Beranda FYI Pengalaman: Dapet Free Trial Google Cloud Platform Senilai 300$

Pengalaman: Dapet Free Trial Google Cloud Platform Senilai 300$

23
Dapet Free Trial Google Cloud Paltform Senilai 300$

Singkat cerita, beberapa saat yang lalu ketika masih menggunakan shared hosting, blog ini mengalami down, sering sekali hilang koneksi ke database. Meskipun hanya sebentar, hal ini sedikit menggangu saya, terlebih lagi ketika melakukan backup mingguan, rasanya untuk menjalankan sekali backup butuh waktu hingga hampir sejam. Ladalah, lama banget yak untuk seukuran blog kayak gini hehe.

Hingga akhirnya teman saya di Facebook menyarankan untuk pindah hosting atau menggunakan VPS. Cari cari cari, tanya sana tanya sini dapet deh rekomendasi untuk menggunakan yang namanya Google Cloud Platform. Mulai deh browsing mencari info mengenai si Google Cloud ini.

Baru searching di Google, saya sudah dibuat salfok. Bagaimana tidak, di hasil pencarian paling atas, Google memberikan free trial sebesar $300 bagi yang pertama kali menggunakan Google Cloud Platform. Free trial senilai lebih dari 4 juta??? Parah nih si Google, kebanyakan duit kali ya hehe.

Dapet Free Trial 12 Bulan Google Cloud Paltform Senilai 300$

Bukan lelucon semata, Google benar-benar memberikan trial kepada siapa saja yang baru menggunakan Google Cloud pertama kali. Ga tanggung-tanggung, $300 tersebut bisa digunakan untuk belanja berbagai produk yang disediakan di Google Cloud Platform dan akan expired hingga 12 bulan kedepan. Edan.

Sedikit informasi nih temen-temen, Google Cloud Platform atau biasa disingkat GCP merupakan produk unggulan dari Google yang menyediakan berbagai kebutuhan server, seperti apps engine, virtual machine, CDN, DNS premium, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya bisa cek langsung halaman GCP disini.

Cara Mendapatkan Free Trial dari Google Cloud Platform

Untuk mendapatkan trial dari GCP ini, caranya sangat-sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi halaman berikut untuk register akun Google Cloud.

Login menggunakan akun Google lalu isi form yang disediakan dengan data dirimu dan jangan lupa cantumkan kartu debit/kredit yang masih aktif. Jika belum punya, gunakan kartu debit Jenius, tutorialnya ada disini. Gratis.

Pastikan di kartu debit/kredit ada saldo sebesar 15ribu, karena nanti akan dipotong untuk kebutuhan verifikasi Google. Tapi tenang saja, dibalikin lagi kok sama Google hehe.

Yang terakhir klik Start My Free Trial. Secara otomatis credit senilai $300 akan masuk ke akunmu dan siap digunakan. Mudah sekali bukan?

Cara Mendapatkan Free Trial dari Google Cloud Platform

Nah demikian pengalaman saya mendapatkan free trial senilai $300 dari Google Cloud Platform. Semoga bermanfaat.

Tambahan: apakah Google Cloud Platform bisa digunakan untuk menjalankan WordPress?

Wah tentu saja bisa, buktinya saat ini muhammadroyyan.com menggunakan layanan dari Google Cloud sebagai server. Sama seperti VPS pada umumnya, GCP bisa digunakan untuk menjalankan WordPress, tentunya dengan beberapa setting khusus seperti menginstall terlebih dahulu webserver, PHP, mysql dll. Untuk kedepannya akan saya publish tutorial WordPress menggunakan GCP ini. Stay tune karena masih banyak yang akan kita explore wehehe.

Update!!!

Untuk tutorial install WordPress di VPS Google Cloud Platform bisa cek disini » Cara Install WordPress di VPS Google Cloud Platform

Artikel Lainnya:

23 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here