Beranda SSL Daftar Penyedia SSL (HTTPS) Gratis

Daftar Penyedia SSL (HTTPS) Gratis

3

Memasang Sertifikat SSL pada website memang terbukti ampuh dalam meminimalisir terjadinya serangan hacker yang ingin mencuri data karena dengan memasang Sertifikat SSL ini website Anda menjadi lebih aman dan setiap informasi yang dikirim melalui browser ke server telah di enkripsi sehingga informasi tidak mudah untuk dibaca.

Terdapat banyak cara untuk meningkatkan keamanan website dan ini penting untuk dilakukan agar website yang Anda miliki dapat terhindar dari serangan-serangan yang tidak bertanggung jawab yang akan merugikan Anda. Apalagi jika website Anda berfungsi sebagai alat untuk menjalankan bisnis yang berhubungan dengan klien baik itu eCommerce, pembayaran online untuk barang dan jasa atau bisnis online jenis lainnya.

Keamanan dan privasi koneksi pengunjung ke server sekarang mulai menjadi perhatian salah satunya dengan menggunakan enkripsi. Untuk mengaktifkan enkripsi ini pada umumnya membutuhkan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) yang untuk beberapa jenisnya tidak bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta pertahunnya seperti Wildcard SSL atau EV SSL Certificate. Tapi kalau untuk penggunaan pribadi dan anda mau sedikit repot ada beberapa solusi alternatif yang bisa dicoba.

Tergantung tujuan untuk apa sertifikat SSL tersebut anda bisa memilih yang paling sesuai dan terpenting adalah gratis:

  • CloudFlare Universal SSLhttps://www.cloudflare.com/ssl
    Ini merupakan solusi termudah bagi pemilik website untuk memasangkan koneksi HTTPS. Tinggal anda daftarkan nama domainnya dan aktifkan fitur SSLnya maka sudah bisa diakses. Tapi jangan lupa untuk melakukan redirect pengunjung dari versi HTTP ke HTTPS, dan mengganti url yang masih mengarah ke alamat lamanya.
  • Let’s Encrypthttps://letsencrypt.org/
    Adalah nama dari Certificate Authority baru dan ingin memberikan sertifikat SSL secara gratis ke semua orang tanpa batasan. Tapi cara membuatnya berdasarkan versi betanya tidak sama dengan yang lain. Kita harus menginstall paket programnya ke server dan nanti akan otomatis dikonfigurasikan. Masa berlakunya sendiri adalah 3 bulan dan perpanjangannya akan otomatis.
  • Get HTTPS for freehttps://gethttpsforfree.com/
    Penggunaan Let’s Encrypt untuk saat ini belum bisa dikatakan mudah, masih harus utak – atik konfigurasi VPS dengan menginstall paket aplikasinya dan setting perpanjangan otomatis. Nah… anda bisa menggunakan Get HTTPS for free untuk mendapatkan sertifikat SSL dari Let’s Encrypt lebih cepat dan mudah.
  • SSL For Freehttps://www.sslforfree.com/
    Memakai Let’s Encrypt sebagai CAnya. Tinggal isikan nama domain dan validasi lewat DNS record. (website saya menggunakan ini)

Untuk kamu yang masih awam mengenai website, saya rekomendasikan untuk mencoba menggunakan Cloudflare. Disamping gratis, Cloudflare juga memberikan beberapa fitur seperti CDN dan anti DDOS. Tentunya dengan proses instalasi yang mudah. Untuk proses pemasangan SSL Cloudflare dapat kamu dapat kamu temukan di link berikut.

Demikian daftar penyedia sertifikat SSL gratis. Insyaallah kedepannya akan saya update, kalau ada koreksi atau informasi baru bisa tulis di kolom komentar.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. ????

Artikel Lainnya:

3 KOMENTAR

  1. Saya lebih suka dan sering menggunakan SSL dari Cloudflare karena selain gratis juga lebih mudah settingnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here