Beranda FYI Cara Mudah Meningkatkan Alexa Rank

Cara Mudah Meningkatkan Alexa Rank

0
alexa

Oke temen-temen kali ini yang akan kita bahas adalah Alexa Rank atau biasa dibilang ranking Alexa. Untuk yang belum tau ranking Alexa ini berfungsi sebagai indikator apakah suatu blog/website memiliki banyak visitor atau tidak. Karena pada dasarnya Alexa Rank ini penilaiannya berdasarkan jumlah visitor organik (dari search engine) dan page view dalam suatu halaman blog/website. Jadi semakin banyak visitor organik pada suatu website, bisa dipastikan bagus pula ranking Alexanya.

Penilaian Alexa ini dimulai dari angka 1 hingga puluhan juta. Jadi semakin kecil ranking Alexamu berarti semakin bagus pula kualitas blogmu dimata Alexa. Daritadi teori mulu, memangnya ngecek rank Alexa gimana?? Sabar saudara-saudara 😀 Untuk temen-temen yang belum tau cara cek ranking Alexa bisa langsung cus ke link berikut. Silahkan isi bagian kolom website dengan URL blogmu dan cek hasilnya.

Gimana? Udah ramping belum? Apa masih diangka jutaan? Atau malah belum ada rankingnya? Sabar, nanti juga muncul sendiri 😀  Sedikit berbagi pengalaman nih, tepatnya pada bulan Oktober tahun 2017 blog muhammadroyyan.com (yang lagi kamu baca nih) berada pada rangking Alexa 8 jutaan. Nih saya kasih skrinsutnya.

ranking alexa muhammadroyyan.com bulan oktober 2017

Nah pada bulan Februari 2018 Alexa saya berada pada posisi dibawah 1 juta. Keren kan bisa naik 8 juta, yaa meskipun membutuhkan waktu 4 bulanan. Kalo bagi saya ini sebagai penyemangat tersendiri mengingat bagi sebagian orang meningkatkan rangking alexa itu katanya susah.

rank alexa

Meningkatkan Ranking Alexa

Untuk temen-temen yang blognya masih memiliki alexa rank kurang rapi silahkan mencoba tips-tips berikut. Tips ini murni dari pengalaman yang saya lakukan selama 4 bulan terakhir. Jadi saya kira hal tersebut bisa dijadikan patokan untuk meningkatkan Alexa Rank. Saya ga menjamin blog kalian bakal jadi ranking 1 dan menggeser posisi Google, tidak begitu yaa 😀 Harapan saya paling tidak kamu bisa bersaing dengan blogger lainnya dan mampu mendapatkan ranking yang lebih baik. Oke daripada lama-lama nih cekidot.

1. Install Alexa Toolbar

Menginstall Alexa toolbar adalah tips yang paling dasar, percaya atau tidak memasang Alexa toolbar akan mempercepat peringkat Alexamu. Gimana cara dapetinnya? Bayar yaa? Beruntungnya Alexa toolbar bisa kamu dapatkan secara gratis pada website Alexa.

2. Meningkatkan Traffic

Seperti yang saya sebutkan diatas, semakin tinggi traffic yang ada pada blogmu semakin ramping pula Alexa ranknya. Untuk itu aspek utama yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan Alexa rank adalah dengan meningkatkan traffic. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffic adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan SEO:  bisa dengan melakukan riset keyword.
  • Fokus meperbaiki kecepatan loading website, semakin cepat loadingnya maka visitor akan semakin sering datang berkunjung. Dengan begitu secara tidak langsung jumlah pengunjung juga akan meningkat. Adapun beberapa website yang sering saya gunakan untuk test kecepatan adalah GTMetrix, Pagespeed Insight Google, Pingdom Tools.
  • Share artikel di media sosial, seperti FB, Twitter, Instagram, dsb. Hal ini juga akan meningkatkan traffic pengunjung, mengingat media sosial juga memberikan traffic yang cukup besar selain dari search engine.
  • Memperbanyak backlink berkualitas.

3. Post Artikel Bermanfaat

Fokus pada pengembangan konten berkualitas dan mempertahankan audiens yang besar. Jadi disini saya mengajak temen-temen untuk membangun blog yang bermanfaat. Isinya tentang hal-hal yang positif. Bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan dari jasa periklanan saja, lantas tidak mau tau dengan isi dari kontennya sendiri. Dengan membangun blog yang bermanfaat juga akan membuat blog kita memiliki karakter dan ciri khas tersendiri. Hal tersebutlah yang secara tidak langsung menarik perhatian pengunjung untuk mampir membaca, lagi dan lagi.

Demikian beberapa poin penting yang bisa kamu coba untuk meningkatkan peringkat Alexmu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here