Beranda FYI CyberPanel, Panel VPS Gratis Menggunakan Open Litespeed

CyberPanel, Panel VPS Gratis Menggunakan Open Litespeed

0
CyberPanel, Panel VPS Gratis Menggunakan Open Litespeed

Jadi beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng mencoba salah satu panel gratis berbasis open litespeed webserver. Yap, namanya adalah CyberPanel. Jadi uniknya CyberPanel ini tidak menggunakan Apache maupun Nginx sebagai webserver, melainkan menggunakan Open Litespeed. Keren bukan? Seperti yang telah kita ketahui, litespeed webserver sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya sebagai webserver tercepat. Meskipun hanya sekedar open litespeed, yang mana merupakan versi gratis dari Litespeed (kalau yang berbayar litespeed enterprise).

Oke terlepas dari itu disini kita akan membahas lebih dekat tentang apa itu Cyberpanel serta apa saja fitur-fitur yang ditawarkan. Cekidot.

Apasih Cyberpanel Itu?

Mungkin saat ini belum banyak orang yang mengetahui Cyberpanel karena panel VPS yang satu ini baru diperkenalkan ke publik di awal tahun 2018. Jadi untuk yang belum tahu, CyberPanel merupakan salah satu web panel yang berfungsi untuk manajemen VPS. Dalam hal ini fungsinya hampir sama seperti cPanel, Plesk, VestaCP, Webuzo, dll yaitu untuk mempermudah dalam menjalankan/memanajemen VPS.

FYI aja nih temen-temen, jika panel-panel VPS untuk saat ini masih menggunakan Apache dan Nginx sebagai webserver bawaan, berbeda halnya dengan CyberPanel yang menggunakan webserver open litespeed (OLS). Hal ini cukup menggembirakan karena sebelumnya belum ada panel gratis yang menggunakan OLS, dan bisa jadi CyberPanel ini satu-satunya. Nambah lagi kan alternatif panel VPS gratis.

Fitur-fitur CyberPanel

CyberPanel, Panel VPS Gratis Menggunakan Open Litespeed

CyberPanel ini bisa dibilang paket lengkap untuk sysadmin, mulai dari installasi webserver hingga mailserver semuanya sudah serba otomatis. Selain itu CyberPanel juga di sertai control panel yang dirancang khusus untuk memudahkan dalam memanage VPS kita.

Nah, pasti temen-temen penasaran bukan apa saja fitur-fitur yang ditawarkan CyberPanel. Cekidot:

1. OpenLiteSpeed
OpenLiteSpeed is a high-performance, lightweight, open source HTTP Server.

2. LiteSpeed Cache
OpenLiteSpeed comes with cache module, using which you can make your websites much more faster. LiteSpeed WordPress cache plugin can be installed to enable caching out of the box.

3. Multiple PHP
LiteSpeed has its own LSAPI which greatly enhances PHP performance to the next level. Choose from multiple PHPs for your site.

Fitur Tambahan CyberPanel

  1. Mail Server
  2. DNS Server
  3. Auto SSL
  4. Multiple PHP
  5. Backup
  6. Firewall
  7. File Manager

Selain itu CyberPanel juga terdapat fitur auto install wordpress yang dilengkapi dengan plugin LS cache, dimana plugin cache ini mampu untuk mengoptimalkan kecepatan loading suatu website. Jadi buat temen-temen blogger, sepertinya panel ini cocok banget dipakai produksi. Gaperlu ribet ngurusin command-command linux, sehingga bisa fokus bikin konten.

Demikian ulasan singkat mengenai panel VPS gratis CyberPanel. Yang pasti dengan munculnya CyberPanel baru-baru ini tidak akan lepas dari yang namanya bug. Jadi buat temen-temen yang sudah menjajal kinerja dari CyberPanel tidak ada salahnya untuk memberikan feedback terhadap developer. Karena saya yakin panel ini memiliki kelebihan dan mampu bersaing dengan panel-panel premium lainnya.

Dan satu lagi, sebagai tambahan, buat temen-temen yang penasaran gimana cara installnya mungkin pada artikel selanjutnya akan saya buatkan tutornya. Jadi berlangganan dulu saja. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here