Beranda Tips Mengaktifkan Fitur Anti DDos Pada Cloudflare

Mengaktifkan Fitur Anti DDos Pada Cloudflare

0
Mengaktifkan Fitur Anti DDos Pada Cloudflare

Cloudflare memberikan banyak sekali keuntungan dan manfaat bagi para penggunanya. Salah satu diantaranya adalah kemanan firewall gratis yang mampu melindungi websitemu dari serangan-serangan kecil hingga moderat. Dalam hal ini Cloudflare akan menampilkan halaman berisi captcha sebelum diarahkan ke website milikmu.

Nah FYI aja nih temen-temen, jika website kamu merupakan target dari serangan DDoS, maka keamanan firewall seperti yang saya sebutkan diatas tidak akan mampu untuk menjaga operasional websitemu. Salah satu upaya yang bisa kamu coba untuk mengatasi serangan DDoS adalah dengan mengaktifkan fiturĀ Under Attack Mode.

Apa Itu Under Attack Mode?

Under Attack Mode adalah salah satu fitur anti DDoS yang diberikan gratis oleh Cloudflare, baik bagi pengguna free plan, bussiness plan, maupun plan-plan lainnya. Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, setiap pengunjung akan disajikan dengan halaman interstisial yang berjalan sekitar 5 detik sebelum meneruskannya ke server milikmu.

Mengaktifkan Fitur Anti DDos Pada Cloudflare

Bukan tanpa alasan, halaman interstisial ini akan terus menerus melakukan pemeriksaan browser selama fitur Under Attack Mode diaktifkan. Pengunjung yang lulus dari pemeriksaan browser akan diizinkan untuk membuka website milikmu. Sebaliknya, jika pengunjung ini adalah bot/terindikasi DDoS, maka sudah pasti akan terciduk oleh Cloudflare sebelum tiba di websitemu.

Mengaktifkan Fitur Under Attack Mode

Sebelumnya pastikan websitemu telah terhubung dengan Cloudflare. Jika belum, silahkan baca-baca terlebih dahulu tentang apa itu cloudflare, keuntungannya, serta bagaimana menghubungkan dengan website milikmu di artikel berikut.

Jika sudah, silahkan login ke dashboard Cloudflare lalu pilih opsi Under Attack Mode seperti pada gambar berikut.

Mengaktifkan Fitur Anti DDos Pada Cloudflare

Dengan begitu, pengaturan keamanan websitemu akan beralih ke status Under Attack Mode. Coba buka websitemu deh, pastinya akan muncul halaman interstisial seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Menonaktifkan Fitur Under Attack Mode

Berhubung fitur Under Attack Mode ini dikhususkan untuk kamu yang mengalami serangan DDoS darurat, maka kamu perlu menonaktifkannya jika serangan DDoS telah berhenti.

Buka dashboard Cloudflare lalu klik tombol disable seperti pada gambar berikut.

Mengaktifkan Fitur Anti DDos Pada Cloudflare

Lalu pilih tingkat keamanan yang tersedia. Kalau belum paham pilih level medium saja, tingkat keamanan yang paling direkomendasikan (Default).

Mengaktifkan Fitur Anti DDos Pada Cloudflare

Dengan begitu websitemu akan kembali ke mode semula dan halaman interstisial Cloudflare tidak lagi muncul.

Demikian cara mengaktifkan fitur anti DDoS pada Cloudflare. Perlu diingat bahwa kamu hanya perlu mengaktifkan Under Attack Mode ketika websitemu menjadi korban serangan DDoS. Jika tidak, fitur ini harus segera dimatikan sehingga tidak mengganggu pengguna normal ketika mengakses situs web milikmu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here