Beranda Travelling Passport Typical Detected!

Passport Typical Detected!

1

Kebanyakan orang memiliki keinginan untuk travelling, exchange, bussiness trip dan masih banyak keperluan lainnya diluar negeri. Salah satu syarat yang wajib dimiliki untuk melewati batas negara adalah Passport.

Passport

Digunakan sebagai identitas seorang diri sebagi pengganti KTP, atau bisa disebut sebagai KTP internasional. Pengajuan Passport saat ini sedikit diperketat dari pihak imigrasi dikarenakan untuk meminimalisir adanya pekerja illegal atau yang hanya berijin untuk bertamasya namun digunakan untuk kerja. Di Indonesia terdapat 2 type dari passport itu sendiri :

  1. Paspor 48 lembar
  2. Paspor 24 lembar

Perbedaannya selain terdapat pada jumlah lembarannya, dahulu paspor 24 lembar digunakan untuk seseorang yang akan berangkat Haji atau Umroh. Selain itu digunakan untuk kepentingan lain seperti terkait pemerintahan. Dewasa ini, seiring berkembangnya dan semakin rumitnya untuk mendapatkan pasport, maka bagi orang yang memiliki paspor 24 lembar sudah tidak berlaku dan digantikan dengan paspor 48 lembar untuk semua aktifitas. Saat ini paspor tetap dibedakan menjadi dua macam dengan keuntungannya masing-masing, yaitu :

  1. Paspor Elektronik
  2. Paspor Biasa

Untuk perbedaannya, berada pada biaya pembuatan. Saat ini biaya pembuatan paspor berkisar Rp 350.000 sedangkan untuk E-Paspor bisa 2x lipatnya. Selain itu perbedaannya terdapat pada visa yang dibebankan. Misalnya : Saat perjalanan berwisata ke Jepang untuk paspor biasa harus menggunakan Visa, sedangkan E-Paspor sudah terbebaskan Visanya.

Syarat pembuatan paspor sangatlah mudah : Bisa langsung di check pada website resmi di imigrasi dengan ketentuan-ketentuan terlampir dikarenakan ketentuan tersebut akan berubah sesuai dengan situasi dan kondisi : http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan

Jenis-Jenis Passport Di Dunia

Selain itu saat diimigrasi bandara terutama untuk gate internasional tentunya ada yang dibedakan yaitu dari warna passpor itu sendiri. Paspor tersebut menandakan kondisi agama, geografis dan politik. Warna passport di dunia dibedakan menjadi 4 warna dengan fungsi umum sebagai identitas travelling, yaitu :

  1. Biru : Passport ini banyak digunakan di wilayah Amerika(Kecuali Venezuela) dan Australia.
  2. Hijau : Hampir sebagian negara islam menggunakan passport berwarna hijau, dikarenakan warna hijau adalah warna kesukaan Nabi Muhammad SAW. Selain itu negara-negara di Afrika juga menggunakan passport berwarna hijau.
  3. Merah : Passport ini digunakan pada wilayah Uni Eropa (Kecuali Kroasia)dan beberapa negara yang tertarik untuk bergabung didalamnya, misalnya Turki, Colombia, Equador. Latar belakang dari terbentuknya wilayah merah ini adanya sejarah dengan ajaran atau sistem komunis.
  4. Hitam : Passport Hitam ini passport yang jarang sekali di temui di dunia hanya beberapa negara saja yang menggunakannya diwilayah.

Jenis-Jenis Passport Di Indonesia

Saat ini passport Indonesia dibedakan menjadi beberapa warna dengan fungsi yang berbeda pula, yaitu:

  1. Paspor Biasa : Paspor ini dulunya berwarna hijau tua dengan logo burung garuda dikanan atas dan saat ini berganti menjadi hijau toska kebiruan dengan logo burung garuda di tengah berwarna emas. Paspor ini dikeluarkan oleh Ditjen Keimigrasian, Departemen Hukum da Hak Asasi Manusia
  2. Paspor Diplomatik : Paspor ini di memiliki kemudahan perlakuan di negara tempat mereka bertugas sebagai perwakilan diplomatik dari negara asalnya. Paspor tersebut dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri dan berwarna hitam
  3. Paspor Dinas  dan Khusus : Paspor ini digunakan untuk kalangan kedutaan, pejabat, konsulat, atau pemerintah yang memiliki keistimewaan perlakuan khusus di negara tujuan yang tidak dimililki paspor biasa. Biasanya paspor ini memiliki sampul berwarna biru dan di keluarkan oleh Departemen Luar Negeri.
Artikel Lainnya:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here