Beranda SSL Cara Mudah Mengarahkan HTTPS ke HTTP

Cara Mudah Mengarahkan HTTPS ke HTTP

0
Mengarahkan HTTPS ke HTTP

Setelah sebelumnya sudah pernah saya bahas mengenai cara mengarahkan http ke https, kali ini saya akan memberikan tutorial kebalikannya, yaitu mengenai cara mengarahkan HTTPS ke HTTP. Mungkin beberapa diantara kalian sedang mengalami error pada blog/websitenya saat diakses menggunakan HTTPS. Yaitu muncul halaman dengan warning kurang lebih seperti berikut saat diakses melalui browser.

Cara Mudah Mengarahkan HTTPS ke HTTP

Error ini penyebabnya bermacam-macam, mulai dari blog belum terinstall SSL, SSLĀ  yang sudah expired, menggunakan self signed SSL, dan lain sebagainya.

Nah jika kamu memiliki cukup waktu, saya lebih merekomendasikanmu memasang SSL untuk menghilangkan error tersebut. Selain untuk meningkatkan keamanan, blogmu juga akan mendapatkan reputasi bagus di SERP. Untuk penyedia layanan SSL gratis bisa kamu cek disini.

Namun jika kamu terlalu sibuk untuk menginstall SSL pada blogmu, dan kamu ingin segera menghilangkan warning/error tersebut, bisa diatasi dengan cara redirect atau mengarahkan dari https ke http. Bagaimana caranya? Simak tutorial berikut:

Mengarahkan HTTPS ke HTTP

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengarahkan blogmu dari HTTPS ke HTTP yaitu kamu harus memiliki akses ke file .htaccess. File ini terletak di direktori instalasi WordPressmu. Caranya, login ke cPanel lalu pilih folder public_html. Jika tidak ada file .htaccess berarti opsi hidden file masih menyala. Untuk mematikannya lakukan tutorial seperti pada gambar berikut.

Menampilkan hidden files pada cPanel

Jika sudah muncul file .htaccess, edit dan masukkan kode berikut kedalamnya.

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTPS} on
RewriteRule ^ http://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [R=301,NE,L]

Lalu klik save.

Cobalah untuk membuka blogmu dengan HTTPS didepannya. Maka secara otomatis akan diredirect ke HTTP.

Demikian cara redirect/mengarahkan HTTPS ke HTTP. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.