Beranda Tips Adsense Pengalaman: Iklan Hilang Gara-gara Ads.txt

Pengalaman: Iklan Hilang Gara-gara Ads.txt

0
Pengalaman Iklan Hilang Gara-gara Ads txt

Kejadian bermula di hari senin kemarin. Jadi tepatnya beberapa hari yang lalu saya mendapatkan tawaran kerjasama dari salah satu jasa periklanan yang cukup besar. Mereka menawarkan kerjasama dalam pemasangan iklan Google AdX yang pembayarannya berbasis CPM.

Singkat cerita saya deal dan tiap prosedur registrasi saya jalani. Hingga akhirnya tibalah prosedur yang terakhir, yaitu memasang file ads.txt kedalam root domain/instalasi WordPress. Jadi mereka menyediakan beberapa baris teks yang harus saya paste kedalam file ads.txt. Saya kurang begitu paham isinya apa, yang saya yakini bahwa ini adalah format penulisan didalam ads.txt. Berhubung saya lihat sepertinya akan aman-aman saja, jadi ya tanpa pikir panjang langsung saya eksekusi dengan membuat filenya kedalam root domain. (sebelumnya yang saya tau ads.txt ini untuk beberapa pengguna platform Blogspot).

Semuanya berjalan lancar. Blog masih dalam keadaan aman dan terkendali. Namun semua berubah ketika saya melakukan cek dashboard Adsense. Muncul bar merah diatas dashboard yang sudah pasti ada yang salah dengan Adsense saya. Spontan saya cek iklan di blog dan ternyata benar, semuanya lenyap. Gaada satupun iklan yang muncul kecuali iklan AdX.

Kesalahan saya baris merahnya belum sempat saya screenshot. πŸ˜€ Tapi kurang lebih isinya adalah terjadi kesalahan karena didalam file ads.txt yang saya upload tidak terdapat id publisher Adsense milik saya. Dibawahnya terdapat tautan yang berisi format teks yang harus saya masukkan kedalam ads.txt milik saya. Oke deh saya masukkan juga id publisher saya kedalam ads.txt.Β Rada tenang, ternyata gini doang solusinya.

Ternyata saya salah. Saya kira setelah memasukkan format teks tersebut kedalam ads.txt semuanya akan langsung kembali normal. Namun ternyata tidak πŸ˜€ iklan saya tetep ga nongol-nongol. Terpaksa deh seharian dashboard Adsense saya isinya cuma nol wakakaka. Sempet panik juga, mikir kalau iklan gabakal nongol hingga beberapa hari. “ah gajadi lebaran nih kayaknya” πŸ˜€

Akhirnya sercing-sercing nemu deh artikel yang membahas hal serupa. Ternyata perubahan ads.txt ini memakan waktu paling lama 1×24 jam. Sedikit demi sedikit panik mereda. πŸ˜€ Ya apa boleh buat, kayaknya emang disuruh nunggu ceritanya.

Besoknya saya cek ternyata bener. Iklan mulai tampil dan rupiah demi rupiah masuk kedalam dashboard. Saya cek kedalam dashboard Adsense ternyata baris merah diatas juga sudah tidak ada. Berarti emang bener, perubahan ads.txt ini memerlukan waktu yang ga sebentar. Kita kudu sabar, yaa maksimal 1×24.

Nah, hikmah yang bisa saya ambil dari pengalaman ini adalah saya paham bahwa ads.txt ini bener-bener punya power. Bener-bener kuat, kesalahan setting file ini juga bisa jadiin blogger miskin seketika πŸ˜€

Jadi buat temen-temen yang sekiranya belum begitu paham tentang cara kerja dari ads.txt, mendingan baca-baca dulu deh. Jangan langsung eksekusi kayak saya wakaka. Saya pikir akan eman jadinya jika pemasukan kita terhambat hanya karena keteledoran memasang ads.txt, apalagi jika terhambatnya seharian full.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here