Beranda Tutorial Menghilangkan Kolom Website URL pada Form Komentar WordPress

Menghilangkan Kolom Website URL pada Form Komentar WordPress

0
cara menghilangkan kolom URL website pada form komentar WordPress

Blogmu penuh spam komentar? Geram karena tidak ada habisnya? Berarti kita sama 😀 Beberapa hari yang lalu saya melakukan beberapa eksperimen untuk mengurangi spam yang masuk melalui form komentar blog. Spam tersebut tujuannya tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk menanamkan backlink. Sebelumnya saya menggunakan komentar Disqus dan memang tidak ada komentar spam yang masuk. Perlu diacungi jempol untuk Disqus 😀 Namun saya rasa penggunaan Disqus sedikit menambah beban loading blog. Jadi saya uninstall. Eksperimen selanjutnya yaitu menggunakan plugin yang memiliki rating tinggi dalam menghadapi spam. Sebut saja akismet. Saya akui plugin ini memang terbaik. Tidak ada masalah terhadap server saya, karena memang plugin ini tidak memberatkan. Dan yang terpenting, seluruh komentar tidak bermutu otomatis masuk ke spam folder.

Plugin Akismet Kurang Efisien

Selang beberapa hari, saya berpikir bahwa penggunaan plugin Akismet kurang efisien. Bagaimana tidak, setiap hari bahkan setiap jam banyak komentar gaje tersaring dan masuk spam folder, dan mau tidak mau saya harus menghapusnya. Tentunya secara manual. Tidak efisien bukan? Selain itu, disk space juga terpotong untuk tempat instalasi dari Akismet itu sendiri.

Menggunakan Captcha? No!

Akhirnya saya mencari cara bagaimana meminimalisir spam komentar yang masuk, tapi tanpa menggunakan plugin. Beberapa member grup WordPress menyarankan untuk memasang captcha pada form komentar. Tapi menurut saya itu tidak menyelesaikan masalah, karena spammer menggunakan captcha breaker untuk melakukan spamming. Kok saya tau? Karena saya pernah mencobanya 😀 lagipula memasang captcha terlalu sulit menurut saya jika dilakukan tanpa plugin.

Menghilangkan Kolom URL Website

Sampai suatu ketika saya menemukan ide bagaimana bila form komentar saya edit sehingga kolom URL website dihilangkan. Cara ini membutuhkan modifikasi pada file functions.php di folder tema WordPress yang sedang aktif. Jika ingin mencobanya, kamu bisa edit file functions.php yang terletak pada public_html » wp-content » themes » tema yang kamu gunakan » functions.php. Lalu tambahkan baris script berikut:

add_filter('comment_form_default_fields', 'url_filtered');
 function url_filtered($fields)
 {
 if(isset($fields['url']))
 unset($fields['url']);
 return $fields;
 }

Dan letakkan dibaris paling bawah. lalu klik Save.

Cobalah buka salah satu artikel pada blogmu dan cek pada form komentar. Saya pastikan sekarang sudah tidak ada lagi tempat untuk menyisipkan URL website. Dan menurut saya, hal ini dapat menurunkan minat para spammer manual untuk menuliskan komentar di blogmu. Sudah saya buktikan dan hasilnya lebih dari 3 hari hanya 1 komentar gaje yang masuk moderasi. Sehingga dapat saya simpulkan penggunaan trik ini cukup lumayan hasilnya. Namun perlu kamu ketahui bahwa penggunaan trik ini masih terdapat kekurangan, yaitu jika suatu saat terdapat update theme maka kamu perlu untuk mengulang langkah-langkah diatas.

Demikian tutorial singkat mengenai cara menghilangkan kolom URL website pada form komentar WordPress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.