Beranda Tutorial Membuat Halaman Maintenance Mode dan Coming Soon Mode WordPress

Membuat Halaman Maintenance Mode dan Coming Soon Mode WordPress

0

Halo temen-temen, kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara membuat halaman maintenance mode dan coming soon mode pada WordPress. Untuk menambah pengetahuan aja nih, coming soon mode adalah halaman yang bisa kamu tampilkan jauh-jauh hari sebelum kamu melakukan launching website atau blogmu. Sedangkan maintenance mode adalah halaman yang menginformasikan kepada pengunjung bahwa website masih dalam perbaikan. Kedua hal ini bertujuan untuk memberikan notif kepada visitor bahwa blog atau website sedang diutak-atik atau belum rampung. Sangat tidak keren bila blog yang desainnya masih acak-acakan sudah didatangi oleh visitor bukan 😀

Menampilkan Maintenance Mode atau Coming Soon Mode

Nah untuk menampilkan halaman maintenance mode atau coming soon mode hanya perlu menggunakan plugin WordPress Coming Soon Page & Maintenance Mode. Perlu diperhatikan ada 2 jenis halaman di plugin ini:

  1. Coming Soon Mode – Website anda bisa diindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan semacamnya.
  2. Maintenance Mode – Plugin ini akan memberitahukan mesin telusur bahwa situsnya sedang tidak tersedia.

Jadi sebelum diaplikasikan ada baiknya jika kamu pertimbangkan mode mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Keuntungan menggunakan plugin ini yaitu kamu dapat mengedit tampilan maintenance mode dan coming soon mode. Kamu juga bisa menyisipkan gambar maupun teks singkat sehingga halaman maintenance mode atau coming soon modemu menjadi lebih keren dan tidak garing.

Caranya pun cukup mudah. Jika kamu tidak ingin menampilkan tulisan atau gambar langsung nyalakan saja modenya.

Menampilkan Maintenance Mode atau Coming Soon Mode

Namun jika ingin menambahkan tulisan atau gambar, kamu bisa mengikuti tutorial pada gambar berikut

Menampilkan Maintenance Mode atau Coming Soon Mode

Lalu pilih Design. Disini kamu dapat mengganti warna atau menggunakan gambar sebagai background. Serta mengatur apakah background yang akan digunakan responsive atau tidak.

Menampilkan Maintenance Mode atau Coming Soon Mode

Selain itu masih banyak setting yang dapat kamu coba pada plugin ini. Tinggal explore saja. Demikian cara menampilkan maintenance mode dan coming soon mode pada WordPress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here