Beranda Google Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Cara Pasang Google Analytics di WordPress

0
Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Google Analytics adalah sebuah tools dari Google yang dapat kamu gunakan untuk tracking jumlah visitor pada web/blogmu. Tidak hanya itu, hasil tracking tersebut juga menunjukkan dari mana saja visitor berasal, device apa saja ynag digunakan, mayoritas gender yang mengunjungi blogmu, dan lain sebagainya. Yang paling penting, Google Analytics ini gratis, baik digunakan untuk kebutuhan komersil maupun individu. Blog muhammadroyyan.com juga pakai Google Analytics lho ­čśÇ

Nah untuk merasakan seluruh fitur yang ada pada Google Analytics, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun Google Analytics dan mendapatkan kode tracking. Nah kode tracking itulah yang nantinya dipasang pada WordPressmu. Oke, langsung saja simak langkah-langkah mendaftar Google Analytics berikut.

Mendaftar Google Analytics

Masuk ke halaman┬áGoogle Analytics. Lalu, Sign In┬ádengan akun Google mu. Saya yakin kamu sudah punya ­čśÇ Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman registrasi. Klik saja Sign Up disebelah kanan.

Mendaftar Google AnalyticsIsi formulir pendaftaran yang disediakan

Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Jika semua sudah lengkap klik tombol Get Tracking ID.

Sampai disini, kamu sudah berhasil membuat akun Google Analytics. Pada halaman selanjutnya kamu akan mendapatkan tracking code. Copy code tersebut dan simpan di notepad.

Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Memasang Kode Tracking Google Analytics ke Blog WordPress

Untuk memasang kode tracking Google Analytics pada WordPress sebenarnya sangat mudah. Tidak jarang theme-theme WordPress jaman now sudah menyediakan kolom untuk kode tracking Google Analytics. Seperti contohnya theme yang saat ini saya gunakan, Newspaper 8.5. Jadi tinggal dimasukkan saja kodenya dan tracking pengunjung secara otomatis akan berjalan.

Namun bagi temen-temen yang themenya tidak memilki fitur demikian, kalian bisa mencoba metode metode yang lainnya. Diantaranya adalah melalui file header.php, functions.php ataupun menggunakan plugin. Nah, berhubung saya penganut ajaran less is better (tidak suka menggunakan banyak plugin) jadi disini saya akan menggunakan metode header.php.

Agar kode tracking Google Analytics dapat bekerja, maka kamu harus meletakkan kode tracking tersebut di antara <header> dan </header>. Caranya cukup mudah, silahkan buka Appearance » Editor » header.php pada dashboard WordPressmu.

header

Selanjutnya, paste code tracking yang telah didapatkan sebelumnya setelah tag <head> atau sebelum tag </head>.

Dengan begitu kamu telah sukses untuk memasang kode tracking dari Google Analytics pada WordPressmu. Untuk mengecek hasil laporan dari Google Analytics dapat kamu lihat di website Google Analytics atau bisa menggunakan aplikasi Google Analytics. Harap dipahami, Google analytics dimuat tiap sehari sekali. Untuk itu kamu bisa melihat laporan hari ini pada keesokan harinya.

Demikian cara memasang Google Analytics pada WordPress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.