Beranda Travelling 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

0
Simpang Lima Gumul

Tempat wisata di Kediri Jawa Timur menawarkan sensasi liburan yang cukup lengkap. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah/edukasi hingga wisata hiburan yang menarik dan tentunya instagrammable. Tidak mengherankan jika potensi wisata sejarah di Kediri menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan. Selain wisata sejarah yang menarik untuk digali, beberapa spot wisata lainnya juga memiliki daya tarik tersendiri sehingga akan membuat liburanmu semakin berkesan. Spot wisata apa saja yang dimaksud? Berikut telah kami rangkum 10 tempat wisata di Kediri yang wajib dikunjungi.

1. Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat SLG adalah salah satu bangunan yang menjadi ikon Kabupaten Kediri yang bentuknya menyerupai Arc de Triomphe yang berada di Paris, Perancis. SLG mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008, yang digagas oleh Bupati Kediri saat itu, Sutrisno. Bangunan ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tepatnya di pusat pertemuan lima jalan yang menuju ke Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten, Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul berlokasi di kawasan yang cukup strategis dan dilengkapi dengan berbagai macam sarana umum, seperti gedung pertemuan , gedung serbaguna, dan sarana rekreasi seperti wisata air Water Park Gumul Paradise Island, Taman Hijau, dan Museum.

2. Taman Brantas

Taman Brantas

Masyarakat Kota Kediri boleh berbangga diri karena sekarang ini memiliki lokasi wisata baru untuk bersantai. Yap, namanya adalah Taman Brantas Kediri, salah satu ruang terbuka hijau yang memiliki fasilitas cukup lengkap.

Lokasinya yang cukup strategis yaitu dekat dengan jembatan brawijaya, menjadikan Taman Brantas sebagai salah satu jujukan wisata favorit warga setempat. Fasilitas yang ditawarkan pun juga tidak main-main, ada taman bermain anak-anak, arena olahraga sepeda BMX, jogging track, jalur pedestrian dan masih banyak lagi yang lainnya. Tempat wisata di Kediri ini dibuka untuk umum mulai dari pagi hingga malam hari.

3. Gunung Kelud

Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi di Jawa Timur yang hanya memiliki ketinggian 1731 Mdpl. Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi, namun jangan salah. Panorama dan suasana sekitar Gunung Kelud dari atas ketinggian tetap memanjakan mata, lho.

Sebagaimana Gunung berapi pada umumnya, Gunung Kelud dikategorikan sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1000 M, Gunung Kelud telah meletus lebih dari 30 kali. Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014 dan menyebabkan berbagai berbagai tempat wisata di sekitarnya rusak berat. Kawasan wisata ini juga sempat ditutup karena tracknya yang cukup berbahaya pasca erupsi. Hingga pada tahun 2017 lalu, kawasan wisata Gunung Kelud telah dibuka kembali untuk umum. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Kediri menjadikan Gunung ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

4. Puncak Bukit Kura-kura Ongakan

Puncak Bukit Kura-kura Ongakan

Masih di kawasan Gunung Kelud, ada juga titik cantik yang bisa dieksplor, namanya Puncak Bukit Kura-kura Ongakan. Tempat wisata ini terletak di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Tidak ada keterbatasan waktu untuk mengunjungi tempat wisata ini, namun sebaiknya kamu berkunjung tidak melebihi jam 5 sore, karena jika lebih dari jam 5 sore suasana sudah sangat sepi dan cukup gelap.

Akses menuju Bukit Kura Kura Ongakan ini memang lumayan sulit dan juga melelahkan, karena harus menyusuri hutan pinus yang cukup panjang dan juga sepi. Namun semua kelelahan itu akan terbayarkan dengan keindahannya setelah sampai pada kawasan tempat wisata tersebut. Tempat wisata ini cocok untuk anda yang suka bermain motor cross, pasalnya medan lokasi tempat ini cukup kecil dan juga berkelok-kelok.

5. Taman Agro Margomulyo

Taman Agro Margomulyo

Berada di jalur utama tujuan Gunung Kelud, Taman Agro Margomulyo menjadi obyek wisata yang tak pernah sepi oleh pengunjung. Selain karena lokasinya yang strategis, tempat wisata ini juga menghadirkan nuansa taman dengan berbagai bunga yang unik. Cocok banget untuk mendapatkan foto yang ciamik dan Instagramable.

Wisata Gunung Kelud kini semakin menawan dengan adanya taman yang ditumbuhi dengan berbagai bunga. Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Margomulyo menambahkan wahana-wahana yang dipenuhi tanaman indah. Mereka yang punya hobi berburu foto pasti senang dengan spot ini karena disediakan juga berbagai properti untuk menunjang pose.

