Beranda Travelling 10 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

0
Kebun Binatang Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik bersama keluarga, teman, pacar, ataupun sendirian. Tidak sulit untuk menggambarkan betapa istimewanya kota Surabaya. Bagaimana tidak? Berbagai kenangan dan sejarah luar biasa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, menjadikan kota pahlawan ini tidak ada duanya. Jadi, selagi berkunjung di Surabaya, jangan sampai melewatkan deretan tempat wisata di Surabaya terbaik yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Kenjeran Park

Kenjeran Park terletak di Kota Surabaya bagian timur laut. Jaraknya kurang lebih sekitar 1 kilometer dari Pantai Kenjeran Lama. Biaya masuk ke kawasan wisata ini adalah sebesar Rp. 15.000 per orang, sedangkan untuk biaya parkirnya sebesar Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 8.000 untuk motor.

Dengan harga yang cukup terjangkau, kamu dapat menikmati indahnya langit saat matahari terbit atau tenggelam, berenang, bermain pasir di pantai, serta mengunjungi berbagai bangunan berarsitektur khas Negeri Cina.

Terdapat bangunan wihara bernama Tian Ti yang merupakan replika Temple of Heaven di Tiongkok. Ada juga replika Buddha Catur Muka di Thailand, Sanggar Agung yang memiliki desain perpaduan Bali dan Tiongkok, serta patung Dewi Kwan In dengan tinggi sekitar 20 meter yang disertai patung naga. Selain itu, di kawasan Kenjeran Park ini juga terdapat arena berkuda, kolam pemancingan, arena go-kart, dan taman bermain.

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Penat dengan hiruk pikuk suasana perkotaan? Kamu bisa berkunjung dan menikmati rindangnya pepohonan di taman Bungkul Surabaya. Lokasinya pun sangat strategis yaitu berada di tengah kota, tepatnya di jalan Darmo, Wonokromo. Jadi tempat ini cukup mudah untuk ditemukan

FYI aja nih temen-temen, taman Bungkul sebenarnya adalah area wisata religi. Terdapat makam Ki Ageng Supo atau lebih dikenal dengan sebutan Sunan Bungkul, salah satu ulama penyebar agama Islam di daerah setempat. Namun, oleh pemerintah kota Surabaya, lingkungan di sekitar makam dirapikan menjadi taman yang sangat menawan dengan fasilitas yang bisa dibilang cukup komplit.

Adapun fasilitas yang ditawarkan tempat wisata di Surabaya ini adalah tempat bermain anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Tersedia juga arena bermain skateboard, BMX, dan jalur jogging. Pada bagian tengah, terdapat amfiteater terbuka bergaris tengah sepanjang 33 meter. Pada akhir pekan, di amfiteater ini sering digelar acara musik maupun pertunjukan menarik. Sarana taman juga semakin lengkap dengan adanya jaringan WiFi gratis, keran air minum, dan penjaja beragam kuliner Surabaya yang tertata rapi.

3. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan

Liburan ke Surabaya rasanya belum lengkap bila belum mengunjungi tugu yang satu ini. Yap, Tugu Pahlawan. Salah satu saksi bisu dari kisah pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi Republik Indonesia.

Tugu pahlawan merupakan sebuah monumen berbentuk tugu yang paling terkenal di kota suarabaya. Tugu ini memiliki ketinggian 40 meter dan berdiri diatas lapangan terbuka seluas 1 hektar. Keunikan dari tugu ini yaitu mempunyai bentuk seperti paku yang terbalik. Di salah satu sisinya, terdapat patung Ir. Soekarno dan patung wakilnya, Drs. Moh hatta saat membaca teks proklamasi di antara pilar-pilar tinggi yang menyerupai reruntuhan suatu bangunan.

Tidak hanya itu, jika kamu menyusuri bangunan bawah tanah yang ada di kawasan ini, kamu akan menemukan sebuah ruang museum yang mempunyai koleksi foto foto bersejarah.

4. Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Ingin berfoto dengan latar belakang bambu yang mempesona? Datang saja ke hutan bambu yang terletak di bagian timur Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Marina Asri Keputih. Disini pengunjung dapt menikmati suasana hutan bambu yang masih asri dan tentunya instagramable. Cocok buat kamu yang ingin sekedar jalan-jalan dan berfoto ria dengan keluarga maupun pasangan.

Setelah menyusuri Hutan Bambu, cobalah menuju Taman Harmoni yang berada tepat di belakang Terminal Keputih. Suasananya pun tak kalah rindang. Ada banyak bunga yang indah yang ditata dengan sangat apik. Selain itu terdapat area refleksi kaki dan arena anak-anak yang dilengkapi bermacam permainan.

5. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo merupakan kawasan wisata yang berada di pusat kota Surabaya bagian tenggara. Sering disebut sebagai Kebun Bibit 2. Sedangkan untuk Kebun Bibit 1 nya sendiri merupakan Taman Flora yang terletak di dekat terminal Bratang.

Sesuai namanya, tempat wisata ini sebenarnya adalah lokasi bibit tanaman dikembangbiakkan sebelum akhirnya ditanam di seluruh penjuru kota Surabaya. Meskipun begitu, tempat wisata ini tidak hanya dipenuhi oleh tumbuhan saja. Terdapat berbagai sarana rekreasi yang cukup memadai. Misalnya seperti area bermain anak, papan wall climbing anak, keran air minum, zona refleksi kaki, danau dengan dermaga kecil, rumah anggrek, rumah kompos, dan sentra wisata kuliner.

Suasana taman yang rindang ditambah dengan kehadiran beberapa ekor satwa, seperti rusa dan bebek, menambah kesan natural pada alam sekitar tempat wisata di Surabaya ini. Kebun Bibit Wonorejo dapat dinikmati publik secara gratis dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

6. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay

Pada mulanya, Surabaya North Quay sebenarnya adalah bagian dari gedung Gapura Surya Nusantara, yaitu sebuah terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak. Namun oleh pemerintah Kota Surabaya, tempat ini disulap menjadi sebuah tempat rekreasi dan ditujukan untuk khalayak umum.

Seperti pelabuhan pada umumnya, Surabaya North Quay juga digunakan sebagai tempat berlanbuhnya kapal. Jadi kalau lagi beruntung, kamu bisa melihat kapal-kapal pesiar mewah yang biasanya sandar di Surabaya North Quay. Momen ini biasa dimanfaatkan oleh paraq pengunjung untuk berfoto layaknya orang yang akan melancong.

Bagian ruang tunggu terminal sangat bersih dan memiliki desain modern bak sebuah bandara internasional. Beberapa sudut ruangan juga didekorasi dengan berbagai ornamen cantik khas daerah Jawa Timur. Sarana yang tersedia pun terbilang sangat komplit, termasuk jaringan internet gratis dan aneka restoran yang menghidangkan kuliner lezat. Sampai pada bagian dermaga, Kamu bisa duduk bersantai menikmati live music sambil merasakan sepoi angin laut. Kamu juga bisa menikmati panorama sunset di Kota Surabaya, bentangan selat madura, dan jembatan Suramadu dari jarak yang cukup dekat.

7. Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park

Jika di Batu terdapat BNS (Batu Night Spectacular), maka di Surabaya terdapat Surabaya Carnival Park. Tempat wisata yang satu ini terletak di pinggiran Kota Surabaya. Tepatnya di JL. Ahmad Yani No. 333, Gayungan. Harga tiket masuknya Rp. 60.000 untuk hari kerja dan Rp. 80.000 untuk akhir pekan, sedangkan untuk Kids Playnya adalah seharga Rp. 50.000 pada hari kerja dan Rp. 60.000 pada akhir pekan. Jam buka tempat wisata ini adalah hari Senin sampai Kamis pukul 5 sore sampai 11 malam, sedangkan Jumat sampai Minggu dari pukul 4 sore sampai 11 malam.

