Beranda SEO Mengubah Link Eksternal Menjadi NoFollow pada WordPress

Mengubah Link Eksternal Menjadi NoFollow pada WordPress

2
dofollow to nofollow

Halo temen-temen, sesuai dengan judulnya kali ini yang akan kita bahas adalah yang berhubungan  dengan link. Bukan link hanna lho ya, melainkan jenis-jenis atribut link yang biasanya kita gunakan pada blog. Jadi untuk yang belum tau (atau belum sadar), pada dunia perbloggeran dikenal 2 jenis atribut link. Yaitu atribut nofollow dan dofollow. Jika diibaratkan bahasa manusia, atribut nofollow berfungsi untuk memberi tahu mesin telusur agar “Jangan mengikuti tautan di laman ini” atau “Jangan mengikuti tautan khusus ini”. Sedangkan atribut dofollow merupakan kebalikannya yaitu “ikuti tautan pada halaman ini”. Sudah sedikit paham?

Pemberian atribut pada suatu link mungkin tidak begitu dipedulikan bagi sebagian blogger termasuk saya pada awalnya. Namun jika kamu ingin meningkatkan nilai SEO pada blogmu maka hal ini penting untuk diperhatikan. Terlalu sering memberikan link keluar apalagi yang bersifat dofollow akan memperburuk posisimu di mesin pencari. Bahkan Google sendiri merekomendasikan untuk menerapkan atribut nofollow pada setiap outbond link (link eksternal).

Mengubah Atribut Link Dofollow Menjadi Nofollow

Secara default, jika kamu mengetikkan link pada blogmu maka link tersebut merupakan link Dofollow. Nah untuk mengubahnya menjadi Nofollow kamu hanya perlu memberikan atribut rel=”nofollow”. Bagaimana caranya? Jika kamu adalah pengguna blogspot, mengubah atribut tersebut lebih mudah karena sudah ada opsi penambahan atribut nofollow ketika membuat link. Tinggal klik klik beres.

dofollow to nofollow

Nah untuk pengguna WordPress sedikit lebih ribet. Kamu harus menambahkan atribut rel=”nofollow” melalui mode html secara manual. Jadi sebagai contoh untuk mengubah link menjadi nofollow adalah seperti berikut:

<a href="signin.php">masuk</a> //ini dofollow

menjadi:

<a href="signin.php" rel="nofollow">masuk</a> //ini nofollow

Lalu salah satu reader dalam hati berkata: “Tapi blog saya sudah memiliki ribuan artikel, bagaimana cara mengubah semua link otomatis menjadi nofollow? Kan capek kalo edit link satu-satu”

Tenang broo, tentu ada solusinya. Beruntungnya bagi pengguna WordPress ada plugin yang bisa kamu gunakan untuk mengubah seluruh link eksternal menjadi nofollow secara massal dan otomatis. Yap namanya External Links.

Tinggal install dan aktifkan pluginnya. Lalu pada dashboard WordPressmu buka Settings » External Links. Beri centang pada opsi Add No Follow. Setelah itu Save.

dofollow to nofollow

Dengan begitu seluruh link yang ada pada blogmu akan berubah menjadi nofollow secara otomatis. Untuk mengecek apakah berhasil atau tidak tinggal buka halaman blogmu yang mengandung link. Klik kanan lalu pilih View Page Source. Jika berhasil maka akan muncul atribut nofollow seperti pada gambar berikut.

dofollow to nofollow

“Gan saya ingin ngasih credit link dofollow muhammadroyyan.com di blog saya, gimana caranya? Kan otomatis menjadi nofollow semua?”

Gampang gan, tinggal kasih atribut rel=”follow” pada link muhammadroyyan.com. Contohnya seperti ini:

<a href="https://muhammadroyyan.com" rel="follow">muhammadroyyan.com</a>

Mudah bukan? Demikan sedikit tutorial tentang cara mengubah link eksternal menjadi nofollow. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.