Beranda FYI Memasang Table of Content di Dalam Artikel Blog

Memasang Table of Content di Dalam Artikel Blog

0
Memasang Table of Content di Dalam Artikel Blog

Sudah pada tau Table of Content belum? Table of Content atau ToC atau biasa disebut juga daftar isi yang berisi list atau daftar dari subjudul dalam sebuah artikel. Biasanya diletakkan dipaling awal suatu artikel. Gunanya untuk apa? yang jelas untuk mempermudah pembaca dalam menuju informasi yang mereka butuhkan.

Kalo bagi mahasiswa, ToC ini biasa mereka gunakan didalam daftar isi pada skripsi atau makalah di Ms. Word. Namun tahukah kamu, ToC ini juga bisa kita integrasikan kedalam WordPress maupun Blogspot lho. Jadi buat temen-temen yang isi artikelnya mirip skripsi (panjang banget yak) bisa cobain pasang tabel of content kedalamnya. Dengan begitu pengunjung akan semakin mudah dalam menjangkau suatu informasi tanpa harus membaca keseluruhan isi artikel. Gaperlu capek-capek scroll, tinggal klik langsung diarahkan ke subjudul tujuan. Gabuang-buang waktu bukan?

Oiya, selain memudahkan pengunjung, ToC juga berpengaruh terhadap nilai SEO suatu website lho. FYI aja nih temen-temen, Google akan menambahkan link Jump to ketika artikel yang berisi ToC telah terindeks di SERP. Contohnya seperti ini.

jumptosection

Jadi ketika link tersebut diklik, maka pengunjung akan langsung dibawa pada subjudul tujuan. Keren bukan?

Cara Memasang Table of Content di Blog

Berbahagialah bagi pengguna WordPress, saat ini sudah ada plugin yang akan memudahkan kita dalam mengintegrasikan table of content kedalam artikel WordPress. Jadi tinggal install dan aktifkan saja plugin Easy Table of Content.

Memasang Table of Content di Dalam Artikel Blog

Plugin tersebut secara otomatis akan menggenerate table of content pada artikel-artikel yang memliki heading tag. Contohnya H1, H2, H3, H4, dst. Jika tidak, maka jangan harap akan muncul ToC didalam artikelmu.

Oiya, kamu juga bisa mengatur tampilan, warna, lokasi, serta ukuran ToC pada menu Settings ยป Table of Contents.

Demikian cara memasang table of content pada artikel blog. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.