam. Dan menariknya plugin ini gratis. Dan biasanya sejak pertama kali install WordPress (self host) sudah terdapat plugin ini. Tinggal diaktifkan saja dan isi API keynya.
  2. Menggunakan script blokir komentar tanpa url asal. Kamu bisa copy paste script dibawah ini dan letakkan didalam file .htaccess.
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{REQUEST_METHOD} POST
    RewriteCond %{REQUEST_URI} .wp-comments-post\.php*
    RewriteCond %{HTTP_REFERER} !.*domainkamu.com* [OR]
    RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} ^$
    RewriteRule (.*) http://%{REMOTE_ADDR}/$ [R=301,L]

    Jangan lupa gantikan domainkamu.com menjadi alamat websitemu sendiri.

  3. Terakhir untuk mengurangi minat spammer manusia adalah dengan Menghilangkan Kolom Website URL pada Form Komentar WordPress.

Dulu saya cuma mengandalkan Akismet, namun seiring berkembangnya waktu menuntut saya untuk mencari cara agar mampu meminimalisir spam yang berasal dari bot. Dan ketiga cara diatas terbukti mampu meminimalisir datangnya spam komentar di blog WordPress saya.

Demikian sedikit tips melindungi wordpress dari serangan spam komentar yang dapat saya sampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.