Beranda Wordpress Hosting Cara Mudah Menampilkan File .htaccess

Cara Mudah Menampilkan File .htaccess

0
htaccess

Beberapa blogger WordPress pemula biasanya sering menemui masalah tidak bisa menemukan file .htaccess. Banyak yang mengeluhkan kalau file .htaccess hilang atau tidak ada. Padahal file ini sebenarnya ada hanya saja letaknya tesembunyi (hidden). Untuk menampilkannya perlu melakukan setting agar file ini muncul.

Untuk langkah-langkah menampilkannya pun sebenarnya sangat gampang. Simak tutorial berikut:

Menampilkan File .htaccess

Login ke cPanel, lalu klik setting yang ada di pojok kanan atas. Lalu beri centang pada Show Hidden Files (dotfiles)

Menampilkan File .htaccess

Selesai, kini file .htaccessmu dapat terlihat

Untuk beberapa kasus, file .htaccess ini kadang tidak muncul atau memang hilang. Nah untuk mengatasinya kamu bisa membuat file .htaccess sendiri. Caranya cukup mudah, simak tutorial berikut.

Membuat File .htaccess

1. Menentukan Domain / Subdomain yang Dituju

Sebelum kamu membuat file .htaccess, tentukan dahulu domain/subdomain sebagai target. Misalnya, kamu ingin membuat file .htaccess yang ada di domain utama. Berarti kamu harus masuk ke folder public_html atau root. Atau kalau ingin membuat file htaccess di subdomain, kamu harus masuk ke subdomain tersebut.

2. Cara Menambah File

Sebagai contoh, disini saya akan membuat file .htaccess didalam subdomain m.androshit.com. Pilih subdomain tersebut lalu klik tambah file dipojok kiri atas.

Menampilkan File .htaccess

3. Pembuatan File .htaccess

Setelah itu akan muncul pop up. Isi nama file dengan .htaccess. Harus pake titik (.) didepan yaa. Karena titik merupakan ciri dari file hidden, dan file ini secara default harus tesembunyi (hidden). Setelah itu klik Create New File.

Menampilkan File .htaccess

Demikian cara membuat file .htaccess di cPanel hosting. Sangat mudah bukan. Sekarang kamu dapat melakukan konfigurasi website melalui file ini. Satu lagi, selalu berhati-hati saat melakukan edit file htaccess. Karena salah penulisan akan mempengaruhi kinerja dari website. Selalu berkomunikasi dengan tim support hosting saat terjadi masalah pada hosting. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here