Beranda Wordpress Hosting Review Niagahoster: Hosting terbaik??

Review Niagahoster: Hosting terbaik??

2
Review Niagahoster

Halo temen-temen, lama ga ngepost kali ini saya akan memberikan review tentang salah satu penyedia layanan hosting lokal, yap Niagahoster. Tapi sebelum memberikan review, saya akan sedikit menyinggung hosting yang ada di Indonesia. Sebenernya kalau diminta jujur, saya lebih prefer menggunakan hosting luar negeri. Saya sempat trauma menggunakan hosting lokal. Rata-rata hosting di Indonesia ini pada bikin pusing. Rata-rata lho yaa, jadi ga semuanya. Entah karena lemot, respon CS yang sangat lambat, dsb. Selain itu semua fitur-fitur yang diiklankan hanya sebatas gimmick marketing saja. Bagaimana tidak, sebut saja Unlimited Disk Space. Dari jaman batu sampai sekarang belum ada yang namanya Unlimited Disk Space. Hal tersebut sebenarnya hanya untuk menjaring customer agar berminat membeli saja. Selain itu banyak juga yang mempromosikan fitur Cloud Hosting, tapi baru dipake seminggu ternyata sering down. Ngakunya server US ternyata server Europe pakai IP Cloudflare. Dan yang terakhir, ngakunya support 24/7, dichat malem-malem CSnya ternyata pada offline. ๐Ÿ˜€ Nah lho, apakah Niagahoster ini termasuk penyedia hosting dengan masalah seperti yang saya sebutkan diatas?? Mari kita review gaes

Pentingnya Memilih Hosting terbaik

Sebelumnya tak henti-hentinya saya berpesan untuk selalu memikirkan matang-matang sebelum membeli atau menyewa suatu hosting. Seperti yang saya katakan di artikel saya sebelumnya, website merupakan suatu wadah untuk menjadikan website/blog milikmu online di internet. Oleh karena itu, sebagai pemilik website kita harus sangat berhati-hati dalam menentukan hosting mana yang akan digunakan. Jangan sampai hosting yang digunakan nantinya lemot, gampang down, apalagi ga aman, waduh kasian kan websitenya.

Ada beberapa aspek yang harus, iya harus kamu jadikan patokan jika ingin menggunakan atau menyewa hosting. Tentunya hosting yang handal dan terpercaya. Tapi disisi lain ada beberapa aspek yang tidak kalah pentingnya. Disini akan saya rinci menjadi beberapa poin. Jadi kira-kira apa saja sih aspek-aspeknya? Cekidot gaes:

  • Jaminan uptime
  • Fitur unggulan yang ditawarkan
  • Bantuan teknis (CS, Support).

Setelah mengetahui hal dasar itu kita juga masih perlu mengetahui kebutuhan hosting yang akan digunakan nantinya:

  • Website apa yang akan dibangun
  • Content Management System (CMS) apa yang akan digunakan
  • Jumlah pengunjung online (traffic)
  • Sumber pengunjung (asal negara)

Setidaknya dengan memahami beberapa aspek yang sudah saya sebutkan di atas, ini akan mempermudah kamu untuk menemukan penyedia hosting mana yang cocok. Selain itu kamu juga akan lebih gampang menentukan paket hosting apa yang harus kamu pilih untuk menunjang websitemu.

Sekilas Tentang Niagahoster

Niagahoster, sudah pada tau kan? Niagahoster adalah salah satu penyedia hosting yang cukup kompeten. Dimana perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2013 . Masih terbilang baru jika dibandingkan penyedia hosting lainnya. Namun jangan salah, Niagahoster kini sudah memiliki kurang lebih 128.000 pelanggan aktif. Bahkan Niagahoster juga mendapat rating 9 dari 351 reviewer. Waahhh dari sini sudah bisa kita simpulkan Niagahoster bukan sekedar penyedia hosting biasa, mereka memiliki brand dan customer yang cukup banyak. Jadi dari sini dapat saya ambil poin dimana saya cukup percaya bahwa hosting ini bisa saya rekomendasikan dan bisa saya percayakan untuk kamu gunakan.

Review Niagahoster

1. Jaminan Uptime: Niagahoster 99,98%???

Dalam pandangan saya, kinerja hosting adalah indikator pertama yang mesti dilihat dalam menilai suatu penyedia hosting. Kinerja ini dicirikan kecepatan akses blog dan uptime. Niagahoster sendiri mengklaim memberikan jaminan server uptime 99,98%. Wahh berani juga nih perusahaan. Namun apakah hal tersebut benar? Mari sama-sama kita buktikan. Kali ini saya akan menggunakan layanan webhostingstuff.com. Dari sini akan terlihat seberapa besar nilai uptime dari Niagahoster. Dan percaya atau tidak, monitoring dari tanggal 10 April 2015, webhostingstuff.com memberikan skor 99,99% server uptime untuk Niagahoster. Kereeeenn, nambah poin lagi nih Niagahoster.

