Beranda Tutorial Mengatasi SSL (HTTPS) Mixed Content di WordPress

Mengatasi SSL (HTTPS) Mixed Content di WordPress

0
Mengatasi SSL (HTTPS) Mixed Content di WordPress

Dewasa ini memasang SSL (HTTPS) di WordPress bukan lagi suatu pilihan, tetapi suatu keharusan. Bagaimana tidak, menggunakan SSL pada websitemu tentunya akan memberikan banyak sekali manfaat. Beberapa diantaranya adalah enkripsi data, meningkatkan kepercayaan visitor, meningkatkan SEO, dan lain sebagainya. Lagipula saat ini sudah banyak tersedia SSL gratis, misalnya seperti SSL dari Let’s Encrypt ataupun SSL Comodo yang disediakan oleh Cloudflare. Jadi saya pikir sudah tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk tidak menggunakan SSL pada websitemu.

Nah FYI aja nih temen-temen, ketika kamu melakukan migrasi dari yang semula HTTP menjadi menggunakan HTTPS, biasanya kamu akan menemui suatu tanda/peringatan yang oleh orang-orang biasa menyebutnya dengan Mixed Content. Jadi apa itu mixed content? Bagaimana cara mengatasinya? Langsung saja simak penjelasannya berikut.

Apa Itu Mixed Content?

Mixed content adalah suatu tanda peringatan yang muncul di browser ketika suatu website memuat konten HTTP dan HTTPS secara bersamaan. Masalah ini kerap terjadi ketika kamu baru saja melakukan migrasi dari HTTP ke HTTPS. Sehingga biasanya masih ada beberapa konten seperti gambar, file css atau js yang masih berjalan di HTTP. Contohnya adalah sebagai berikut.

Mengatasi SSL (HTTPS) Mixed Content di WordPress

FYI aja nih temen-temen, kamu tidak bisa memuat konten HTTP dan HTTPS secara bersamaan di dalam suatu website karena pada dasarnya keduanya merupakan protokol yang terpisah. Jadi ketika kamu berniat untuk menggunakan HTTPS maka seluruh konten harus dijalankan melalui HTTPS tanpa terkecuali.

Cara Mengatasi Mixed Content di WordPress

Bagi kamu pengguna Cloudflare, ada cara untuk mengatasi mixed content dengan sangat mudah. Cukup masuk ke dashboard Cloudflare lalu buka menu Crypto dan nyalakan Automatic HTTPS Rewrites.

Mengatasi SSL (HTTPS) Mixed Content di WordPress

Nah bagi yang tidak menggunakan Cloudflare, alternatif lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi mixed content adalah dengan menggunakan plugin.

Cukup install dan aktifkan plugin Better Search Replace lalu masuk ke Tools » Better Search Replace. Setelah itu masukkan http://namadomain.tld di kolom Search dan https://namadomain.tld di kolom Replace. Hilangkan centang pada Run as dry run lalu tekan Run Search/Replace agar proses replace dapat berjalan.

Mengatasi SSL (HTTPS) Mixed Content di WordPress

Dengan begitu seluruh file dengan awalan HTTP akan di replace dengan HTTPS. Hal ini terbukti ampuh dan cepat untuk mengatasi mixed content didalam WordPress.

Demikian cara mengatasi Mixed Content di WordPress. Selamat mencoba dan smeoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here