Beranda Travelling 10 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

0
Curug Ciherang & Jembatan Kayu Gantung

Bogor telah berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet pesona. Bukan hanya kawasan Puncaknya yang layak dikunjungi, masih ada berbagai tempat wisata di Bogor lainnya yang tak kalah menarik, baik in door maupun out door. Kota yang memiliki Istana Kepresidenan ini menawarkan aneka tempat wisata mulai dari curug (air terjun), taman, kebun raya hingga tempat-tempat yang mengesankan dan tentunya instagramable. Berikut ini telah kami rangkum 10 tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi.

1. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Paralayang Bukit Gantole Puncak

Tempat wisata di Bogor yang satu ini paling cocok untuk pecinta olahraga ekstrem. Letaknya di Jalan Raya Puncak KM 87, Bukit Paralayang, Puncak.

Di bukit gantole ini kita bisa terbang menggunakan paralayang dari ketinggian Puncak Bogor selama 10 menit. Untuk menikmati olahraga ini tentunya harus dilakukan oleh orang yang sudah memiliki license/tersertifikasi. Tapi jangan khawatir, untuk kamu yang belum memiliki license tetap bisa melakukan tandem flight dengan didampingi oleh pilot tersertifikasi.

Selain paralayang, pengunjung juga bisa bersantai menikmati pemandangan kota Bogor dari ketinggian dan berfoto-foto ria.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Kalau Lembang punya Cihideung, Bogor punya Taman Bunga Nusantara yang tak kalah fotogenik dan instagramable. Taman Bunga Nusantara berlokasi di kawasan Wisata Kota Bunga, Jalan Mariwati Kilometer 7 Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur.

Tempat wisata di Bogor yang satu ini dibangun di atas lahan seluas 23 hektar. Berada di ketinggian pegunungan dan lumayan dekat dengan Gunung Gede. Disini kamu akan disuguhi dengan panorama hamparan rumput hijau yang dipenuhi bunga-bunga cantik nan ditata dengan apik. Cocok banget untuk hunting foto-foto keren atau sekedar refreshing setelah seminggu bekerja.

Selain itu kamu juga bisa menjajal taman labirin, go-kart, bumper boat atau ATV race. Air mancur musikalnya juga cantik, lho.

3. Highland Park Resort

Highland Park Resort

Tempat wisata di Bogor yang satu ini menyuguhkan suasana glamping, konsep berkemah ala hotel berbintang yang saat ini sedang marak dan viral di Indonesia.

Berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort menawarkan sensasi menginap dengan latar belakang pemandangan Gunung Salak.

Disini juga terdapat tenda-tenda kerucut ala Mongolia dengan fasilitas lengkap khas hotel berbintang dan berbagai wahana permainan disekitarnya. Misalanya seperti kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

4. Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar

Untuk kamu yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di bumi perkemahan desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Para pengunjung bisa menikmati ratusan pohon pinus yang tinggi dan menjulang serta fasilitas outbound yang terbilang sangat lengkap dan beroperasi setiap hari untuk memanjakan wisatawan.

Selain digunakan untuk tempat berkemah, keindahan alam di sekitar Gunung Pancar sangatlah populer dan disukai pencinta fotografi. Setiap hari tempat wisata di Bogor ini selalu dijadikan lokasi pengambilan gambar entah itu untuk media sosial atau untuk pre-wedding dengan latar belakang pepohonan dan semak hijau.

5. Curug Ciherang & Jembatan Kayu Gantung

Curug Ciherang & Jembatan Kayu Gantung

Curug Ciherang tidak hanya menampilkan keindahan air terjun yang jernih serta aliran sungai yang menarik di bawahnya. Di tempat wisata di Bogor ini, kamu akan menemukan rumah pohon, jembatan kayu gantung dan juga gardu pandang dengan pemandangan sekitar yang ciamik. Cocok banget deh untuk hunting foto-foto keren.

Untuk bisa sampai ke kawasan curug ini, wisatawan bisa bergerak ke arah Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor yang jaraknya sekitar 40 kilometer dari Jakarta. Begitu sampai di lokasi curug, wisatawan bisa memilih apakah langsung menuju rumah pohon yang latar belakang alamnya memikat atau turun ke arah sungai jernih dengan aliran cukup deras.

6. Little Venice Kota Bunga

Little Venice Kota Bunga

Ingin menikmati nuansa Eropa di kota kanal Venesia? Mampir saja ke Venesia KW di Little Venice Bogor. Tempat wisata di Bogor ini merupakan bagian dari Wisata Kota Bunga. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati gondola untuk berkeliling ke kanal kecil buatan yang mengelilingi kota, menikmati suasana Venice yang tenang, hingga bermain banana boat dan wahana menarik lainnya.

