Beranda SEO Cara Pasang SSL HTTPS Gratis Dari Cloudflare

Cara Pasang SSL HTTPS Gratis Dari Cloudflare

17

Artikel kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara memasang SSL HTTPS gratis yang bisa jadi untuk selamanya. Bukannya blogspot sudah terdapat fitur HTTPS? Yap, namun hal tersebut tidak berlaku pada blog yang menggunakan custom domain. (Baca: Cara Memasang Custom Domain Pada Blogspot). SSL gratis ini bisa kamu dapatkan dari CloudFlare. Selain itu SSL ini bisa kamu pasang pada blog baik Blogspot maupun WordPress (self hosting). Sebelum memasang pada website kita, alangkah baiknya kita mengetahui lebih dalam apasih SSL itu.

Jadi Apasih SSL Itu?

SSL merupakan suatu sistem keamanan yang berfungsi untuk membuat seluruh aktivitas dalam suatu website atau apapun yang menggunakan fitur ini akan terenkripsi. Otomatis transmisi data yang dilakukan akan terjamin keamanannya. Kalau kamu masih bingung, sederhananya memasang SSL pada website berarti mengubah http menjadi https.

Manfaat Memasang SSL

Sudah pasti website atau apapun yang menggunakan fitur SSL ini akan lebih aman daripada yang tidak menggunakan SSL. Selain itu, memasang SSL akan membuat visitor menjadi lebih percaya pada suatu website. Apalagi pada website online shop atau website yang memerlukan login data. Mereka akan merasa data dan informasi penting mereka aman dan tidak bisa tercuri. Dan yang terakhir menggunakan SSL juga bisa mempercepat transfer data web kamu. CloudFlare mengklaim meskipun SSL gratis mereka menggunakan fitur CDN namun mengusung SPDY protocol yang memungkinkan proses transfer menjadi lebih cepat.

Tertarik menggunakan SSL? Berikut cara memasang SSL Cloudflare pada blogspot

Memasang SSL HTTPS

  1. Buka halaman Cloudflare. Lalu Login atau kalau kamu belum punya akun pilih daftar.
  2. Setelah login maka kamu akan dihadapkan halaman seperti ini, masukkan URL website/blog kamu.
  3. Klik Begin Scan, lalu Cloudflare akan melakukan scan Nameservers dan DNS kamu secara otomatis.
  4. Setelah selesai, klik continue dan pilih Free Plan.
  5. Setelah itu kamu akan diberi instruksi untuk mengubah nameservers.
  6. Masuk pada clientarea domain kamu dan ubah nameserver sesuai dengan instruksi. Tenang, selama masa pergantian nameserver, blog kamu tidak akan mengalami masalah kok.
  7. Setelah selesai, pilih menu Crypto (diatas), dan pilih flexible
  8. Selanjutnya pilih menu Create Rules(diatas), dan pilih Create Page Rules. Masukkan URL blog kamu dan add settings lalu atur menjadi Always Online
  9. Save

Sampai disini kamu telah berhasil menambahkan SSL pada blog kamu, tunggulah hingga proses SSL aktif antara 1-24 jam. Perlu kamu ketahui ada beberapa hal yang mungkin terjadi pada blog kamu setelah memasang SSL yaitu beberapa widget dan menu akan tidak berfungsi dengan baik atau malah hilang. Demikian Cara Pasang SSL HTTPS Gratis Dari Cloudflare. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Lainnya:

17 KOMENTAR

  1. Wah kami coba memasang SSL untuk situs Pak Tani Digital , mudah2an berhasil dan tidak terjadi masalah apa – apa.

    Terimakasih untuk tutorilanya, sangat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here