Beranda Tutorial Cara Mudah Manage File VPS Menggunakan WinSCP

Cara Mudah Manage File VPS Menggunakan WinSCP

6

Jika kamu adalah orang yang baru migrasi dari shared hosting (cPanel) ke VPS unmanaged (contohnya seperti VPS dari GCP) pastinya kamu akan kesulitan dalam melakukan manajemen file. Misalnya seperti memindahkan file dari VPS ke PC kita atau sebaliknya mengupload file dari PC ke VPS.

Kamu mungkin juga akan bingung jika ingin melakukan install theme maupun plugin WordPress secara manual (upload langsung ke wp-content). Untuk itu diperlukan suatu tool atau alat untuk memudahkan dalam proses copy, paste, delete, zip, unzip, dll terhadap file atau folder yang ada di dalam VPS. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan WinSCP.

Prinsip kerja WinSCP ini sama seperti fitur File Manager yang ada pada cPanel. Hanya saja perintah-perintah yang ada pada cPanel menurut saya lebih user friendly dibanding WinSCP. Namun sejauh ini saya rasa fitur-fitur yang diberikan hampir sama. Tanpa basa basi silahkan simak tutorial berikut.

Tutorial Menggunakan WinSCP

1. Cara Login WinSCP

Sebelumnya silahkan download dan install terlebih dahulu software WinSCP melalui link berikut. Tinggal klik next-next saja jika gapaham cara installnya ๐Ÿ˜€ Oiya temen-temen, untuk yang belum tau dengan menggunakan WinSCP ini kita juga bisa melakukan edit isi file, mengubah nama file, membuat sebuah script shell untuk coding linux, hapus file dsb.

Setelah sukses terinstall silahkan buka WinSCP, kamu akan disuguhi tampilan login. Untuk melakukan login silahkan isi sesuai pengaturan berikut:

  • File Protocol : SFTP
  • Hostname : IP VPS servermu
  • Port : 22
  • Username : root
  • Password : password root server

Jika kamu menggunakan VPS dari GCP dan dimanage oleh ServerPilot (Free Plan), untuk login pengaturannya hampir sama,

  • File Protocol : SFTP
  • Hostname : IP External instance dari GCP
  • Port : 22
  • Username : serverpilot
  • Password : Password SFTP yang kamu sebelumnya udah bikin pada gambar berikut

server gcp

Jika semuanya sudah beres tinggal klik login, secara otomatis kamu akan dibawa masuk ke tampilan seperti berikut. Tandanya kamu siap memanajemen file yang ada didalam VPS.

winscp

2. Menampilkan Hidden File di WinSCP

Caranya cukup mudah, tinggal klik menu Options ยป Preferences ยป Panels lalu beri centang pada Show hidden files. Untuk cara cepat kamu bisa tekan CTRL+ALT+H.

winscp

3. Manajemen File dan Folder

Untuk manajemen file seperti copy, cut, paste, delete, rename semuanya sama seperti memanajemen file pada komputer kamu. Bisa dengan menggunakan pilihan klik kanan ataupun melalui keyboard seperti CTRL+C, CTRL+X, CTRL+V, DEL, dll.

Untuk memindahkan file dari PC ke VPS atau sebaliknya dari VPS ke PC bisa menggunakan fitur drag and drop. (kalo gatau artinya buka kamus ๐Ÿ˜€ )

4. ZIP dan UNZIP

Untuk melakukan ZIP dan UNZIP caranya sedikit ribet karena harus menggunakan command. Pertama silahkan buka Terminal dengan menekan CTRL+T atau bisa dengan klik icon seperti pada gambar berikut

winscp

>> Untuk melakukan ZIP kamu bisa menggunakan perintah sebagai berikut:

zip contoh.zip file1 file2 file3

misalnya jika ingin membuat file zip yang berisi index.html, config.html, upload.html bisa menggunakan perintah:

zip sembarang.zip index.html config.html upload.html

>> Untuk melakukan UNZIP kamu bisa menggunakan perintah sebagai berikut:

unzip -o contoh.zip

Misalnya jika ingin mengekstrak ronaldo.zip kamu bisa menggunakan perintah

unzip -o ronaldo.zip

Demikian tutorial tentang cara mudah menggunakan WinSCP. Dengan begitu kamu tidak perlu ambil pusing untuk memanajemen file dan folder yang ada pada VPS. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

6 KOMENTAR

  1. Thx tutorialnya gan sangat bermanfaat,, mau tanya
    kalo folder wordpress kita tu di path apa ya mas, saya udah coba konekin pake filezilla,, tapi ngubek2 nyari folder /wp-plugin ga nemu2,, mau nyoba pake winSCP tapi password di serverpilotnya lupa hhe,,

  2. Mas, saya coba kok gagal ya? Muncul error kayak gini: Disconnected: No supported authentication methods available (server sent: publickey)

    Kira-kira kenapa ya Mas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here