Beranda Tips Blogspot Saatnya Beralih dari Blogspot ke WordPress

Saatnya Beralih dari Blogspot ke WordPress

0
blogger ke wordpress

Blogspot merupakan platform blogging gratis yang disediakan oleh Google. Dengan tampilan yang user friendly serta kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan menjadikan Blogspot ini sebagai tempat persinggahan para blogger-blogger pemula. Namun seiring perkembangan waktu, fitur-fitur blogspot tersebut oleh para blogger expert masih dianggap kurang sehingga mereka kemudian beralih ke CMS yang memberikan keleluasaan untuk melakukan kustomisasi didalam blog. Salah satunya merupakan WordPress.

Mengapa Memilih WordPress?

Dibandingkan Blogspot, WordPress (dalam hal ini wordpress.org) memberikan keleluasaan yang lebih kompleks, baik dari sisi tampilan yang mudah dikustomisasi agar lebih menarik, kelengkapan fitur mulai dari keamanan dan lain sebagainya, bahkan untuk meningkatkan SEO pun ada. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa fitur-fitur unggulan utama kenapa kamu harus menggunakan WordPress dibandingkan Blogger.

  • Display
    Blogspot memiliki theme atau template yang terbatas. Berbeda dengan WordPress yang memiliki ribuan theme serta beragam widget yang mudah diatur sehingga mampu untuk membuat websitemu semakin keren dan menarik.
  • Kontrol Website
    Dengan menggunakan Self-Host ataupun WordPress Hosting, kamu dapat lebih leluasa dalam melakukan setting website. Semua dapat diatur dengan sangat mudah. Kamu juga dapat menetapkan apapun yang diinginkan hanya dengan klik.
  • Pengelolaan Mudah
    Hampir sama dengan Blogspot. Pada dasarnya, CMS blogging memiliki dashboard untuk mengelola konten atau sistem dalam blog. namun dibandingkan milik blogspot, dashboard WordPress memiliki beberapa keunggulan serta berbagai macam fitur yang lebih kompleks. Tampilan yang lebih clear serta easy to use menjadikan dashboard WordPress nyaman dan mudah digunakan.
  • Plugin dengan Berbagai Fitur Tambahan
    Jika kamu menggunakan WordPress, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan apapun dengan plugin. Misalkan kamu ingin meningkatkan keamanan WordPress bisa pake plugin. Ingin meningkatkan SEO, bisa pake plugin. Ingin membuat halaman kustom tapi tidak punya skill koding? Bisa kok pake page builder. Pasang iklan didalam artikel? Enggak perlu diparse, cukup menggunakan plugin. Jadi dengan WordPress semuanya dapat dengan mudah kamu lakukan.
  • Akses Website Lebih Cepat
    Seluruh file HTML Blogspot terdapat dalam satu tempat atau biasa disebut template. Sedangkan pada WordPress dibagi menjadi beberapa folder dan corenya disimpan pada file database. Sehingga ketika akses suatu halaman akan terasa lebih cepat, file tertentu yang dipanggil oleh browser langsung muncul. Jadi yang terload hanya yang dibutuhkan tanpa load seluruh file HTML.

Nah itulah beberapa poin plus dari WordPress yang dapat kamu peroleh jika menggunakannya. Poin-poin diatas adalah murni dari apa yang saya rasakan ketika pindah dari Blogspot ke WordPress. Banyak keunggulan-keunggulan lain yang mungkin belum tersampaikan pada artikel ini. Oleh karena itu jika ingin menambahkan silahkan post di kolom komentar yaa. 😀

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here