Beranda Tips Cara Memasang Custom Domain Pada Blogspot

Cara Memasang Custom Domain Pada Blogspot

0
Custom domain blogspot
Agen Bola

Artikel kali ini akan saya jelaskan mengenai Cara Mudah Mengganti Blogspot.com Dengan Domain Sendiri. Tips ini saya tujukan terutama untuk kalangan pemula yang bermasalah dengan URL blogspot yang kepanjangan, bosan dengan URL blog yang itu itu aja, ingin menghilangkan embel-embel blogspot.com ataupun yang ingin belajar lebih dalam mengenai blog.

Keuntungan Menggunakan Custom Domain

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika memasang custom domain. Yang pasti, dengan hilangnya embel-embel blogspot.com akan membuat URL blog terlihat lebih pendek. Hal tersebut otomatis membuat blog kita mudah diingat. Selain itu memasang custom domain pada blog akan membuat blog terlihat lebih profesional. Dan yang terakhir, percaya atau tidak, memasang custom domain akan membuat kita lebih tekun untuk mengurus blog.

Mendaftarkan Nama Domain

Untuk memasang custom domain, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah punya domain. Kalau belum punya kamu bisa mendaftarkan nama domain yang akan kamu gunakan ke salah satu jasa penyedia nama domain. Salah satunya adalah RumahWeb. Untuk mendapatkan domain yang kamu inginkan yaitu dengan menuju https://order.rumahweb.com. Tentunya dengan membayar biaya untuk berlangganan selama setahun. Untuk kamu yang ga pengen keluar duit buat beli domain, bisa mengunjungi Freenom.

Memasang Custom Domain

  1. Masuk ke dashboard Blogger
  2. Klik settings ⇒ Pilih +Setup a 3rd party URL for your blog
  3. Isi dengan domain kamu lalu tekan save. Maka akan muncul warning seperti dibawah ini. Biarkan saja dan copy kode yang saya tandai.
  4. Tinggalkan dulu blognya lalu login ke client area domain kamu. Disini saya menggunakan RumahWeb. Tampilan tiap clientarea mungkin berbeda namun intinya sama.
  5. Pilih domain kamu ⇒ Kelola Domain ⇒ Managed DNS
  6. Jika terdapat tombol start/update, klik saja sampai muncul “Domain DNS Nameserver updated successfully“. Lalu kamu baru bisa menuju step selanjutnya.
  7. Lalu pilih Setting Blogspot. Tunggu hingga proses selesai. Biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama.
  8. Jika sudah, klik Add New Record
  9. Lalu ganti Record Type menjadi CNAME
  10. Isi sesuai kode yang sudah kamu dapatkan di blogger tadi. Sehingga akan terlihat seperti ini.
  11. Lalu klik Add Record

Sampai disini proses pointing sudah selesai. Kamu hanya perlu kembali ke blogger dan klik Save. Jika masih muncul warning seperti diatas berarti masih masuk proses propagasi. Tunggu proses propagasi antara 1-24 jam.

Agen Bola

Jika sudah bisa di save, pilih edit lalu beri centang pada kotak redirect. Selesai, kini blog kamu telah sukses memasang custom domain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here