Beranda Wordpress Plugins Mengatasi Duplicate Meta Deskripsi dan Title Tag pada Webmaster Tools

Mengatasi Duplicate Meta Deskripsi dan Title Tag pada Webmaster Tools

4
mengatasi duplicate title dan tags

Nah jika kamu sedang menemui masalah duplicate title dan tag yang ada pada dashboard webmaster tool, maka saya bisa mengatakan saat ini kita mengalami hal yang sama ๐Ÿ˜€ FYI aja nih temen-temen, saya sudah mendapat notif duplicate title dan tag sudah sangat lama, kayaknya beberapa minggu setelah membangun blog ini. Jujur dulunya saya kurang begitu paham penyebab dari duplicate tersebut. Jadi baru-baru ini saja taunya, iseng-iseng dibenahin sendiri dan sedikit demi sedikit jumlah duplicatenya berkurang ๐Ÿ˜€ . Saya sendiri dulunya juga tidak begitu mempermasalahkannya. Meskipun banyak duplicatenya, alhamdulillah artikel saya masih bisa menembus page one. Jadi saya asumsikan notif duplicate tersebut tidak banyak mempengaruhi nilai SEO blog ini di mesin pencari.

Oke sehubungan dengan permasalahan diatas, kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam menghilangkan duplicate title dan tag yang ada pada dashboard webmaster. Meskipun tidak begitu berpengaruh (menurut saya) tapi yang namanya error perlu dibenahi bukan?

Nah, usut punya usut notif duplicate seperti ini ternyata muncul dikarenakan ada beberapa kesalahan setting pada plugin Yoast yang saya gunakan. Jadi bisa dibilang plugin Yoast ini cukup rentan juga, salah setting sedikit akan berpengaruh pada dashboard webmaster tool. Untuk mengatasinya kita bisa melakukan setting ulang plugin Yoast. Ga dari awal, jadi hanya ngebenerin yang salah-salah saja. Jadi apa saja sih yang perlu disetting ulang? Cekidot

Setting Yoast Untuk Menghilangkan Duplicate Title dan Tag

1. Setting Meta Deskripsi Homepage

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah setting bagian homepage. Silahkan buka SEO ยป Titles & Metas. Pilih tab Homepage, isi Title dengan judul blogmu dan Meta Deskripsi dengan penjelasan singkat tentang blogmu. Jika kamu menggunakan static page sebagai front page (kayak punya saya), maka untuk mengeditnya hanya bisa melalui metabox page tersebut.

mengatasi duplicate title dan tag

2. Setting Post Types

Nah biasanya penyebab duplicate title dan tag adalah kesalahan dalam setting bagian ini. Kamu hanya perlu mengubah title template dengan judul, dan lainnya biarkan seperti default saja. Untuk lebih lengkapnya tinggal disesuaikan saja dengan gambar berikut.

mengatasi duplicate title dan tag

Begitu pula bagian Pages dan Media, atur juga seperti pada gambar diatas.

3. Setting Taxonomies

Untuk setting taksonomi ini berhubungan dengan kategori, tag dan lain sebagainya. Jika dibiarkan terindeks maka akan menyebabkan duplikat tag. Untuk itu perlu disetting agar noindex. Tinggal disesuaikan saja dengan gambar berikut.

4. Setting Archives

Bagian Archives Yoast SEO terdiri dari arsip penulis, data arsip, dan halaman spesial. Saya selalu mengatur nonindex untuk arsip penulis dan tanggal arsip. Sementara untuk halaman spesial, saya membiarkannya seperti bawaannya.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi duplicate meta deskripsi dan title tags. Perlu diketahui, perubahan disisi webmaster tools membutuhkan waktu cukup lama tergantung kecepatan crawling Google pada blogmu. Jadi jangan heran jika kamu masih melihat notif duplicate setelah menerapkan tutorial diatas. Oke saya akhiri, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here