Beranda FYI Pengalaman: Cara Saya Menghadapi Spam di WordPress

Pengalaman: Cara Saya Menghadapi Spam di WordPress

0
stop spam

Jadi ini bukan endorse yak wkwkwk, ini bener-bener murni dari pengalaman saya. Disini saya berniat untuk sharing kepada temen-temen bagaimana sih cara saya menangkal spam pada WordPress.

Kok Bisa Ada Spam?

Seperti yang kita ketahui, pengguna CMS WordPress yang sangat banyak menjadikannya target utama dalam pendistribusian spam. Entah itu dikolom komentar, contact form, dan lain sebagainya. Tujuan mereka hanya satu, yaitu menaruh backlink di blog kita. Jika dibiarkan terus menerus, komentar-komentar spam tersebut akan terus menumpuk. Dampak terburuknya, visitor enggan berkunjung karena kebanyakan sampah, blog kita bisa lemot dan tentu saja blog kita akan dinilai buruk di hasil pencarian.

Untuk itu, memasang plugin anti spam di WordPress itu menurut saya sangat penting. Gaperlu pusing-pusing, saat ini sudah ada banyak plugin anti spam yang berceceran di repositori WordPress.org. Tinggal download saja deh, gratis.

Tapi diantara plugin anti spam tersebut, ada satu yang menjadi favorit saya. Sampai sekarang masih pakai juga. Penasaran? Cekidot deh.

Awal Mula Kena Spam

Jadi jangan dikira saya ga pernah dapet spam. Saya juga sama seperti kalian 😀 Tapi alhamdulillah sudah beberapa bulan ini saya tidak pernah mendapatkan komentar spam di blog ini. Satupun, sama sekali tidak ada. Padahal dulu ketika masih cupu-cupunya ngeWordPress (self host) sering banget tuh dapet komentar dari orang asing. Buanyak banget. Sehari bisa sampe berkali-kali. Saya jadi heran, kok bisa dapet komentar dari orang luar negeri semua, padahal blog saya bahasa indo 😀

Akhirnya saya aktifin deh panel moderasi di setiap komentar. Awalnya sih biasa saja, tiap ada komentar gajelas masukin spam, tiap ada komentar ga nyambung masukin spam lagi. Sampai akhirnya kegiatan masukin spam masukin spam lagi seperti ini menurut saya kurang efektif. Saya membutuhkan plugin agar pekerjaan masukin spam seperti ini bisa dilakukan secara otomatis.

Akhirnya googling deh, plugin anti spam yang sering direkomendasiin oleh orang-orang. Udah pernah nyobain Akismet, Disqus, masang Captcha, tetapi saya rasa masih banyak kekurangannya. Hingga akhirnya saya nemuin plugin yang satu ini, namanya Anti-Spam dari Webvitaly. Terhitung dari hari ini, sudah lebih dari 6 bulan saya menggunakan Anti-Spam dari Webvitaly. Ga kaget juga ketika saya mendapati bahwa plugin ini telah membantu saya ngeblock komentar spam hingga 45K. Berikut skrinsutnya.

Plugin ini saya akui memang lebih powerful ketimbang plugin-plugin anti spam lainnya. Selain itu plugin ini bisa dibilang enteng. Berbeda dengan plugin-plugin anti spam lainnya yang mengharuskan kamu memasukkan API, mendaftar akun, setting ini dan itu. Anti-Spam dari Webvitaly ini bener-bener simple. Kamu hanya perlu install dan aktivasi pluginnya, selesai. Tinggal dibiarkan saja pluginnya bekerja. Yang pasti kamu tidak akan lagi menemukan spam di kolom komentar.

Demikian sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan hari ini. Jadi buat temen-temen yang masih berjibaku ngelawan spam di kolom komentar, maka saya kira tidak ada salahnya untuk mencoba plugin Anti-Spam dari Webvitaly ini. Saya akhiri, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here