Beranda Tutorial Ngxinstall, Solusi Mudah Install WordPress di Nginx (LEMP)

Ngxinstall, Solusi Mudah Install WordPress di Nginx (LEMP)

0
Ngxinstall, Solusi Mudah Install Wordpress di Nginx (LEMP)
Agen Bola

Jadi buat temen-temen yang belum tau, Ngxinstall ini (susah dibaca yak 😀 ) sebenarnya adalah salah satu bash script untuk mempermudah dalam melakukan instalasi WordPress di VPS. Yap, jadi tinggal ketik beberapa baris command untuk menjalankan scriptnya dan instalasi WordPress akan berjalan secara otomatis di VPS milikmu. Jadi gaperlu deh install PHP, MySQL, WordPress satu persatu. Tidak hanya itu, Ngxinstall ini juga dibekali oleh Nginx webserver yang mana merupakan webserver yang cukup kuat. Cocok digunakan untuk blog-blog dengan visitor bejibun.

Jadi kalo dilihat secara sekilas, bisa dibilang Ngxinstall ini emang hampir sama seperti Serverpilot, Runcloud, maupun Easyengine dimana manajemen VPS nantinya tanpa menggunakan control panel. Hal ini saya anggap merupakan salah satu keunggulan karena tanpa adanya panel dan fitur-fitur tambahan lainnya menjadikan Ngxinstall ini memiliki available resource yang lebih lega, terutama di bagian RAM.

Fitur-fitur Ngxinstall

Nah untuk fitur-fitur dari Ngxinstall sendiri bisa temen-temen cek dibawah ini:

  • Nginx Webserver
  • Chroot account (jailkit)
  • SSL Let’s Encrypt with auto renewal
  • Protocol HTTP/2
  • Automatic WordPress instalation
  • Include WP Super Cache

Keren bukan? Cocok deh digunakan untuk ngeblog maupun buka toko online.

Cara Install WordPress dengan Ngxinstall

Agen Bola

Langkah pertama silahkan buka terminal, bisa menggunakan putty atau untuk pengguna GCP silahkan klik tombol SSH pada dashboard console.

Masuk sebagai root

sudo -s

Lalu paste command berikut untuk memulai instalasi Ngxinstall

curl -sSL -O https://raw.githubusercontent.com/asfihani/ngxinstall/master/ngxinstall.sh
chmod +x ngxinstall.sh

Sampai disini Ngxinstall sudah terinstall didalam VPS. Langkah selanjutnya yaitu menginstall WordPress menggunakan Ngxinstall. Caranya dengan ketik command berikut.

./ngxinstall.sh --domainname domainkamu.com --username royyan --email [email protected]

Untuk yang saya tandai warna biru silahkan diganti dengan domain, username dan emai milik temen-temen masing-masing. Jika sudah tekan enter. Tunggu proses instalasi WordPress selesai. Nantinya kamu akan mendapatkan kredensial untuk login WordPress dan SFTP.

Oiya sebagai tambahan dari mas Asfihani, untuk mengarahkan HTTP ke HTTPS bisa menggunakan plugin Really Simple SSL yang sudah terinstall di dalam WordPress. Yaa meskipun sebenernya ada cara manualnya sih. Namun karena ini menggunakan Nginx jadinya gaada file .htacces, rada ribet 😀

Demikian cara menginstall WordPress di LEMP dengan Ngxinstall. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here