Beranda FYI Cek Skor SEO Blogmu dengan Audits Lighthouse

Cek Skor SEO Blogmu dengan Audits Lighthouse

0
Cek Skor SEO Blogmu dengan Audits Lighthouse

Buat temen-temen blogger jaman old pasti pernah bukan dihebohkan dengan website/tool pengukur skor SEO yang bernama chkme? Salah satu website untuk mengecek skor SEO dengan penilaian 1-100 (saat ini webnya udah tutup). Entah kenapa tool ini sangat dipercaya oleh para blogger jaman dulu, termasuk saya wakakaka. Bahkan tiap ada orang jualan template blogspot pasti nyantumin skor Chkme untuk meyakinkan calon pembeli kalau template itu bener-bener SEO.

Nah berhubung saat ini Chkme udah gabisa dibuka, gaperlu risau gaperlu galau. Masih ada alternatif lainnya yang lebih yahud. Saat ini ada lho tool serupa untuk mengecek skor SEO blogmu. Malah bisa jadi hasil testnya lebih komplit ketimbang Chkme. Yap, nama toolnya Audits Lighthouse.

Jadi Apasih Audits Lighthouse Itu?

Lighthouse adalah salah satu tool open source yang dikembangkan oleh developer Google. Fungsi utamanya sendiri adalah untuk menguji dan mengetest kualitas suatu laman web. Namun jangan salah, selain test performa, didalam lighthouse ini juga terdapat pengujian terhadap nilai SEO suatu laman web. Jadi dengan tool ini kita juga akan tau, apakah blog kita secara keseluruhan ini SEO atau tidak. Saya pikir hasil pengecekannya akan lebih relevan dan bisa dipercaya. Nah gimana, yang bikin toolnya aja Google 😀

Cara Menggunakan Audits Lighthouse

FYI aja nih temen-temen, ada 3 metode yang bisa kita lakukan untuk mengakses Lighthouse. Yaitu dengan menggunakan Inspect Element (Chrome), Extensi (Chrome), atau langsung saja menuju webnya.

1. Menggunakan Inspect Element

Beruntungnya bagi para pengguna Google Chrome Browser, Lighthouse sendiri sebenarnya sudah built ini pada Chrome versi 52 keatas. Jadi buat temen-temen pengguna Chrome browser versi terbaru, tinggal klik kanan pada halaman website/blog yang ingin di test lalu pilih Inspect Element » tab Audits » Perform an Audits » Run Audits.

Cek Skor SEO Blogmu dengan Audits Lighthouse

2. Menggunakan Ekstensi Lighthouse

Bagi temen-temen pengguna Chrome versi 52 kebawah tak usah khawatir. Lighthouse juga telah hadir dalam bentuk ekstensi yang bisa kamu install pada Chrome milikmu. Tenang saja, gratis 😀

Cek Skor SEO Blogmu dengan Audits Lighthouse

3. Menggunakan Website Lighthouse

Nah buat temen-temen yang pake browser lainnya seperti Firefox, UC Browser dll tetep bisa kok melakukan pengujian skor SEO menggunakan Audits Lighthouse. Yap, tinggal masuk saja ke website lighthouse disini. Tinggal masukkan URL website/blog yang ingin diuji lalu tekan enter.

Nah demikian tutorial untuk menguji skor SEO blogmu menggunakan Audits Lighthouse. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here