Beranda Tutorial Cara Mudah Membuat Blog WordPress Self Hosting Gratis

Cara Mudah Membuat Blog WordPress Self Hosting Gratis

1
Cara Mudah Membuat Blog Wordpress Self Hosting Gratis

Buat temen-temen yang ingin memulai belajar membuat blog dengan platform WordPress self hosting, tidak ada salahnya memulai dengan yang gratis. Karena pada dasarnya membuat blog WordPress (wordpress.org) yang keren membutuhkan yang namanya Hosting dan Domain. Dan perlu digaris bawahi,  berlangganan hosting dan domain itu berbayar (tentunya tidak murah). Namun dibalik yang berbayar, tentunya pasti ada yang gratis 🙂

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mendapatkan hosting gratis, domain gratis serta cara install WordPress dengan sangat mudah. Oke daripada basa-basi langsung saja simak tutorial berikut.

Langkah-langkah Membuat Website WordPress Self-Hosting Gratis

1. Mendapatkan Domain Gratis

Domain ini nantinya akan kita gunakan sebagai alamat website sehingga websitemu dapat diakses melalui web browser. Contohnya seperti google.com, facebook.com, dll. Nah, satu-satunya penyedia domain gratis untuk saat ini adalah Freenom. Kamu bisa mendapatkan ekstensi domain .GA, .CF, .ML, .TK dan .GQ. Dari sekian ekstensi kamu bisa mendapatkannya secara gratis hingga setahun loh. Jika masih kurang kamu masih bisa perpanjang dengan gratis juga.

Nah untuk cara mendapatkannya sangat mudah. Dalam memilih domain, usahakan untuk menggunakan nama yang unik dan mudah diingat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video pendek cara mendapatkan domain gratis berikut ini.

Nah demikian cara mendapatkan domain gratis dari freenom. Jika kamu ingin mendapatkan ekstensi domain TLD seperti .com, .net atau .org maka kamu harus membayar sekitar 115-130 ribu pertahunnya. Namun jika ingin mendapatkan .com dengan harga murah pantengin saja Fans Page blog ini. Disana akan diupdate mengenai info domain murah dan gratis lainnya.

2. Mendapatkan Hosting Gratis

Nah jika sudah sukses mendapatkan domain langkah selanjutnya yaitu mendapatkan hosting. Untuk saat ini sebenarnya banyak website penyedia web hosting gratis. Misalnya seperti Viewen, 000webshost, dll. Disini saya akan memberikan tutorial mendapatkan hosting gratis dari 000webhost. Simak video berikut untuk mendapatkan hosting gratis.

Sampai disini kamu sudah sukses mendapatkan hosting gratis dari 000webhost. Namun hosting tersebut hanya bisa diakses melalui subdomain ghugel.000webhost.com. Yaa kalau dilihat-lihat sepintas seperti kurang profesional bukan? Untuk itu hosting ghugel.000webhost.com akan kita kaitkan dengan domain ghugel.ga yang telah didaftarkan pada langkah pertama.

3. Mengaitkan Hosting ke Domain

Nah untuk mengaitkan hosting dari 000webhost dengan domain, maka kita harus mengganti nameserver pada dashboard domain. Bagaimana caranya? Simak tutorial berikut.

4. Menginstall WordPress

Setelah selesai mengaitkan domain dengan hosting gratis dari 00webhost maka kamu sudah bisa mengakses domain tersebut melalui web browser. Nah langkah selanjutnya yaitu install WordPress sehingga nantinya ketika kamu mengetikkan nama domainmu maka yang keluar adalah blog wordpressmu. Untuk tutorialnya silahkan simak video berikut

Nah demikian cara install wordpress self hosting secara gratis. Mulai dari mendapatkan domain, hosting, lalu mengaitkan antara keduanya. Nah setelah mempunyai WordPress, lalu apa saja yang bisa dilakukan? Banyak sekali, mulai dari membuat blog pribadi, blog UKM atau toko online, landing page. Tentu saja beberapa tutorialnya dapat kamu temukan didalam blog ini.

Tapi perlu digaris bawahi temen-temen, sesuatu yang gratisan tentu saja memiliki kekurangan. Termasuk juga dengan hosting. Hampir semua free hosting tidak memberikan bantuan support dan garansi ketika terjadi masalah. Untuk itu, jika kamu benar-benar serius dalam mengelola website (WordPress), pastikan kamu menggunakan Hosting Premium. Yaa meskipun berbayar, sebanding lah dengan apa yang akan kita dapat. Lagipula saat ini harga hosting premium juga sangat amat terjangkau. Percaya deh 🙂

Lalu bagaimana Cara Install WordPress di hosting premium?

Mudah banget temen-temen, cukup ikuti langkah-langkah didalam Panduan Instalasi WordPress Hostinger. Tinggal klik-klik, jadi deh WordPress. Jika kamu menemui kesulitan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar yaa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here