Beranda SEO Cara Mudah Submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools

Cara Mudah Submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools

2

Sebagai Blogger, agar artikel yang kita post dapat dibaca oleh pengunjung, penting bagi kita untuk mendaftarkan situs kita ke search engine atau peramban. Salah satu caranya adalah dengan submit sitemap atau peta situs. Ada banyak sekali peramban ternama saat ini. Beberapa diantaranya yaitu Bing, Yahoo, Yandex, dan Google. Untuk saat ini saya akan berbagi tutorial mengenai Cara Mudah Submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools.

Jadi apasih Google Webmaster Tools itu? Google Webmaster Tools adalah situs milik Google yang mana memiliki manfaat yang luar biasa bagi para Blogger. Didalamnya kita dapat memantau kondisi blog, mengetahui backlink yang mengarah pada blog, mengetahui error apa saja yang ada di dalam blog, mempercepat artikel kita di indeks oleh Google(muncul di pencarian Google), dll. Langsung saja daripada kebanyakan iklan, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

  1. Buka halaman Google Webmaster Tools dan masuk dengan akun Google
  2. Lalu klik tombol “Add Properties” di pojok kanan atas
  3. Isi dengan URL atau alamat blog kamu dan klik “Add”
  4. Selanjutnya kita diharuskan untuk menverifikasi website tersebut. Hal ini bertujuan agar Google mengetahui bahwa web tersebut benar-benar milik kita. Disini saya menggunakan metode HTML Tag.
    Klik dan akan muncul kode seperti ini :

    <meta name="google-site-verification" content="6C7SAbVAOS2RiNAzDFkxeUJt9Q_LVAqNpl1LRZI-p_U" />
  5. Copy kode tersebut dan letakkan tepat dibawah <head> template blog kamu. Atau jika kamu bingung kamu bisa klik “show me an example” sebagai contoh.
  6. Setelah itu klik verify.
  7. Setelah sukses terverifikasi, kamu akan diarahkan ke halaman berikut.
  8. Dengan ini kamu sukses mendaftarkan blog kamu di Google Webmaster Tools.

Belum selesai disini, setelah sukses mendaftarkan blog kamu, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah submit Sitemap/Peta Situs. Berikut langkah-langkahnya.

Submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools

  1. Masuk Google Webmaster Tools.
  2. Klik blog kamu lalu kamu akan diarahkan menuju Dashboard Search Console.
  3. Di sisi kanan pilih Crawl ⇒ Sitemap
  4. Lalu klik “Add/Test Sitemap” yang dapat kamu temukan di pojok kanan atas.
  5. Isi kolom kosong dengan sitemap.xml
  6. Klik Submit

Demikian tutorial mengenai Cara Mudah Submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools. Proses indeks Google memerlukan waktu 1-3 hari atau bahkan lebih. Sembari menunggu artikel kamu terindeks, kamu bisa membuat post seperti biasanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Disclaimer

Penyampaian hal-hal yang berkenaan dengan konten, hak cipta, kerja sama, periklanan, kritik, saran ataupun pertanyaan bisa menghubungi saya melalui email berikut.



2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here