Wahana permainan yang ditawarkan cukup beragam, misalnya seperti Kocar-Kacir, mobil-mobilan, roller coaster, perang laser, Gondal-Gandul, bianglala, dan lain sebagainya. Selain dilengkapi dengan fasilitas yang bersih dan terawat, di tempat wisata ini juga tidak jarang ada parade aneka kostum yang unik. Tempat wisata di Surabaya ini adalah tempat yang cocok untuk rekreasi bersama keluarga maupun dengan pasangan.

8. Ekowisata Mangrove Surabaya

Ekowisata Mangrove Surabaya

Sudah pada tahu mangrove kan? Mangrove atau biasa disebut dengan bakau adalah tanaman yang dapat menghambat derasnya air laut yang menggerus daratan (abrasi). Namun di tangan Ibu Risma, hutan mangrove tidak hanya difungsikan sebagai penjaga daratan, tetapi juga sebagai tempat wisata.

Seperti halnya hutan wisata mangrove yang terdapat di area pantai timur kota Surabaya. Letaknya cukup startegis, yaitu di Jl. Raya Wonorejo, Rungkut. Tempat wisata di Surabaya ini dibuka untuk umum setiap akhir pekan, mulai dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Banyak pengunjung datang untuk menikmati hijaunya tanaman bakau dengan cara berjalan kaki di jalur papan kayu, atau bisa juga menyusuri area hutan bakau di pantai dengan menggunakan kapal. Cukup dengan membayar Rp. 25.000 untuk dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak.

9. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Masih membahas tempat wisata di Surabaya bertema alam, ini dia tempat wisata di Surabaya yang sudah berhasil menjadi favorit sepanjang masa. Kebun Binatang Surabaya (KBS) atau biasa disebut masyarakat setempat dengan nama Bonbin. Posisinya yang cukup strategis karena berada di tengah kota. Dekat dengan patung Suro dan Boyo, yaitu Jalan Setail No.1, Darmo, Wonokromo. Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya adalah Rp. 15.000 pada hari kerja dan Rp. 20.000 pada akhir pekan dan libur nasional. Jam bukanya dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Koleksi satwa di Kebun Binatang Surabaya cukup lengkap, bahkan tempat wisata di Surabaya ini pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan 351 jenis binatang. Karena hal inilah, tempat wisata ini adalah tempat yang sempurna untuk menambah wawasan diri dan mengenalkan buah hati tentang alam dan hewan.

Pemandangan asri dan tingkah laku para hewan yang menggemaskan akan membuat pikiran rileks dan lupa bahwa kamu sedang berada di tengah-tengah kota metropolitan. Jika ingin berkunjung ke KBS, disarankan untuk datang pada pagi hari karena kebun binatang ini cukup luas dan membutuhkan kurang lebih 2 jam untuk mengelilinginya.

10. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark

Yuk sejenak kita lupakan panasnya Kota Surabaya dengan bermain air di Ciputra Waterpark yang terletak di Sambikerep, Made, pinggiran barat Kota Surabaya ini. Cipratan dan guyuran air dijamin akan membuat badan dan pikiranmu kembali refresh. Apalagi tempat wisata di Surabaya yang satu ini mempunyai banyak sekali wahana permainan yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Coba saja jelajahi kolam bermenara cantik bak istana dalam dongeng yang dihubungkan oleh jembatan goyang. Pacu adrenalin dengan menaiki seluncuran berair Roc Tower setinggi 15 meter yang panjang dan berkelok-kelok. Rasakan dahsyatnya siraman air dari sebuah tong raksasa, berkapasitas 3000 liter air. Ajak juga si kecil bermain di Marina Lagoon, kolam renang anak-anak yang dangkal dan dilengkapi dengan berbagai permainan. Kalau ada waktu, nikmati juga permainan lain yang ada.

Nah, Ciputra Waterpark buka dari hari Selasa sampai Jumat dari pukul 1 siang sampai 7 malam dengan harga tiket masuk Rp.110.000, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tempat wisata ini buka mulai pukul 10 pagi sampai 7 malam dengan harga tiket masuk Rp. 130.000. Harganya memang lebih tinggi dari kolam renang biasa, tapi sebanding dengan pengalaman yang membuat kamu ingin datang lagi dan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here