Beranda FYI Mengenal Lebih Jauh Tentang Progressive Web Apps (PWA)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Progressive Web Apps (PWA)

0
Progressive Web Apps

Jadi untuk yang belum tau, Progressive Web Apps (PWA) adalah salah satu terobosan dari Google, yaitu aplikasi berbasis webview yang telah support push notifikasi dan memiliki UX layaknya seperti aplikasi native. Keren bukan? Yaa meskipun saat ini sepertinya belum begitu booming, namun Progressive Web Apps sendiri digadang-gadang dapat bersaing bahkan mampu mengalahkan aplikasi native. FYI aja nih temen-temen, website-website di Indonesia pun sudah mulai menerapkan PWA lho. Diantaranya adalah Babe, JalanTikus, dan Kaskus. Tentunya dengan kehadiran 3 website besar dari Indonesia ini bisa menjadi pionir dalam perkembangan PWA di Indonesia.

Keunggulan Progressive Web Apps

Progressive Web Apps ini sepenuhnya web namun pengguna bisa merasakan pengalaman layaknya seperti menggunakan aplikasi native. Lebih lengkapnya, keunggulan dari Progressive Web Apps dapat kamu cek dibawah ini:

  • Progressive Web Apps dapat digunakan oleh setiap pengguna, terlepas dari browser apa yang gunakan, PWA dapat bekerja dengan baik.
  • Responsif – Progressive Web Apps akan sangat cocok digunakan dengan perangkat model apapun. Baik itu desktop, ponsel, tablet, dsb.
  • Offline Mode – Progressive Web Apps tidak bergantung pada konektivitas, bahkan Progressive Web Apps sendiri dapat berfungsi dengan baik pada jaringan berkualitas rendah, atau bahkan offline.
  • Progressive Web Apps terasa seperti sebuah aplikasi dimana memiliki interaksi dan navigasi bergaya aplikasi.
  • Progressive Web App akan secara otomatis terbarui dengan pembaruan terbaru. Jadi kontennya akan selalu mengikuti isi dari websitenya.
  • Progressive Web Apps selalu disajikan melalui HTTPS, hal ini bertujuan untuk mengamankan dan memastikan bahwa tidak ada orang yang jail terhadap appsmu.
  • Fitur PWA seperti Push Notifications
  • Instalasi yang mudah
  • Instant loading

Dalam pengoperasiannya, Progressive Web Apps sendiri tidak perlu diinstall layaknya aplikasi native. Ketika pengunjung membuka suatu blog yang sudah terintegrasi oleh PWA, maka blog tersebut akan menampilkan pop up berisi Add to Homescreen. Jika diklik, icon blog tersebut secara otomatis akan terpasang di home screen smartphone pengunjung. Sehingga kurang lebih sama seperti aplikasi smartphone pada umumnya.

Teknologi dibalik Progressive Web Apps

Service Workers adalah teknologi dibalik PWA yang memberikan fitur-fitur unggulan seperti halnya offline access, push notifikasi, update konten terbaru, dsb. Memang saat ini belum banyak yang membahas tentang apa itu service workers dan bagaimana sebenarnya service workers itu bekerja, tetapi jika dilihat dari developer google, bisa disimpulkan bahwa service workers adalah semacam proxy yang ditempatkan ditengah antara aplikasi web, browser, dan jaringan, atau lebih sederhana lagi bisa dianalogikan aplikasi kita akan diatur oleh service workers agar bisa berjalan secara offline terlebih dahulu, mengembalikan data dari cache jika request ke jaringan gagal.

File service workers sendiri berisi kode javascript yang bisa dikembangkan oleh pengembang untuk menghandle event dan request sesuai dengan kebutuhan. Oh ya, untuk browser yang support service workers sendiri kita bisa lihat kembali disini.

Progressive Web Apps Untuk WordPress

Lalu apakah bisa menerapkan Progressive Web Apps kedalam WordPress? Jawabannya tentu saja bisa. Gaperlu repot-repot installnya. Saat ini sudah banyak plugin-plugin Progressive Web Apps yang bisa kamu install secara gratis. Bisa dicoba sendiri yaa, kalau sukses bisa kasih review dimari hehehe 😀

muhammadroyyan.com ga pengen nerapin PWA gan?

Jawabannya belum, belum begitu butuh lebih tepatnya. Lagian visitor juga ga banyak-banyak amat 😀 Targetnya kalau sudah banyak baru deh diterapin.

Demikian sedikit pengetahuan mengenai Progressive Web Apps. Saya akhiri semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here