Beranda Tutorial Membuat Custom URL Shortener Gratis Dengan Domain Sendiri

Membuat Custom URL Shortener Gratis Dengan Domain Sendiri

0
Membuat Custom URL Shortener Gratis Dengan Domain Sendiri

Oke kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara membuat url shortener dengan menggunakan domain sendiri. Sebagai informasi saja, url shortener yang akan kita buat ini nantinya tidak bisa menghasilkan uang layaknya seperti adf.ly, safelinku, dsb. Melainkan hanya sebagai pemendek url yang semula panjang menjadi lebih ringkas dan mudah diingat. Selain itu, url shortener ini akan meredirect ke halaman yang telah ditentukan sebelumnya. Jadi nantinya url yang telah dipendekkan kurang lebih akan menjadi seperti berikut: domainmu.tld/go/blablabla. Sebagai contohnya, berikut saya cantumkan salah satu url yang telah sukses saya pendekkan, contoh: https://muhammadroyyan.com/go/upcloud.

Jika kamu sedang menggeluti program afiliasi, maka memasang url shortener pada blogmu sangat amat dianjurkan. Url afiliasi yang memiliki ekor berantakan tentu akan membuat orang lain yang ingin melakukan klik menjadi pikir-pikir 2x. Selain itu, kebanyakan orang enggan untuk melakukan klik jika sebelumnya sudah tau kalau linknya adalah link referal. Mereka lebih memilih mendaftar di websitenya secara langsung daripada melalui referal.

Untuk itu, jika kamu memiliki banyak sekali link referal maka tidak ada salahnya untuk membuat url shortener dengan domain milik sendiri. Selain membuat hasilnya terlihat rapi tentu saja akan meningkatkan jumlah klik pada link afiliasi.

Lalu bagaimana cara membuat url shortener pada domain sendiri? Simak langkah-langkahnya berikut. Cekidot.

Membuat URL Shortener dengan Domain Sendiri

Nah, langkah pertama pastikan kamu telah menginstall dan mengaktifkan plugin Go Redirects URL Forwarder. Jika sudah, silahkan masuk ke halaman pengaturan plugin ini. Caranya buka menu Redirects » Add new pada dashboard WordPressmu.

Didalamnya akan muncul 2 kolom isian seperti pada gambar berikut.

cara membuat url shortener gratis dengan menggunakan domain sendiri

Tinggal masukkan nama pada kolom yang pertama dan masukkan URL afiliasi/tujuan didalam kolom yang kedua. Setelah itu klik publish. Selesai. Kini kamu bisa membagikan short url yang telah jadi ke teman-temanmu.

Demikian cara membuat url shortener gratis dengan menggunakan domain sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here