2. Fitur Unggulan yang Ditawarkan

Nah, kalau dilihat dari landing page Niagahoster ini dapat kita temui beberapa fitur yang sengaja mereka tonjolkan. Sebut saja:

  • Akses tercepat dengan server web hosting IIX terbaik
  • Garansi uptime 99.9% dengan bandwidth unlimited
  • Garansi uang kembali 30 hari tanpa syarat
  • Gratis domain selamanya – full akses Domain Manager
  • Gratis SSL/HTTPS untuk keamanan & SEO Anda
  • Panel kontrol mudah digunakan dari cPanelยฎ
  • Softaculous: Install WordPress, Joomla, dll.
    (320+ apps)
  • Aplikasi website builder

Cukup menggiurkan juga fitur-fitur yang diberikan seperti halnya domain dan SSL gratis. Sebagai informasi saja temen-temen, paket hosting yang ada pada Niagahoster ini terbilang cukup bervariasi. Mulai dari Paket Bayi, Pelajar, Personal dan Bisnis. Semuanya memiliki fitur dengan spesifikasi berbeda. Adapun perbandingan fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan dari setiap paket ada pada gambar berikut:

Review Niagahoster

Datacenter Hosting

Untuk urusan datacenter, Niagahoster sendiri memilih DCI Indonesia sebagai data center layanan hosting Indonesia. DCI merupakan data center bersertifikasi Tier-4 berstandar Internasional & merupakan bagian dari Equinix penyedia data center terbaik di Dunia yang berkualitas tinggi dan handal dengan jaminan uptime 99.999%. Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek disini.

Domain Gratis

Oiya temen-temen, opsi domain gratis yang diberikan hanya untuk paket pelajar keatas (44rb-91rb). Untuk paket bayi tidak dapet yaa. Adapun domain yang diberikan antara lain .com, .net, .org dan TLD lainnya.

SSL Gratis

Untuk SSL gratis yang diberikan adalah SSL Let’s Encrypt. Kamu hanya perlu beberapa klik untuk mengaktifkannya melalui cPanel. Yaa meskipun dari sononya SSL dari Let’s Encrypt ini memang gratis sih. Tapi lumayan laah, beberapa hosting yang pernah saya gunakan ada yang tidak memberikan fitur ini.

Jadi rekomended laah untuk kamu yang ingin paket bundle (Hosting + Domain + SSL) biar ga ribet bayarnya langsung jadiin satu aja, cocok jika menggunakan hosting dari Niagahoster. Kalaupun pas ditengah jalan ada kendala atau error dsb, pihak Niagahoster mengklaim akan memberikan opsi refund (pengembalian uang). Dalam hal ini refund bisa kamu ajukan dalam kurun waktu 30 hari pertama. Sayangnya saya belum pernah mencoba opsi ini. Mungkin ada temen-temen yang pernah meminta refund bisa memberikan pengalamannya di kolom komentar ๐Ÿ™‚

3. Bantuan Teknis: Niagahoster 24/7??

Jika diberi opsi, saya lebih memilih live chat daripada harus mengirim email atau open ticket. Karena tentu saja penggunaan live chat lebih simple dan lebih cepat menurut saya. Selain ketersediaan fitur livechat, perusahaan hosting yang baik perlu memiliki dokumentasi berupa tutorial dasar seputar hosting dan website atau biasa disebut knowledgebase. Dengan begitu customer dapat menyelesaikan problem seputar hosting dengan mudah hanya dengan membuka tutorial-tutorial yang telah dipublish. Dan tentu saja, knowledgebase setidaknya mencakup hampir seluruh problem-problem yang sering dijumpai oleh customer. Apa jadinya jika artikel tutorial yang ada pada knowledgebase ternyata tidak cukup lengkap. ๐Ÿ˜€

Beruntungnya nih temen-temen, setelah saya cek dan ricek, keberadaan livechat Niagahoster ini menurut saya cukup fast respon dan adanya knowledgebase dari Niagahoster yang cukup lengkap. Jadi kapan saja kamu punya problem entah dengan hosting ataupun websitemu, tinggal klik livechat yang ada pada landingpage Niagahoster. Atau jika kamu adalah pribadi yang suka menyelsaikan sendiri bisa juga menyelam ke tutorial-tutorial dasar yang diberikan oleh Niagahoster. Poin plus lagi nih ya gaes.

Kesimpulan

Dengan berbagai fitur serta keunggulan yang cukup banyak, seperti halnya server uptime yang sangat tinggi, gratis domain dan SSL, support teknis yang tersedia hingga 24 jam nonstop ditambah dokumentasi knowledgebase yang cukup lengkap menjadikan Niagahoster merupakan salah satu web hosting lokal yang sangat saya rekomendasikan.

Yaa meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal daripada penyedia hosting lainnya, menggunakan Niagahoster sebagai hosting worth it juga lho, masuk akal mengingat fitur yang diberikan cukup banyak.

Untuk saran saya kepada Niagahoster, kedepannya tetap jaga kualitas server dan yang terpenting, sering-sering bikin promo juga yaa ๐Ÿ˜€

Sekian dari saya dan semoga bermanfaat.

Disclaimer

Penyampaian hal-hal yang berkenaan dengan konten, hak cipta, kerja sama, periklanan, kritik, saran ataupun pertanyaan bisa menghubungi saya melalui email berikut.



2 KOMENTAR

  1. Nice info. Betul sekali gan, nyoba hostingan indonesia udah mengalami server down bbrp kali dan disk spacenya udah full,, padahal baru saja upgrade. Ah sudah la

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here