Beranda FYI Perbedaan Blog dengan Website

Perbedaan Blog dengan Website

1
Perbedaan Blog dengan Website

Blog dan Website adalah media yang digunakan untuk membagikan konten/informasi berupa text, gambar, video, dan audio kepada banyak orang yang sedang membutuhkan informasi dari internet. Pengguna website dan blog saat ini selalu bertambah seiring dengan perkembangan tekhnologi informasi yang sangat pesat. Mungkin masih ada yang bingung tentang perbedaan blog dengan website bahkan belum tau sama sekali apa itu blog dan apa itu website.

Blog itu bagian dari website (situs web) diambil dari kata Weblog. Dengan kata lain, blog itu website, tapi website belum tentu sebuah blog. Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur,dapur, dll. Nah, blog itu ibaranya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website)itu. Clear?

Lebih jelasnya, perbedaannya akan saya bagi menjadi beberapa aspek, sehingga kamu dapat memahami lebih jauh tentang perbedaan antara blog dengan website.

Pengertian

Perbedaan blog dengan website menurut wikipedia: Situs Web atau yang kita kenal dengan website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sedangkan Web Log atau yang lebih kita kenal dengan sebutan blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. – Wikipedia

Konten/Isi

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa website adalah katalog statis. Biasanya halaman-halaman yang umum dicantumkan dalam sebuah website antara lain Home, About, Contact, FAQ, Visi, Misi, dan sebagainya. Website biasanya milik lembaga/instansi atau komunitas. Contoh website yang palingumum adalah portal berita (news portal), seperti detik.com, kompas.com,republika.co.id, antaranews.com, dll. yang dimiliki lembaga pers (media online) yang sifatnya komersial. Contoh website lainnya adalah milik perusahaan yang berupa company profile. Isinya berupa visi, misi, program/layanan, kontak, produk/jasa, struktur organisasi, atau layanan online seperti e-banking (internet banking) atau transaksi online.

Berbeda dengan website, sebuah blog selalu dinamis, dimana setiap waktu dapat mengupdate konten sesuai dengan keinginan dengan topik yang bervariasi, tergantung niche. Dari segi konten (isi), blog biasanya berisi catatan pribadi pemiliknya (blogger) tentangberbagai hal, bisa juga tentang topik khusus. Blog itu awalnya adalah catatan harian online (online diary). Jadi, blog itu sifatnya personal, website pribadi, isinya tentang “kepribadian” sang blogger. Namun demikian, blog saat ini bisa juga dimiliki komunitas, organisasi, atau lembaga, dengan banyak penulis (multi-author). 

SEO (Search Engine Optimization)

Sederhananya, blog sangat SEO friendly dibandingkan dengan website. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya tentang blog yang dinamis, karena blog selalu di update dengan fresh konten secara teratur. Dinamika ini membuat blog mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam SERP. Ketika Anda membandingkan blog dengan sebuah website dalam hal konten, blog memiliki konten baru setiap hari, update baru diposting secara teratur. Sedangkan website tetap tidak bergerak. Seberapa sering merek mengubah nilai-nilai atau visi? Persentase konten dinamis pada sebuah situs web sangat kurang bila dibandingkan dengan blog.

Tampilan

Dari segi desain atau tampilan, dalam hal ini homepage, frontpage, beranda, atau tampilan halaman depan, ciri khas atau ciri utama blog adalah urutan tulisan(posting), yaitu dalam urut terbalik. Posting terbaru paling atas atau paling depan, diikuti posting lama, meskipun tidak selamanya demikian, khususnya kalo paketemplate blog magazine style atau news styleWebsite umumnya memiliki tampilan (desain) lebih menarik ketimbang blog dengan menggunakan desain CSS/HTML Template buatan sendiri. Namun demikian, dari segi tampilan, blog dan web sekarang sulit dibedakan karena sama-sama bagus (atau sama-sama jelek?).

Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam posting blog biasanya informal, tidak kaku dan tidak baku. Umumnya menggunakan gaya bahasa tutur (spoken words) atau bahasa percakapan (conversational). Website, karena umumnya resmi milik lembaga/instansi atau perusahaan, maka gayabahasa yang digunakan lazimnya formal atau semiformal” yang cenderung kaku(baca: baku). Konten website instansi juga biasanya jarang di-update, kecuali mereka punya tim khusus yang mengurusnya (web content editor team).
Demikian penjelasan mengenai perbedaan blog dengan website. Jika ada yang kurang silahkan tambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here