Beranda FYI Mengubah Teks ke Suara Pada Blog WordPress

Mengubah Teks ke Suara Pada Blog WordPress

0
Mengubah Teks ke Suara Pada Blog WordPress

Pernahkah terpikir olehmu untuk mengubah teks artikel yang ada di blog WordPress menjadi suara? Nah FYI aja nih temen-temen, saat ini mengubah teks menjadi suara sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah. Termasuk untuk artikel-artikel didalam WordPress sendiri. Kamu bisa menggunakan plugin text to speech bernama ResponsiveVoice. Hasilnya pun saya rasa tidak mengecewakan (saya sudah coba 😀 ). Yaaa lumayan jernih lah suaranya, mirip-mirip deh sama text to speech di Google Translate.

Sekilas Tentang ResponsiveVoice

ResponsiveVoice adalah salah satu plugin WordPress gratis yang mampu membaca halaman web dan mengkonversikannya menjadi suara. Dengan memasangnya kedalam situs WordPressmu, maka artikel yang tersedia bisa dikonversikan menjadi suara yang cukup keras. Singkatnya, hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung akan semakin dimudahkan dalam menerima isi artikel.

Jika ditanya plugin ini cocoknya dipasang di blog dengan niche seperti apa? Maka saya bisa merekomendasikan situs-situs dengan niche tutorial, berita ataupun memasak. Pengunjung tidak perlu repot-repot membaca. Cukup sekali klik tombol, maka artikel secara otomatis akan dibacakan oleh suara wanita. Pengunjung dapat menerima informasi atau isi artikel tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.

Oh iya, ResponsiveVoice juga dapat bekerja di berbagai platform browser. Sudah saya test di browser Firefox untuk PC dan Chrome Android. Semuanya berjalan dengan lancar.

Cara Memasang ResponsiveVoice Text to Speech di WordPress

Nah bagian yang ditunggu-tunggu, cara memasang plugin ResponsiveVoice kedalam WordPress. Untuk instalasinya sama seperti plugin-plugin pada umumnya, tinggal install dan aktifkan.

Memasang Text to Speech Pada Blog WordPress

Setelah sukses terinstall, langkah selanjutnya adalah memasukkan shortcode dari ResponsiveVoice kedalam artikel yang ingin dipasang fitur text to speech. Bisa ditaruh dimana saja, tapi akan lebih baik jika dipasang diatas artikel.

Memasang Text to Speech Pada Blog WordPress

Nah, untuk shortcodenya adalah sebagai berikut:

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Bacain Dong"]

Yang saya tandai dengan warna merah adalah jenis suara wanitanya. Saya pilih Indonesian Female karena artikel saya berbahasa Indonesia. Btw saya juga sudah coba yang versi english female, tapi jatuhnya kayak Cinta Laura deh suaranya 😀 Untuk list suara wanita yang tersedia bisa dilihat dihalaman berikut.

Lalu selanjutnya yang saya tandai warna biru, ini adalah teks yang muncul di tombolnya. Bisa diganti dengan yang lain sesuai selera. Silahkan dikreasikan sendiri saja, untuk demonya bisa dilihat dihalaman berikut.

Demikian cara mudah memasang text to speech di WordPress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here