Beranda FYI Hurricanes Electric, Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik

Hurricanes Electric, Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik

0
Hurricanes Electric, Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik

Jika kamu membeli domain (tanpa hosting), ada beberapa registrar yang hanya memberikan akses pengaturan nameserver saja. Jadi tidak ada pengaturan untuk menambahkan A record, MX record, TXT record, dll pada domain. Hal ini akan menyulitkan jika kita ingin melakukan penambahan records. Misalnya untuk custom domain blogspot, membuat email custom domain, dll. Untuk itulah diperlukan yang namanya DNS hosting, yaitu untuk mengkonfigurasi segala kebutuhan DNS pada domainmu.

Nah, beruntung sekali saat ini masih ada layanan DNS hosting gratis yang hingga sekarang masih beroperasi. Namanya Hurricanes Electric. Sudah pernah mendengar Hurricanes Electric? Yap, Hurricanes Electric atau biasa disebut HE adalah website penyedia layanan DNS hosting gratis. Jadi HE ini bisa kita manfaatkan untuk menambahkan DNS record pada domain.

Kenapa Harus Hurricanes Electric?

Selain gratis masih ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan HE. Berikut adalah hasil benchmark dari berbagai layanan DNS pada bulan November 2017 mulai dari yang gratis hingga premium (berbayar).

dns comparison
Source: SolveDNS

Terlihat bahwa hasil kecepatan dari HE ini lebih baik daripada DNS berbayar lainnya. Yaitu hanya 6,67 milisecond. Terpaut sedikit dari hasil benchmark CloudFlare yang sama-sama menyediakan DNS hosting gratis. Selain itu hasil benchmark HE juga jauh diatas dari raksasa Google yang mendapatkan skor 47 detik. Keren juga ya HE ini, hehe 😀

Cara Mendapatkan DNS Hurricanes Electric

Untuk mendapatkannya layanan DNS gratis dari HE, silahkan buka terlebih dahulu halaman DNS HE. Register untuk mendapatkan akun HE. Kemudian login.

Jika sudah, tambahkan domain yang ingin disetting DNS nya. Jangan lupa untuk mengganti nameserver domain dengan nameserver dari HE.

  • ns1.he.net
  • ns2.he.net
  • ns3.he.net
  • ns4.he.net
  • ns5.he.net

Hurricanes Electric, Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik

Setelah itu tunggu hingga proses propagasi selesai. Untuk mengetes apakah domainnya sudah terpropagasi dengan HE atau belum tinggal klik saja tombol Check Delegation.

Hurricanes Electric, Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik

Jika sudah terpropagasi sempurna, klik icon yang saya tandai untuk memulai menambahkan DNS records.

Hurricanes Electric, Layanan DNS Hosting Gratis Terbaik

Done.

Perlu diketahui, maksimal domain yang bisa kamu manage pada DNS HE ini adalah 50 domain. Tapi menurut saya, 50 domain sudah lebih dari cukup, apalagi jika digunakan perseorangan seperti saya.

Demikian cara mendapatkan layanan DNS gratis dari Hurricanes Electric. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.