Beranda Travelling 10 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

0
Danau Bratan Bedugul

Objek Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi – Pulau Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain dikenal dengan pesona pantainya yang memukau, Bali juga terkenal dengan aneka kesenian, kuliner dan kebudayaan unik yang masih terus di lestarikan oleh para penduduk setempat.

Ada banyak sekali objek wisata di Bali yang sayang sekali untuk dilewatkan ketika kalian berkunjung ke Pulau Dewata ini. Lalu apa saja tempat yang wajib kalian kunjungi? Berikut telah kami rangkum 10 tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta

Pantai Kuta, sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di kecamatan Kuta, tepatnya di sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia.

Sejak awal tahun 1970-an, Pantai Kuta telah menjadi objek wisata andalah Pulau Bali dan menjadi destinasi wisata wajib bagi turis mancanegara maupun domestik. Letaknya yang cukup dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menjadikan salah satu tempat wisata di Bali ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

2. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu destinasi wisata terindah yang ada di Bali, Indonesia. Di tempat wisata ini kamu dapat menikmati indahnya matahari terbenam dengan latar dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan yang satu lagi terletak di atas tebing. Pura-pura ini digunakan oleh penduduk setempat sebagai lokasi pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Keunikan dari Pura Tanah Lot ini adalah lokasinya yang berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir pantai. Pada saat air laut pasang, kamu tidak bisa mendekat ke Pura Tanah Lot karena air laut akan menggenangi sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot. Sedangkan ketika air laut surut, kamu bisa melihat beberapa ular laut jinak yang konon katanya merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Kamu dapat memegang ular suci tersebut lho, karena memang sudah dikenal jinak dan tidak berbahaya.

3. Danau Bratan Bedugul

Danau Bratan Bedugul

Danau Bratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Berada di jalur yang menghubungkan Denpasar-Singaraja menjadikan tempat ini cukup strategis dan tak pernah sepi oleh pengunjung.

Disamping mudah dijangkau, Danau Bratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai. Wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul. Di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu, yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.

4. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, sekitar 40 kilometer di sebelah selatan pusat kota Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi seekor Garuda, setinggi 120 meter.

Selain patung, anda juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur ini nantinya akan penuh dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, anda dapat menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

5. Pantai Lovina

Pantai Lovina

Pantai Lovina atau Lovina terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja, tepatnya di bagian Bali Utara. Banyak wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke Pantai Lovina. Selain untuk menikmati suasana pantai yang masih alami, kalian juga bisa lho melihat secara langsung ikan lumba-lumba yang sering muncul tak jauh dari bibir pantai.

Lumba-lumba Pantai Lovina bermain di tepi pantai pada pagi hari, oleh karena itu biasanya wisatawan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi. Dengan menyewa perahu nelayan setempat, kita dapat mendekati lumba-lumba tersebut. Selain itu, berbagai penginapan mulai dari Inn hingga Cottages tersedia di kawasan pantai Lovina dengan harga yang relatif terjangkau.

6. Pura Besakih

Pura Besakih

Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya).

Masyarakat setempat percaya bahwa di areal inilah pertama kalinya tempat diterimanya wahyu dari Dewa oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma sekarang di Bali. Hal ini menjadikan Pura Besakih sebagai pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali.

Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar. Terdapat 3 arca atau candi utama simbol stana dari sifat Dewa Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur/Reinkarnasi. Pura Besakih masuk dalam daftar pengusulan Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995.

7. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan pura yang berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Uniknya, pura ini dibangun di atas anjungan batu karang yang terjal pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Dipercaya oleh orang Hindu setempat bahwa pura ini sebagai penyangga dari 9 mata angin. Pura ini pada mulanya digunakan menjadi tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke-11 bernama Empu Kuturan. Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya.

Pura ini juga dipakai untuk memuja pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali pada akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksa atau Ngeluhur di tempat ini. Kata inilah yang menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu.

Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya terdapat pantai Pecatu. Pantai ini sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar. Bahkan event internasional  pun seringkali diadakan di sini. Ombak pantai ini memang terkenal sangat cocok untuk dijadikan tempat selancar disamping keindahan alam Bali yang memang ciamik.

8. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Jangan kaget ketika kamu datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan kamu lihat adalah deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah.

Pantai Jimbaran memang terkenal dengan kuliner pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya/seafood. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati wisata pantai sekaligus wisata kuliner khas Bali. Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak disana sangatlah tenang, tidak membahayakan ketika sedang makan di pinggir pantai.

9. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa

Tanjung Benoa yang berbatasan dengan Nusa Dua, Bali adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali. Karakteristik Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis permainan air yang seru. Jenis permainan air yang dapat anda mainkan di sini yaitu snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain. Selain itu anda juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.

10 Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki Bali. Terletak di gunung tertinggi ke 2 di Bali, Danau Batur Kintamani mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang sangat mempesona.

Danau Batur Kintamani adalah danau terbesar di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya di Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here