Beranda FYI Update: Kumpulan Control Panel VPS Gratis Alternatif Serverpilot

Update: Kumpulan Control Panel VPS Gratis Alternatif Serverpilot

10
Kumpulan Control Panel VPS Gratis Alternatif Serverpilot

Kumpulan Control Panel VPS Gratis Alternatif Serverpilot – Beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 10 Juli 2018, Serverpilot yang notabene SaaS (software as a service) terbaik dan termudah untuk urusan manage VPS (menurut saya) ternyata sudah menutup versi gratisnya. Udah gaada lagi free plan dan plan-plan lainnya, sekarang sudah digantikan dengan economy plan.

Jadi buat temen-temen yang ingin mencicipi fitur dari serverpilot ini kedepannya udah ga gratis lagi. Kalian kudu membayar sebesar $5/server/bulan. Ditambah lagi untuk tiap apps yang kalian buat, ditagih sebesar $0.5. Kalau diitung-itung jatuhnya mahal juga sih, apalagi bagi mahasiswa kayak saya ūüėÄ

Untuk itu, sebagai sesama pecinta gratisan, disini saya akan berbagi beberapa control panel VPS gratis (based open source) yang mana dapat kita manfaatkan sebagai alternatif serverpilot. Langsung saja daripada lama-lama, berikut telah saya rangkum beberapa control panel maupun non panel gratis untuk manage VPS yang paling rekomended.

Daftar Control Panel VPS Gratis Terbaik

1. CyberPanel

Control panel pertama yang akan saya bahas disini adalah CyberPanel. Jadi FYI aja nih temen-temen, CyberPanel ini merupakan salah satu atau mungkin satu-satunya panel manajemen VPS gratis berbasis Open Litespeed (OLS). Desain tampilannya yang cukup modern dan user friendly menjadikan panel ini seketika diminati banyak orang di awal peluncurannya. Didalamnya terdapat berbagai macam fitur untuk kebutuhan sysadmin, seperti halnya litespeed cache, multiple PHP, Mail Server, DNS Server, Auto SSL, Backup dan restore, Firewall, File Manager, auto install WordPress dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Install CyberPanel di VPS Google Cloud Platform

2. VestaCP

VestaCP, salah satu control panel VPS gratis dengan user cukup banyak. Memiliki fitur yang terbilang overkill (menurut saya) dalam manajemen server. Ditambah lagi adanya dukungan multibahasa termasuk bahasa Indonesia menjadikan control panel gratis yang satu ini cukup populer di Indonesia. VestaCP dapat diinstall di Debian 7, Centos 5, Centos 6, RHEL 5, RHEL 6 , Ubuntu 12.04, Ubuntu 12.10, Ubuntu 13.04, Ubuntu 13.10, dan Ubuntu 14.04. FYI aja nih, VestaCP merupakan control panel VPS yang saya gunakan pertama kali sebelum akhirnya beralih menggunakan Serverpilot.

3. Centos Web Panel

Selanjutnya yaitu Centos Web Panel atau biasa disingkat CWP. Salah satu control panel VPS yang memiliki beberapa fitur mirip di cPanel. Sebut saja seperti Softaculous, CSF, dan menariknya di CWP ini juga tersedia fitur cPanel converter dimana pengguna dapat memindahkan/migrasi web berbasis cPanel ke CWP dengan mudah. Selain itu CWP ini juga terkenal dengan penggunaan RAM yang cukup irit.

4. Webuzo

Webuzo adalah kontrol panel VPS yang memiliki segudang fitur yang tak kalah overkill. Salah satu keunggulan Webuzo adalah, didalamnya terdapat 200+ aplikasi dan skrip berbasis server siap install. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot mengetikkan berbagai macam command untuk mengaktifkan atau menginstall aplikasi. Cukup dengan beberapa kali klik saja semua sudah beres dan siap digunakan. Bisa dibilang, Webuzo merupakan versi gratis dari cPanel.

5. VPSSIM

Selanjutnya yaitu VPSSIM. Salah satu aplikasi karya dari developer Vietnam yang berguna untuk manage VPS. Didalamnya terdapat berbagai macam fitur yang cukup lengkap untuk kebutuhan web hosting. VPSSIM berbeda dengan keempat control panel yang telah saya sebutkan diatas, dimana VPSSIM menggunakan CLI (Command-Line Interface) sehingga bisa dipastikan VPSSIM ini lebih ringan dan irit RAM daripada panel-panel diatas.

Baca juga: Cara Install VPSSIM Terbaru

6. EasyEngine

Hampir sama seperti VPSSIM, EasyEngine atau biasa disebut EE adalah salah satu tool untuk manage VPS yang dikhususkan untuk pengguna WordPress. EE ini bisa dibilang sebagai autoinstaller LEMP + WordPress di VPS. Dengan mengetikkan beberapa baris command dari EE, VPS kita akan langsung terinstall Nginx webserver, MySQL, PHP, WordPress dan juga SSL Let’s Encrypt. Selain itu terdapat berbagai pilihan cache yang dapat kita gunakan didalam EE ini. Seperti redis, Nginx cache, W3 Total Cache, dll.

Baca juga: Cara Install EasyEngine di VPS

7. ZesleCP

Jadi ZesleCP ini salah satu control panel gratis untuk manajemen VPS yang direkomendasikan oleh agan Aris Ripandi melalui kolom komentar. Yaa meskipun saya pribadi belum sempat nyoba, namun tampilan dari ZesleCP ini sangat menarik. Desainnya cukup modern dan user friendly, ditambah lagi fiturnya yang tak kalah overkill dibanding panel-panel yang telah saya sebutkan diatas, kayaknya panel yang satu ini emang layak masuk jajaran alternatif serverpilot. Yaa ditunggu saja, next time saya bikinin tutorial install dan review ZesleCP ini.

Demikian kumpulan control panel yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan dalam manajemen VPS. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

10 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here