6. Kampung Indian

Kamoung Indian

Satu lagi tempat wisata unik yang ada di Kediri. Yap Kampung Indian, Objek wisata yang satu ini dibangun diatas lahan seluas 0,56 hektar dan berada di lereng Gunung Kelud, tepatnya di daerah Ngancar, Kediri.

Sesuai dengan namanya, Kampung Indian menawarkan konsep baru dalam berwisata dengan suasana kehidupan suku Indian. Tidak hanya menyajikan rumah-rumah tradisional suku Indian, disini kamu juga bisa menyewa berbagai atribut khas suku indian dengan harga yang sangat murah lho. Seperti halnya topi dan pakaian adat yang dihiasi bulu unggas dengan corak berwarna-warni. Pengunjung juga akan diajak menari bersama suku-suku Indian lainnya di suatu lapangan terbuka.

Selain itu tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup komplit. Terdapat kolam renang, taman bermain anak dan rumah pohon yang sangat instagramable.

7. Kampung Anggrek

Kampung Anggrek

Buat kamu yang butuh refreshing, Kampung Anggrek Kediri layak menjadi alternatif wisata yang asyik. Tempat wisata kediri yang satu ini terletak di Dusun Sumber Putung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur dan berdekatan dengan Kampung Indian.

Didalam kampung anggrek sendiri terdapat 5 green house sebagai area untuk budidaya. Mulai dari pengumpulan induk Anggrek, persilangan, hingga pembuahan. Ada 70 jenis koleksi bunga Anggrek lokal dan beberapa jenis Anggrek yang didatangkan langsung dari luar negeri, seperti Thailand dan Taiwan. 6 jenis Anggrek diantaranya seperti Oncidium, Anggrek Bulan, Vanda, Cattleya, dan Cymbiddium yang terkenal akan keindahannya.

Selain koleksi anggrek, di tempat wisata ini juga terdapat berbagai macam spot foto unik. Seperti halnya patung gorila raksasa yang terbuat dari jagung serta area taman satwa yang berisi beraneka macam binatang yang lucu dan menggemaskan.

8. Bukit Dhoho Indah

Bukit Dhoho

Bukit Dhoho Indah atau biasa disingkat dengan nama BDI adalah salah satu wisata alam dengan konsep techno edu park yang terletak di Desa Tiron, Banyakan, Kediri. Tempat wisata yang satu ini sempat viral beberapa saat lalu karena menyajikan beberapa spot foto unik dan instagrammable bagi kalangan anak muda. Tak hanya itu saja, harga tiket masuk yang sangat murah yaitu sebesar 5000/orang, menjadikan BDI ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Fasilitas yang disediakan pun terbilang cukup lengkap, terdapat beberapa kedai makanan, taman bermain anak, kolam memancing, lintasan offroad ATV, dan beberapa hammock yang bisa kamu gunakan untuk bersantai ria.

9. Kebun Bibit Kediri

Kebun Bibit Kediri

Mengajak keluarga untuk liburan di kebun bibit adalah keputusan yang tepat. Kamu bisa makan bersama dengan keluarga dan mencoba berbagai wahana permainan yang disediakan. Anak-anak bisa berinteraksi dengan domba dan belajar tentang merawat tanaman.

Kebun Bibit ini awalnya adalah sebuah kafe atau tempat nongkrong yang terletak di Jl. Papar Pare, Plemahan, Tegowangi. Yang menjadi keunikan dari destinasi wisata yang satu ini adalah banyaknya bibit berbagai macam jenis tanaman buah yang bisa kamu bawa pulang untuk ditanam di rumah. Selain itu, disini kamu juga bisa belajar banyak mengenai budidaya tanaman.

10. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter) dan memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut (dpl). Karena letaknya di kawasan pegunungan, seringkali kawasan di sekitar air terjun dan akses jalan menuju ke sana tertutup oleh kabut.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini terbilang cukup lengkap. Terdapat  beberapa kedai makanan dan mushala. Selain itu di sekitar kawasan air terjun juga terdapat fasilitas untuk tempat olahraga lari pagi dan mendaki. Disini juga tersedia taman bermain anak dan tempat perkemahan untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda. Bagi para pengunjung yang ingin bermalam lebih nyaman, mereka bisa menginap di beberapa villa yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun. Beberapa meter dari air terjun, terdapat kebun sayur dan stroberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu. Untuk wisatawan yang berkunjung dapat membeli sayuran dan stroberi yang masih segar atau dapat memetiknya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here