Beranda FYI Berbahagialah, SSL Gratis Let’s Encrypt Kini Support Wildcard

Berbahagialah, SSL Gratis Let’s Encrypt Kini Support Wildcard

3
lets encrypt

Sebagai blogger atau pun web developer pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Let’s Encrypt, ya kan? Singkatnya, Let’s Encrypt ini adalah salah satu organisasi nonprofit yang memberikan SSL gratis bagi para pada pengguna nya. Hal ini saya akui sangat membantu dalam meningkatkan keamanan transaksi di dalam Blog atau Website diseluruh dunia, meskipun SSL ini tidak memberikan jaminan garansi.

Sebelumnya Let’s Encrypt sendiri belum mendukung/support penggunaan Wildcard pada SSL nya. Lantaran keterbatasan yang di miliki oleh Let’s Encrypt itu sendiri. Kabar baiknya, tepat pada tanggal 16 Maret 2018 pihak Let’s Encrypt mengumumkan melalui website resminya bahwa dukungan sertifikat Wildcard kini sudah tersedia untuk publik. Agak terlambat juga sih mengingat project ini seharusnya rilis pada bulan Juli tahun lalu.

Baca juga:

Selain pengumuman tentang ketersediaan wildcard SSL, pihak Let’s Encrypt sendiri juga telah memperbarui protokol ACME-nya ke versi 2.0 (ACMEv2). Nah, ACMEv2 ini diperlukan untuk pengguna yang ingin menginstall sertifikat wildcard.

Sebenernya Wildcard Itu Apasih?

Lah, daritadi ngebahas wildcard takutnya ada yang tidak mudeng hehehee. Nah untuk kamu yang masih kurang begitu paham mengenai wildcard serta apasih keunggulan Wildcard dibanding sertifikat biasa, saya jelasin sedikit nih ya. SSL Wildcard adalah salah satu jenis SSL yang memungkinkan pemilik situs untuk mengamankan domain utama mereka ditambah dengan subdomain yang dimiliki, hanya dengan satu buah sertifikat saja.

Jadi jika biasanya kamu menggunakan 1 sertifikat SSL Let’s Encrypt untuk 1 domain ataupun untuk 1 subdomain, kini 1 sertifikat Let’s Encrypt bisa kamu gunakan untuk domain plus subdomain-subdomainnya. Keren bukan?

Penginstallan HTTPS kini akan terasa lebih mudah. Terlebih lagi hal ini pasti akan sangat berguna bagi para pengguna WordPress multisite.

Lalu bagaimana cara mendapatkan SSL Wildcard Let’s Encrypt?

Mudah saja, kamu bisa menggunakan acme.sh untuk mempermudah instalasi sertifikat. Tutorial lebih lengkapnya akan saya post pada artikel berikutnya (sekalian nunggu SSL saya abis hehehee). jangan lupa berlangganan makanya 😀

Demikian seputar informasi yang bisa saya bagikan hari ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here