Beranda Tutorial Cara Mudah Menambahkan Captcha Pada WordPress

Cara Mudah Menambahkan Captcha Pada WordPress

0
reCAPTCHA Easy on Humans, Hard on Bots

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang cara meningkatkan keamanan WordPress, salah satunya yaitu dengan menambahkan captcha pada halaman login (wp-admin). Memasang captcha akan sangat menguntungkan karena akan meminimalisir terjadinya hal hal yang tidak diinginkan seperti halnya terkena spam, bruteforce, dan lain sebagainya. Dengan memberikan captcha juga akan membuat WordPressmu tidak lagi rentan terkena serangan bot atau script otomatis, karena nantinya untuk masuk/register pada halaman wp-loginmu diperlukan tindakan manual untuk menyelesaikan captcha.

Cara Menambahkan Captcha di WordPress

Ada banyak plugin captcha gratis yang bisa kamu coba, namun disini saya akan menggunakan plugin Login No Captcha reCAPTCHA. Silahkan install dan aktifkan plugin tersebut lalu pergi ke Settings ยป Login NoCaptcha untuk melakukan konfigurasi captcha.

Pada halaman ini kamu perlu memasukkan yang namanya Google Captcha Site Key dan Secret Key. Jika belum punya, kamu bisa mendapatkannya melalui website Google Recaptcha. Silahkan daftar atau Login menggunakan akun Googlemu.

Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi form registrasi. Isi kolom label dengan nama terserah. Lalu untuk versi captcha pilih versi recaptcha V2. Untuk kolom domain sesuaikan dengan nama domain yang nantinya akan kamu pasang captcha (dalam hal ini adalah nama domain WordPressmu). Jika sudah, beri centang pada terms dan klik Register.

reCAPTCHA Easy on Humans, Hard on Bots

Setelah itu kamu akan mendapatkan Google Captcha Site Key dan Secret Key. Tinggal copas saja ke halaman konfigurasi plugin yang tadi lalu klik Save Changes.

reCAPTCHA Easy on Humans, Hard on Bots

Untuk mengecek apakah sukses atau tidak silahkan logout WordPressmu. Nantinya pada halaman login admin akan muncul captcha seperti pada gambar berikut.

reCAPTCHA Easy on Humans, Hard on Bots

Dengan demikian WordPressmu kini lebih kuat untuk menangkal serangan spam bot maupun script otomatis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.