Beranda Tips Cara Mudah Meningkatkan Score WordPress di GTMetrix

Cara Mudah Meningkatkan Score WordPress di GTMetrix

0

Pernah mencoba cek website kamu di GTMetrix? Bagaimana hasilnya? FYI nih, GTMetrix merupakan suatu website yang memberikan informasi mengenai kecepatan loading website, yslow, dll. Selain itu GTMetrix juga memberikan solusi untuk meningkatkan performa website kita.

Dalam hal ini GTMetrix memberikan score A untuk penilaian terbaik dan F untuk yang paling buruk. Nah jika kamu mendapat score yang kurang bagus, jangan khawatir, disini saya akan membagikan tips agar website kamu mendapat score A, atau paling tidak website kamu dapat di load lebih cepat dari biasanya. Mengingat kecepatan load website merupakan poin penting yang perlu ditingkatkan agar visitor tidak merasa terganggu.

Cara Meningkatkan Score GTMetrix

gtmetrix

Tips ini bukan berasal dari blog sebelah ataupun dari forum-forum wordpress diluar sana, melainkan beberapa eksperimen yang telah saya lakukan sendiri. Untuk hasilnya kamu bisa melihat score GTmetrix website ini melalui gambar diatas. Hingga artikel ini diturunkan score GTMetrix dari website muhammadroyyan.com adalah A untuk PageSpeed Score dan B untuk YSlow Score. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat kamu coba untuk meningkatkan score GTMetrix websitemu.

1. Pemilihan Plugin

Menggunakan plugin yang terlalu banyak dapat memberatkan kinerja suatu website. Selain itu terlalu banyak plugin juga akan membuat resource hosting cepat mencapai limit. Jika dibiarkan terus menerus hal ini dapat menyebabkan akun hosting kita disuspend.

Adapun plugin yang saya gunakan saat ini sekaligus yang saya rekomendasikan untuk meningkatkan performa dan kecepatan WordPress adalah Plugin tagDiv Speed Booster (yang ini bawaan theme), WP Minify Fix (yang ini untuk meminify JS, CSS, HTML), WP Smush (yang ini untuk mengkompres size gambar jpg, png, dll), WP Super Cache (yang ini untuk caching).

2. Penggunaan CDN

CDN sendiri merupakan sekumpulan server yang tersebar di seluruh belahan dunia yang berfungsi untuk memberikan akses lebih cepat melalui server terdekat dibanding dengan mengakses content dari server utama. CDN yang saya gunakan ada CDN dari Cloudflare dengan free plan alias gratis. Tentunya kamu juga bisa mendapatkan fitur CDN dari cloudflare ini secara gratis. Untuk mengaitkan website dengan akun cloudflare tutorial lengkapnya bisa kamu lihat disini. Selain itu menggunakan CDN dari Cloudflare juga memberikan penggunanya fitur SSL (HTTPS) gratis.

3. Pemilihan Hosting

Saya kurang begitu paham masalah hosting, namun mungkin ini sedikit berpengaruh. WordPress yang saya bangun ini menggunakan shared hosting cloud Linux dari Exabytes dengan mengusung fitur penyimpanan SAS yang diklaim lebih cepat daripada harddisk biasa, ditambah fitur caching bawaan yang ada pada hosting serta berbagai macam fitur lainnya yang dapat kamu temukan di halaman berikut. Berkat fitur ini saja digadang” memiliki kemampuan untuk meningkatkan performa dan kecepatan loading suatu website terutama WordPress. Untuk itu tidak perlu berpikir lama jika kamu tertarik kamu bisa mendapatkannya disini.

Nah demikian Cara Mudah Meningkatkan Score WordPress di GTMetrix. Jika kalian punya saran yang lain bisa komen dibawah. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here