Beranda FYI Cara Mudah Memasang Font Awesome Pada WordPress

Cara Mudah Memasang Font Awesome Pada WordPress

0
Cara Mudah Memasang Font Awesome Pada WordPress

Nah jika sebelumnya sudah pernah saya bahas mengenai cara memasang font awesome pada Blogspot, kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara memasang font awesome pada WordPress. Disini saya tidak akan menjelaskan lagi mengenai apa itu font awesome. Jadi buat temen-temen yang belum tau tentang apa itu font awesome dan apa saja kegunaannya bisa dibaca dulu di artikel saya yang satu ini.

Oke lanjut, berhubung ini adalah tutorial WordPress, sudah pasti tidak akan jauh-jauh tentang yang namanya plugin dan manualan. Oleh karena itu, pada tutorial kali ini akan saya bagi menjadi 2 bagian. Yaitu memasang font awesome menggunakan plugin (gampang) dan tanpa plugin (rada ribet). Jadi temen-temen bisa mencoba mana yang paling mudah dipraktikkan. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi kembali lagi ke temen-temen masing-masing, lebih srek menggunakan metode yang mana.

Oke daripada kelamaan langsung saja simak tutorial memasang font awesome di WordPress. Cekidot.

Cara Memasang Font Awesome di WordPress

1. Memasang Font Awesome Menggunakan Plugin

Sebenernya ada banyak plugin yang bisa kita gunakan untuk mengintegrasikan font awesome kedalam WordPress. Namun jika ditanya mana yang paling rekomended, saya lebih menyarankan untuk menggunakan plugin Better Font Awesome. Selain simple, isinya sudah pasti lengkap dan update. Didalamnya juga kita bisa mengatur versi font awesome mana yang akan kita gunakan.

Oke lanjut. Jadi untuk instalasinya sebenernya sangat mudah. Tinggal install dan aktifkan saja plugin Better Font Awesome. Done.

Cara Mudah Memasang Font Awesome Pada WordPress

Sampai disini WordPress kamu sudah terintegrasi dengan font awesome. Mudah bukan? Jadi tinggal dikreasikan saja kebutuhannya seperti apa.

Keuntungan menggunakan plugin ini adalah sudah pasti mudah dan gapake ribet. Tinggal klik klik beres. Namun perlu diperhatikan temen-temen, penggunaan plugin yang berlebihan bisa menghabiskan banyak resource, jadi hal ini perlu dipertimbangkan juga sebenernya.

2. Memasang Font Awesome Tanpa Plugin

Perlu diperhatikan, untuk metode yang ini kita perlu mengedit file jeroan theme nih temen-temen. Jadi sebelumnya pastikan sudah melakukan backup WordPress terlebih dahulu. Buat jaga-jaga kali aja ditengah jalan kenapa-kenapa 😀

Baca juga: Cara Mudah Backup WordPress di Google Drive

Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk mengintegrasikan font awesome tanpa menggunakan plugin. Yaitu menempatkan kode dibawah tag header atau menempatkan kode kedalam function.php.

Untuk cara yang pertama, silahkan copy kode berikut dan letakkan dibawah <head>.

<link rel="stylesheet" href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.4.0/css/font-awesome.min.css" />

Tapi FYI aja nih temen-temen, menaruh terlalu banyak kode di header tentu akan menambah waktu loading blog. Jadi alangkah baiknya jika menaruh kode font awesome didalam file functions.php. Caranya bagaimana? Silahkan copy kode berikut dan letakkan didalam file function.php. Taruh dibagian paling bawah yaa.

function wpb_load_fa() {
 
wp_enqueue_style( 'wpb-fa', 'https://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.4.0/css/font-awesome.min.css' );
 
}
 
add_action( 'wp_enqueue_scripts', 'wpb_load_fa' );

Jika sudah jangan lupa klik Update File agar perubahan dapat disimpan. Done.

Dengan begitu font awesome sudah sukses terintegrasi kedalam WordPressmu. Mudah bukan? Tentunya teknik-teknik manual (tanpa plugin) seperti ini tidak terlalu menghabiskan banyak resource. Dan yang pasti hasilnya tidak terlalu mempengaruhi kinerja blogmu.

Demikian tutorial memasang font awesome kedalam WordPress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here