Beranda Wordpress Hosting Review Hostinger, Murah Tapi Tidak Murahan

Review Hostinger, Murah Tapi Tidak Murahan

0
Review Hostinger

Halo temen-temen, kali ini saya bukan mau berbagi tutorial yaa, melainkan mau ngereview salah satu hosting lawas di Indonesia. Yap, Hostinger Indonesia. Tapi tetep, sebelum memberikan review ijinkan saya untuk kembali mengingatkan kepada temen-temen tentang betapa pentingnya memilih web hosting terbaik.

Bagi seorang pelaku website, entah itu blogger, web developer, maupun webmaster hal yang paling vital dan krusial adalah pada saat memilih web hosting. Ketika memilih web hosting, pastikan kamu benar-benar paham tentang kebutuhan websitemu sendiri.  Mulai dari kebutuhan disk space, bandwith, memory, dan fitur-fitur lainnya. Pastikan kamu jeli dalam menilai setiap spesifikasi yang ditawarkan oleh para penyedia web hosting.

Sebagai informasi, kesalahan dalam memilih web hosting akan berakibat sangat fatal. Mulai dari sering mendapat gangguan dan error, loading lemot, hingga yang paling parah kamu bisa saja kehilangan data-data penting. Oleh karena itu, sebelum terlambat pastikan kamu benar-benar memahami kebutuhan websitemu. Jangan sampai kamu termasuk korban hosting abal-abal nantinya. Sudah bayar mahal-mahal namun hasilnya nihil. Hal ini pastinya akan merugikan dan secara otomatis berpengaruh terhadap pendapatanmu.

Tentu ada beberapa faktor yang bisa kamu jadikan patokan sebelum menggunakan atau menyewa suatu web hosting. Diantaranya adalah:

  • Jaminan uptime
  • Fitur unggulan yang ditawarkan
  • Bantuan teknis (CS, Support).

Pastikan web hosting yang akan kamu pilih mencakup 3 poin penting diatas. Hal ini ini tentu akan mempermudah kamu untuk menemukan penyedia web hosting mana yang tepat. Dengan begitu kamu akan bisa merasakan apa itu web hosting terbaik.

Sekilas Tentang Hostinger

Hostinger, salah satu penyedia web hosting lawas yang mulai berkecimpung pada tahun 2004. Cukup mapan mengingat usianya saat ini genap 14 tahun. Hostinger sendiri mengklaim bahwa saat ini sudah hampir 29 juta customer telah menggunakan jasa web hosting mereka. Dengan pengguna aktif yang tersebar di berbagai penjuru negara bisa dipastikan Hostinger merupakan perusahaan web hosting yang bisa dipercaya. Dengan bermodalkan ribuan review positif di Internet, saya pikir merekomendasikan Hostinger untuk kamu gunakan jangka panjang bukanlah suatu kesalahan. Namun kembali lagi, apakah review tersebut berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan oleh Hostinger? Mari kita review.

Review Hostinger

Dalam mereview suatu produk kita dituntut untuk selalu objektif. Termasuk dalam mereview web hosting dari Hostinger. Sebisa mungkin akan saya tulis apa adanya. Mulai dari jaminan uptime, fitur yang ditawarkan, serta bantuan teknis yang disediakan. Hal ini benar-benar ditulis sebagaimana mestinya agar nantinya tulisan ini bisa dijadikan acuan untuk calon customer web hosting Hostinger Indonesia.

1. Jaminan Uptime

Dalam hal ini jaminan uptime merupakan poin pertama yang harus diperhitungkan. Jadi sebelum menilik jeroan serta spesifikasi yang ditawarkan, terlebih dahulu pastikan kamu memahami server uptime dari Hostinger serta kebijakan SLA yang berlaku. Untuk  mengetahui detailnya kamu bisa melihat status server Hostinger pada halaman berikut. Pada halaman tersebut kamu bisa melihat kondisi server Hostinger selama 7 hari terakhir dalam bentuk grafik. FYI aja nih temen-temen, kamu juga bisa memonitoring data server Hostinger secara realtime lho. Nah, iseng-iseng saya coba skrinsut disini. Uptime grafik menunjukkan seperti pada gambar berikut.

Grafik merah yang saya tandai merupakan uptime dari server Hostinger. Hasilnya adalah 100% saya atur selama 7 hari terakhir. Keren juga nih hosting.

2. Fitur Unggulan yang Ditawarkan

Nah, kalau dilihat-lihat dari halaman depan website Hostinger ini yang paling ditonjolkan adalah web hosting murah dengan harga mulai 13ribuan saja per bulannya. Saya pikir harga segini cukup murah dibandingkan dengan penyedia web hosting lainnya. Tapi tunggu, jangan-jangan harga segini cuma dapet resource seupil. Mari kita cek dulu deh. Apa saja sih fitur-fitur yang ditawarkan oleh Hostinger ini.

Hostinger

Kalau dilihat dari tabel diatas sih cukup menggiurkan juga fitur-fitur yang diberikan. Namun sayangnya untuk paket hosting Single tidak mendapat gratis domain dan SSL. Hanya paket hosting Premium dan Bisnis saja yang dapat. Yahh sebanding lah dengan harganya. Namun jangan hanya terpaku dengan kedua hal tersebut. Masih banyak fitur yang ditawarkan oleh Hostinger. Seperti halnya disk space yang lumayan besar, ditambah anti spam dan security serta jaminan uang kembali 30 hari. Ini merupakan langkah yang cukup berani diambil oleh Hostinger. Meskipun paket web hosting yang ditawarkan sangat murah namun fitur yang diberikan bukan fitur murahan. Cakep deh.

(Note: Harga sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung kebijakan dari pihak Hostinger Indonesia)

3. Bantuan Teknis

Meskipun web hosting tersebut cepet, ngebut, anti ngelag, gaada duanya tapiii kalau supportnya ecek-ecek sudah dipastikan web hosting tersebut bukan termasuk web hosting terbaik. Suatu perusahaan web hosting yang baik selalu menyediakan 2 hal. Yaitu live chat support dan knowledgebase. Beruntungnya, Hostinger sendiri memiliki kedua poin penting tersebut. Dimana live chat memiliki respon cukup cepat meskipun diluar jam kerja ditambah lagi dengan knowledgebase yang disediakan oleh Hostinger ini cukup lengkap. Yaa sangat membantu sih bagi sebagian orang awam.

Kesimpulan

Berdasarkan kajian yang telah saya lakukan secara objektif saya mendapatkan beberpa poin kesimpulan. Dengan berbagai fitur serta keunggulan yang cukup banyak, seperti halnya server uptime yang sangat tinggi, gratis domain dan SSL (pada paket tertentu), resource yang cukup besar ditambah anti spam sistem dan security tambahan, support teknis yang tersedia hingga 24 jam nonstop ditambah dokumentasi tutorial-tutorial didalam knowledgebase yang cukup lengkap, saya rasa Hostinger merupakan salah satu penyedia web hosting lokal yang sangat saya rekomendasikan untuk kamu gunakan.

Dengan harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan penyedia hosting lainnya, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur premium. Saya pikir ini merupakan suatu hal yang rugi jika kamu lewatkan.

Sekian review dari saya dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here