Beranda Tutorial Cara Mudah Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Website

Cara Mudah Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Website

5
Cara Mengetahui Nilai DA dan PA Website

Sebelum melakukan link building (membangun backlink) pada suatu website untuk kepentingan SEO, maka sangatlah penting untuk mengetahui tingkat kepopuleran website tersebut. Caranya, bisa menggunakan Ranking Alexa dan Page Rank Google. Namun saat ini kebanyakan praktisi SEO enggan menggunakan Alexa maupun Pagerank, “katanya sih” data statistiknya mudah untuk dimanipulasi. Maka dari itu, muncullah cara baru untuk mengecek tingkat popularitas suatu website, yaitu dengan cara mengetahui berapa nilai Domain Authority (DA) serta Page Authority nya (PA).

FYI aja nih temen-temen, DA dan PA adalah suatu penilaian yang diberikan oleh MOZ melalui tool online miliknya yang bernama Open Site Explorer (OSE). Berbeda dengan Alexa, penilaian OSE ini diberikan berdasarkan backlink yang dimiliki suatu website dengan range nilai antara 1-100. Semakin berkualitas backlink yang dimiliki website tersebut maka semakin tinggi pula nilai DA dan PA nya.

Lalu bagaimana cara mengetahui DA dan PA website saya? Mudah saja, cukup simak tutorial dibawah ini. Cekidot

Cara Mengetahui Nilai DA dan PA Website

1. Menggunakan Open Site Explorer (OSE)

Silahkan buka halaman Open Site Explorer. Lalu masukkan URL website milikmu dan tekan Search. Setelah itu akan muncul halaman yang berisi informasi mengenai DA dan PA websitemu. Kamu juga akan mendapatkan nilai Spam Score (yang ini jangan sampai ada nilainya ya).

Cara Mengetahui Nilai DA dan PA Website
Hayoo dapet nilai berapa DA dan PA mu? đŸ˜€

Perlu diketahui temen-temen, kamu hanya bisa mengecek DA dan PA mu melalui website ini 5x saja. Selebihnya kamu perlu mendaftar sebagai member MOZ pro (bayar ya gaes).

2. Menggunakan Small SEO Tools

Salah satu kelemahan mengecek DA dan PA domain melalui Open Site Explorer adalah kita hanya bisa melakukan pengecekan sebanyak 5x. Untuk itu disini saya akan berbagi tools alternatif lainnya. Salah satunya yaitu menggunakan Small SEO Tools. Caranya silahkan buka halaman berikut. Lalu masukkan URL websitemu dan klik Check Authority. Secara otomatis nilai DA dan PA mu akan ditampilkan.

Cara Mengetahui Nilai DA dan PA Website

Dengan menggunakan tools ini kamu bisa mengecek DA dan PA websitemu tanpa ada batasan. Kamu juga bisa melakukan pengecekan DA dan PA banyak website secara massal (Bulk). Kelemahannya, kamu tidak akan menemukan nilai Spam Score pada tools ini seperti halnya pada Open Site Explorer.

Demikian cara mudah mengetahui nilai DA dan PA websitemu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.