Kawasan Little Venice cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati wisata romantis tanpa perlu datang jauh-jauh ke Italia. Selain itu, lokasi ini juga cocok untuk pencinta fotografi atau siapa saja yang aktif di Instagram untuk memajang foto-foto indah.

Little Venice yang terletak di Puncak ini buka mulai pukul 08.00-16.00 setiap hari kecuali hari Selasa dan Rabu. Untuk tiket masuknya, wisatawan harus membayar Rp30.000 untuk anak-anak dan Rp40.000 untuk dewasa pada akhir pekan. Pada hari biaya, tarif yang dikenakan hanya Rp20.000 untuk anak-anak dan Rp25.000 untuk dewasa.

7. Devoyage

Devoyage

Selain Little Venice, ada lho Tempat wisata di Bogor rasa Eropa lainnya. Devoyage jawabannya. Berlokasi di Jalan Boulevard Bogor Nirwana Residence Mulyaharja, Bogor Selatan, tempat wisata yang baru diresmikan ini menawarkan Little Europe di tengah kota. Ada Menara Eiffel, Bryggen mini, dan kanal-kanal berkelok ala Venesia.

8. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari adalah sebuah tempat wisata di Bogor yang di dalamnya terdapat agrowisata, wahana bermain, tempat rekreasi keluarga, dan pelestarian buah tropis terbesar di dunia. Wisatawan bisa melihat aneka pohon buah dari berbagai daerah di dunia yang tumbuh di area tropis dan menikmati hasilnya kalau sedang beruntung atau sedang panen.

Untuk bisa sampai ke Taman Wisata Mekarsari, wisatawan bisa menuju ke Jl. Raya Jonggol – Cileungsi KM. 3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor. Akses ke area ini cukup mudah sehingga bisa dikunjungi kapan saja khususnya saat musim panas atau saat musim buah panen.

Taman wisata ini buka setiap hari pada pukul 09.00-16.30 saat hari biasa dan pukul 08.00-17.00 saat akhir pekan. Tarif masuk ke taman yang sangat luas ini adalah Rp25.000 dan akan ada biaya tambahan kalau ingin mengambil paket lain seperti petik buah atau menikmati wahana yang disediakan.

9. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kalau lagi mampir ke Bogor, jangan lupa bermain-main di Kebun Raya Bogor. Dengan luas wilayah mencapai 87 hektare, tempat wisata di Bogor yang satu ini mengoleksi setidaknya 15.000 tanaman asli Indonesia dan dunia yang ditanam untuk kepentingan penelitian.

Selain tanaman yang tumbuh di seluruh penjuru kebun, kebun yang berada di belakang Istana Bogor ini juga memiliki Griya Anggrek. Ratusan spesies anggrek dari Indonesia dan hibrid ditampilkan di sini. Lebih lanjut, Kebun Raya Bogor juga memiliki cukup banyak koleksi bunga eksotis dari Sumatra seperti Raflesia Arnoldi yang merupakan tumbuhan parasit dengan bunga yang sangat besar.

Bukan cuma itu saja. Lahan luas yang dulunya cuma berfungsi sebagai halaman istana ini juga dilengkapi berbagai atraksi modern. Salah satu yang paling baru adalah Rumah Masa Depan. Di sini juga banyak spot foto Instagramable, lho.

Kebun Raya Bogor buka setiap hari mulai pukul 07.30-17.00 dengan harga tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp15.000 dan wisatawan mancanegara Rp25.000.

10. The Illusion Bogor

The Illusion Bogor

Kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan memesan tiket masuk di situs booking.

The Illusion merupakan salah satu tempat wisata indoor studio pertama dan terbesar di kota Bogor, yang memiliki sekitar 55 spot foto unik dengan sentuhan ilusi dari lukisan-lukisan 3D Art, Trick Art, Trick Eye, Upside Down (Rumah Terbalik), dan masih banyak lagi lainnya.

Tempat wisata bogor yang satu ini berlokasi di kawasan The Jungle Waterpark Bogor, tepatnya di komplek perumahan Bogor Nirwana Residen, Bogor Selatan. Untuk jam operasional: buka setiap hari mulai dari Senin – Jumat pukul 09.00 s/d 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu / hari libur nasional pukul 09.00 s/d 19.00 WIB. Untuk tarifnya saat ini sekitar Rp70.000,00 (on location). Kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan memesan tiket masuk di situs booking.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here