Beranda Tutorial Cara Mudah Backup WordPress di Google Drive

Cara Mudah Backup WordPress di Google Drive

1
Cara Mudah Backup Wordpress di Google Drive

Kita ketahui sebelumnya bahwa backup merupakan salah satu aspek penting yang harus dilakukan secara rutin oleh seorang blogger. Dalam hal ini bukan pengguna WordPress saja yang wajib melakukan backup, baik blogspot, drupal, joomla pun semestinya melakukan yang namanya backup rutin. Backup rutin dapat kamu lakukan perhari, perminggu ataupun perbulan. Tergantung seberapa sering kamu mengupdate konten didalam blogmu. Semakin sering kamu mengupdate konten, maka melakukan backup 2 atau 3 hari sekali sangat direkomendasikan. Dengan melakukan backup seperti ini, kita akan merasa lebih aman jika sewaktu-waktu terjadi masalah terhadap WordPress.

Namun perlu diperhatikan, melakukan backup juga dapat menghabiskan banyak sekali resource RAM dan CPU pada server. Jadi jika kamu menggunakan shared hosting dengan spesifikasi yang cukup rendah, maka saya merekomendasikan backup antara 2 minggu sekali atau mungkin sebulan sekali. Hal ini bertujuan ntuk menghindari penggunaan resource berlebih. Jika tidak diperhatikan betul-betul, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan peringatan dari penyedia hosting 😀

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa saat ini backup dapat dilakukan dengan berbagai metode. Mulai dari backup manual (download kedalam harddisk PC) bisa melalui FTP maupun melalui fitur backup cPanel. Atau backup otomatis (menggunakan plugin). Saya lebih merekomendasikan menggunakan plugin Updraftplus. Disamping user interface yang mudah dipahami, mudah digunakan oleh orang awam, Updraftplus juga memberikan banyak sekali opsi tempat penyimpanan. Diantaranya adalah Dropbox, Amazon S3, RackSpace Cloud, Google Drive, OneDrive, Microsoft Azure, Google Cloud, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Backup WordPress ke Dropbox Menggunakan Plugin Updraftplus

Oke terlepas dari itu semua, kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana melakukan backup WordPress ke dalam Google Drive menggunakan plugin Updraftplus. Sudah pada tau kan Google Drive? Penyimpanan online milik Google ini memberikan ruang penyimpanan gratis yang cukup besar. Yaitu 15 GB per user. Lumayan laah untuk menyimpan backup blog pribadi. Nah, agar kamu bisa menyimpan hasil backup kedalam Google Drive, maka kamu perlu melakukan sedikit setting pada plugin Updraftplus terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, simak tutorial berikut.

Setting Plugin Updraftplus dengan Google Drive

1. Langkah pertama pastikan kamu sudah install dan mengaktifkan plugin Updraftplus. Tenang, plugin ini gratis kok.

2. Jika sudah, masuk ke pengaturan Updraftplus melalui dashboard WordPress. Caranya pilih Settings » Updraftplus Backup » Tab Settings

Backup WordPress Kedalam Google Drive

3. Pilih Google Drive dan klik Save Changes. Nantinya kamu akan mendapatkan pesan pop up berisi link untuk mengautentikasi akunmu. Klik saja linknya.

Backup WordPress Kedalam Google Drive

4. Setelah itu login dengan akun Googlemu dan klik Allow pada proses selanjutnya.

5. Langkah terakhir akan muncul jendela warna oranye, klik saja tombol Complete Setup.

Sampai disini kamu sudah berhasil setting Updraftplus dengan Google Drive. Nantinya, setiap kamu melakukan backup menggunakan Updraftplus maka hasil backup akan tersimpan secara otomatis kedalam Google Drive di folder Updraftplus. Lalu bagaimana cara melakukan backup menggunakan Updraftplus? Mudah saja, simak tutorialnya dibawah ini.

Backup WordPress ke Google Drive Menggunakan Updraftplus

Setelah sebelumnya berhasil setting plugin Updraftplus, langkah selanjutnya yaitu melakukan backup. Caranya cukup mudah. Masuk ke menu Updraftplus dan pilih tab Current Status.

Lalu klik Backup Now. Jangan lupa untuk mencentang ketiga opsi pada pop up.

Backup WordPress Kedalam Google Drive

Dengan begitu, proses backup akan berjalan secara otomatis. Tunggu saja hingga plugin ini menyelesaikan tugasnya.

Restore Hasil Backup Updraftplus

Nah, jika suatu saat terjadi masalah pada WordPressmu, kamu bisa melakukan restore dengan cepat dari hasil backup yang pernah kamu lakukan. Caranya cukup mudah, pilih tab Existing Backups dan klik restore pada hasil backup.

Backup WordPress Kedalam Google Drive

Dengan begitu, hasil backup akan terestore secara otomatis. Mudah sekali bukan?

Nah demikian tutorial mudah backup WordPress kedalam Google Drive menggunakan Updraftplus. FYI aja nih temen-temen, plugin ini juga bisa kamu gunakan untuk migrasi hosting/server lho. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi download kedalam harddisk PCmu. Semuanya serba otomatis dan mudah menggunakan plugin Updraftplus. Sekian dari saya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here