Beranda Tips Mengatasi Email Hosting Masuk Spam

Mengatasi Email Hosting Masuk Spam

0
Mengatasi Email Hosting Masuk Spam

Bagi kamu para pengguna shared hosting dengan cPanel, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya email hosting. Akun email hosting dapat kamu buat dengan instan melalui menu email yang ada di cPanel. Untuk akses emailnya sendiri pun cukup mudah, kamu bisa menggunakan squirrel mail, horde, dll yang biasanya juga sudah disediakan didalam cPanel. Atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi Gmail Android untuk mengakses email hosting.

Namun perlu diketahui, ada beberapa hosting yang “settingannya kurang pas”. Seperti hosting yang saya gunakan pertama kali, waktu saya masih cupu 😀 . Jadi ketika digunakan untuk mengirim email misalnya ke Gmail ataupun Yahoo mail, bukannya masuk di inbox email tujuan melainkan masuk spam.

Hal ini umumnya disebabkan karena reputasi IP dari hosting yang tidak bagus sehingga masuk di spam blacklist. Biasanya sih IP address shared hosting yang tidak dipasang spamfilter outgoing dan incoming. Jadi jika salah satu user di shared hosting melakukan spam, maka akan berdampak pada user-user yang lainnya. Karena satu IP.

Nah hosting yang seperti ini yang perlu dihindari. Jangan sampai nantinya kamu terpengaruh hanya karena mendapat kapasitas disk yang banyak dengan harga murah, namun ternyata fitur-fitur penting seperti email tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kan eman, kalau langganan setahun.

Namun jika sudah terlanjur mau bagaimana lagi, kamu bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini agar nantinya email yang kamu kirimkan tidak lagi nyangkut di folder spam.

Mengatasi Email Hosting Masuk Spam

Nah jika email hosting yang kamu gunakan untuk berkirim-kirim email ternyata masuk spam, ada beberapa metode yang dapat kamu praktikkan untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

Cek Settingan Autentikasi Email

Nah, kirim email masuk spam bisa saja disebabkan karena kelalaian kita sendiri. Login cPanel dan segera cek bagian Autentikasi Email. Pastikan DKIM dan SPF dalam posisi Enable.

Mengatasi Email Hosting Masuk Spam

Menggunakan Layanan ServerMail

Nah jika cara diatas tidak mempan, metode selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan servermail seperti Google Apps, SendGrid ataupun Zoho Mail. Saya lebih merekomendasikan Zoho karena saya juga pakai hingga sekarang. Lebih simple menurut saya. Mulai dari setting hinggal UI, hampir sama seperti Gmail. Plus kerennya Zoho ini tidak dipungut biaya bulanan.

Kontak Penyedia Hosting

Nah jika tidak ingin repot setting-setting menggunakan metode diatas, satu-satunya cara yang paling ampuh adalah kontak penyedia hostingnya. Karena yang punya wewenang setting-setting IP terblacklist seperti ini penyedia hosting, bukan kita. 😀

Nah demikian beberapa tips yang dapat kamu coba agar email yang kamu kirim tidak masuk spam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.