Beranda Uncategorized Pengalaman: Tata Cara Balik Nama Motor di Samsat Kediri

Pengalaman: Tata Cara Balik Nama Motor di Samsat Kediri

0
syarat dan cara balik nama

Pada kesempatan kali ini saya tidak sharing mengenai tips Blogger ataupun WordPress, melainkan pengalaman saya mengurus proses balik nama motor saya di SAMSAT Kediri πŸ˜€ . Yaa meskipun ga nyambung sama niche blog ini, tapi dari awal saya sudah berniat untuk menulisnya. Berhubung prosedur balik nama akan cukup membingungkan untuk orang awam, makanya saya tulis agar tidak lupa jika suatu saat nanti saya diharuskan untuk melakukan balik nama lagi nantinya tulisan ini bermanfaat bagi orang-orang yang akan melakukan proses balik nama. Oke tanpa basa-basi langsung saja simak pengalaman saya berikut

Syarat Balik Nama

Sebelum berangkat ke SAMSAT pastikan kamu membawa persyaratan sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP 4x
  2. STNK asli dan fotokopi STNK 2x
  3. BPKB asli dan fotokopi BPKB 2x
  4. Kwitansi pembelian motor disertai materai 6000 di fotokopi 3x
  5. Pulpen (opsional)
  6. Cemilan dan minuman
  7. Kuota internet

Saya sarankan untuk membawa bahan-bahan tersebut sebelum berangkat karena… fotokopi di SAMSAT lebih mahal coyyy πŸ˜€ . Oh iya jika kamu tidak punya kwitansi pembelian motor disertai materai bisa beli kok di SAMSAT. Nantinya tinggal diisi saja.

Prosedur Balik Nama

Cek Fisik

Langkah pertama untuk proses balik nama yaitu melakukan cek fisik kendaraan. Jadi sesampainya di SAMSAT langsung saja menuju loket cek fisik. Sampai disana diharuskan untuk membeli map khusus untuk wadah berkas balik nama. Harganya gausah tanya berapa πŸ˜€ . Setelah itu kumpulkan berkas yang diminta oleh petugas di loket cek fisik dan motor kamu akan mulai dicek nomor kendaraannya. Jangan lupa memberi tip seikhlasnya kepada petugas cek fisik, hitung-hitung sebagai ucapan terima kasih. πŸ™‚

Mendaftar Permohonan Balik Nama

Nah jika proses cek fisik kendaraanmu telah selesai, kamu akan mendapat form bukti cek fisik. Setelah itu kamu akan diberi arahan untuk melakukan pendaftaran balik nama. Kumpulkan berkas-berkas berikut di bagian pendaftaran.

  1. FC KTP 4x
  2. BPKB asli dan FC BPKB 2x
  3. STNK asli dan FC STNK 2x
  4. Bukti cek fisik
  5. Kwitansi pembelian motor dan FC 3x

Dari bagian pendaftaran ini nantinya berkas akan dibawa ke bagian penelitian. Pengalaman saya, proses penelitian berkas ini cukup lama jadi rileks saja menunggu nama kamu dipanggil.

Jika sudah dipanggil kamu akan disuruh untuk mengisi form permohonan balik nama. Jadi gausah bingung ngisinya, isi saja formnya sesuai BPKB. Lalu kumpulkan lagi di bagian pendaftaran.

Ngantri lagi coyy πŸ˜€ (NB: proses yang ini lebih lama nunggunya)

Pembayaran Pajak

Setelah ngantri cukup lama kamu akan dipanggil oleh bagian pembayaran. Disini si petugas akan menunjukkan biaya yang harus dibayarkan untuk balik nama plus pajak-pajak yang lainnya. Bayar pake uang cash yaa. Kalo sudah silahkan ngantri lagi untuk dibuatkan STNK πŸ˜€

Pengambilan STNK

Nah setelah proses pembayaran selesai, kamu akan dipanggil untuk mengambil STNK baru. Untuk BPKBnya menyusul, nantinya petugas akan menjelskan bahwa BPKBnya bisa kamu ambil di POLRES jangka waktu 6 bulan berikutnya. Kamu akan mendapatkan semacam kupon kecil untuk menebus BPKB. Udah kayak KTP aja πŸ˜€

Pengambilan Plat Nomor Baru

Langkah terakhir setelah mendapatkan STNK baru kamu akan mendapatkan arahan untuk mengambil plat nomor baru. Proses pembuatannya pun cepat, jadi kamu tidak perlu antri berlama-lama. Tidak sampai 10 menit sudah jadi. Tinggal dipasang di motor deh. Hehe

Penutup

Prosedur menjalani proses balik nama sepeda motor ini tampaknya cukup mudah, dan memang demikian adanya, namun ada tiga kunci yang harus kamu ingat dalam mengurus balik nama kendaraan, yaitu Siap, Santai, dan Sabar.

Siap artinya seluruh dokumen harus sudah siap dan lengkap, dan juga jangan lupa membawa alat tulis sendiri (pena bertinta hitam). Santai berarti kamu harus meluangkan cukup banyak waktu sehingga nantinya tidak akan terburu-buru, sementara yang terakhir kamu tentunya harus bersabar menjalani seluruh prosedurnya, karena meski mudah dan jelas, namun lama dan panjang antrean bergantung pada banyaknya orang yang memiliki kepentingan yang sama denganmu.

Nah demikian prosedur balik nama di Samsat kota kediri. Tidak ada salahnya mempersiapkan persyaratan jauh-jauh hari. Dan yang terakhir, usahakan melakukan balik nama pada saat diadakan pemutihan. (biar lebih murah :D) Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here