Beranda SSL Install SSL Let’s Encrypt di ServerPilot Gratis

Install SSL Let’s Encrypt di ServerPilot Gratis

6
ssl serverpilot

Artikel kali ini merupakan artikel lanjutan dari post saya sebelumnya yang berjudul Cara Install WordPress di VPS Google Cloud Platform menggunakan ServerPilot. Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa WordPress yang telah terinstall di ServerPilot secara default hanya dapat diakses dengan menggunakan HTTP saja. Jadi belum bisa diakses dengan menggunakan SSL (HTTPS). Untuk dapat diakses dengan HTTPS ada 2 metode yang bisa kamu coba, yaitu menggunakan cara mudah (berbayar) dan cara ribet (gratis). Tinggal disesuaikan saja dengan kantong masing-masing 😀

Kalo saya pribadi menggunakan cara ribet untuk menginstall SSL pada blog ini. Yaa meskipun saya sebut cara ribet sebenernya caranya sangat amat mudah. Kamu hanya perlu menjalankan beberapa baris command untuk dapat menginstall SSL pada domainmu. Tertarik mencobanya? Silahkan simak tutorial berikut.

Menginstall SSL (HTTPS) Pada ServerPilot

Metode 1: Upgrade ke Coach / Business Plan

Nah untuk kamu yang gamau ribet otak atik VPS lagi, bisa menggunakan metode yang satu ini. Kamu hanya perlu upgrade akunmu yang semula Free Plan ke Coach atau Business Plan (bayar ya gaes). Nantinya kamu hanya perlu 1 click install pada dashboard ServerPilot untuk bisa mengaktifkan SSL pada domainmu.

ssl serverpilot

Metode 2: Install Manual SSL Let’s Encrypt

Nah untuk kamu yang lagi seret atau gamau mengeluarkan uang berlebih buat install SSL pada ServerPilot, tenang.. Masih ada cara gratisan. Caranya cukup mudah, masuk sebagai root (sudo -s) lalu copy paste command berikut pada terminal SSH VPSmu.

cd /usr/local/bin && wget https://raw.githubusercontent.com/lesaff/serverpilot-letsencrypt/master/sple.sh

Jangan lupa jalankan perintah berikut agar command diatas executable.

sudo chmod +x sple.sh

Lalu ketik command sple.sh pada terminalmu. Setelah itu tinggal isi seluruh pertanyaan yang diberikan.

Jika sudah terisi dengan benar, maka kamu akan sukses menginstall SSL Let’s Encrypt pada domainmu.

ssl serverpilot

Meskipun SSL Let’s Encrypt ini gratis namun tetap akan expired dalam jangka waktu 90 hari kedepan. Nah untuk menjalankan renewal/pembaruan secara otomatis kita bisa memanfaatkan fitur cron. Caranya sebagai berikut

Buka cron

crontab -e

Lalu akan muncul beberapa opsi. Pilih saja nomor 2. Setelah itu paste script berikut kedalamnya.

Ubuntu 14.04

0 */12 * * * /usr/local/bin/certbot-auto renew --quiet --no-self-upgrade --post-hook "service nginx-sp reload"

Ubuntu 16.04

0 */12 * * * letsencrypt renew && service nginx-sp reload

Lalu save.

Demikian cara install SSL pada ServerPilot. Untuk kedua metode diatas sebenarnya sama saja karena keduanya juga sama-sama legal. Jika ingin cepat tanpa ribet tinggal upgrade plan (berbayar), namun jika ingin gratis bisa mencoba install SSL secara manual. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

6 KOMENTAR

  1. Saya sudah ikuti tutorialnya Mas, cuma setelah install kok malah BLognya gak bisa diakses ya? Keluar tulisan: Connection refused

    O iya, waktu bukan cron (crontab -e) itu apakah kita tutup dulu terminal SSHnya terus buka lagi? Atau langsung aja kita ketikkan setelah mengisi pertanyaan-pertanyaannya Mas?

  2. Mas, untuk Ubuntu versi 18.04, perintah Cronnya seperti apa ya? apakah sama dengan yang versi 16.04 seperti ini:
    0 */12 * * * letsencrypt renew && service nginx-sp reload

    Terima Kasih sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here