Beranda Tips Membuat Google Custom Search Engine Pada Blogspot

Membuat Google Custom Search Engine Pada Blogspot

1
Memasang Google Custom Search Engine

Memasang widget kotak pencarian atau yang biasa disebut searchbox sangatlah penting dalam suatu blog. Hal ini bertujuan untuk membantu pengunjung menemukan artikel yang ingin dituju dengan cepat. Blogspot sendiri sudah menyediakan widget searchbox, namun hasil pencariannya terkadang tidak relevan dan seringkali post baru tidak bisa dicari melalui widget searchbox ini. Untuk itulah dibutuhkan search engine baru. Nah search engine yang bisa kamu coba adalah Google custom search engine.

Jadi Apasih Google Custom Search Engine Itu?

Google custom search engine adalah fasilitas yang disediakan oleh Google untuk pencarian khusus dalam suatu website. Dikembangkan berdasarkan search engine Google itu sendiri. Sehingga tidak perlu diragukan lagi tingkat akurasi hasil pencariannya. Untuk hasil pecariannya dibatasi dan hanya diprioritaskan untuk website yang telah kamu tentukan. Sehingga search box ini hanya akan mencari artikel didalam blog kita saja. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil pencarian.

Membuat Google Custom Search Engine

  1. Langkah pertama buatlah sebuah page di blog kamu. Beri nama sesuai selera atau misal Pencarian dan klik publish.
  2. Lalu daftarkan blog ke https://cse.google.com/cse/create/new. Masukkan URL blog kamu dan pilih bahasa yang kamu gunakan. Lalu klik Create.
    Membuat Google Custom Search Engine Pada Blogspot 1
  3. Setelah sukses klik Control Panel.
    Membuat Google Custom Search Engine Pada Blogspot 2
  4. Lalu setting sesuai selera, setelah itu masuk Look and Feel dan pilih Two Page pada bagian Web Search. Jika sudah klik Save and Get Code.
    Membuat Google Custom Search Engine Pada Blogspot 3
  5. lalu akan muncul script yang harus di copy, sebelumnya pilih dahulu Search Results Details. Masukkan URL page yang telah dibuat dilangkah pertama misal http://www.adamhabhab.blogspot.com/p/pencarian.html. Lalu klik save.
  6. Lalu copy script tersebut dan letakkan pada blog kamu. Caranya seperti menambahkan widget. Pilih mode HTML/Java Scirpt dan simpan, lalu letakkan widget tersebut sesuai yang kamu inginkan. Saran saya taruh saja di sidebar.

Langkah terakhir yaitu membuat halaman hasil pencariannya. Langkahnya cukup mudah yaitu sebagai berikut

  1. Klik tombol Next: Get Code for search results yang terdapat dibawah script yang baru kamu copy. Lalu akan muncul baris script baru, copy semuanya.
    Membuat Google Custom Search Engine Pada Blogspot 4
  2. Lalu buka page Pencarian yang baru dibuat di langkah yang pertama. Pilih edit dan ubah mode compose menjadi mode html. Paste script tersebut kedalamnya.

Sampai disini kamu telah sukses Membuat Google Custom Search Engine pada blog kamu. Kamu bisa test searchbox tersebut dan hasil pencariannya akan seperti tampilan pencarian Google. Jika terdapat kesulitan tulis saja di komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.