Beranda Wordpress Cara Mudah Mengganti Logo Login WordPress Tanpa Plugin

Cara Mudah Mengganti Logo Login WordPress Tanpa Plugin

3
Cara Mudah Mengganti Logo Login WordPress Tanpa Plugin

Sore temen-temen, kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara mengganti logo login WordPress secara manual tanpa menggunakan plugin. Secara default, logo login pada WordPress (dalam hal ini WordPress self-hosted) adalah logo WordPress sendiri. Yaitu seperti berikut.

Cara Mudah Mengganti Logo Login WordPress Tanpa Plugin

Nah, jika website yang sedang kamu bangun merupakan website company profile, maka mengganti logo login sepertinya hal wajib agar nantinya match antara tampilan front-end dengan back-end. Namun bagi kamu yang iseng-iseng sekedar ingin tahu bagaimana sih cara mengganti logo pada login WordPress boleh saja mencobanya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial berikut.

Mengganti Logo Login WordPress secara Manual

Untuk mengganti logo login WordPress secara manual dapat dilakukan dengan mengganti image yang ada pada direktori http://domainkamu.com/wp-admin/images/wordpress-logo.svg dengan logo milikmu sendiri. Kamu bisa memanfaatkan fitur file manager atau FTP untuk memudahkan managemen file.

Kelemahan dari menggunakan cara ini yaitu logo akan kembali seperti semula ketika kamu melakukan update WordPress. Selain itu kamu harus menggunakan format image .svg, jadi jika logo yang akan kamu gunakan masih dalam format .png atau .jpg, convert terlebih dahulu yaa.

Mengganti Logo Login WordPress dengan Edit File Theme

Jika kamu kesulitan untuk menerapkan metode yang pertama, tenang.. Masih ada metode yang kedua. Caranya cukup mudah, karena kamu hanya perlu menyisipkan beberapa baris code kedalam file functions.php. Untuk mengganti logo login WordPress silahkan masukkan code berikut.

/*Mengganti Logo WordPress*/
function my_login_logo_one() { 
?> 
<style type="text/css"> 
body.login div#login h1 a {
background-image: url(https://domainkamu.com/wp-content/uploads/2017/12/icon.png); 
padding-bottom: 30px; 
} 
</style>
<?php 
} add_action( 'login_enqueue_scripts', 'my_login_logo_one' );

Jangan lupa ganti yang saya tandai dengan URL logomu.

Logo tersebut masih berisi link attribut wordpress.com ketika diklik, untuk menggantinya misal dengan domainkamu.com caranya cukup menambahkan code berikut.

/*Mengubah Link*/
function login_logo_url() {
 return 'https://domainkamu.com';
}
add_filter( 'login_headerurl', 'login_logo_url' );

Ganti URL wordpress.com dengan URL yang kamu inginkan.

Nah, logo sudah, link attribut juga sudah sekarang tinggal mengganti alt teks logo tersebut. Fungsinya yaitu jika mouse berada diatas logo (hover) maka akan muncul custom alt teks. Cukup tambahkan code berikut.

/*Mengubah Tooltip*/
function login_logo_url_title() {
 return 'Royyan Blog';
}
add_filter( 'login_headertitle', 'login_logo_url_title' );

Ganti teks yang saya tandai dengan teks yang kamu inginkan.

Demikian cara mengganti logo pada halaman login WordPress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.